Games

Free Fire Diblokir Pemerintah India, Ini Tanggapan Garena

Ada apa dengan Free Fire, sampai diblokir pemerintah India?

Agung Pratnyawan

Karakter Free Fire. (HiTekno.com)
Karakter Free Fire. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Pemerintah India mengeluarkan kebiajakan untuk memblokir Free Fire dan sejumlah game juga aplikasi lainnya di Apple App Store dan Google Play Store.

Menanggapi kebijakan pemerintah India tersebut, Garena selaku publisher Free Fire akhirnya buka suara.

Garena sampai saat ini masih meninjau akan pemblokirkan Free Fire oleh pemerintah India.

"Kami menyadari bahwa Free Fire saat ini tidak tersedia di Google Play dan App Store iOS di India dan game tersebut saat ini tidak dapat dioperasikan untuk beberapa pengguna di negara tersebut," kata Garena, dikutip dari NDTV, Selasa (15/2/2022).

"Kami sedang bekerja untuk mengatasi situasi ini, dan kami meminta maaf kepada pengguna kami atas ketidaknyamanan ini," sambung Garena.

Pemblokiran yang dilakukan pemerintah India sebenarnya tak hanya berefek ke Free Fire. Total ada 53 aplikasi dan game asal China yang diblokir di negara tersebut dari toko aplikasi.

Pemerintah menuding kalau 54 aplikasi dan game ini diduga memperoleh berbagai akses penting dan mengumpulkan data pengguna yang sensitif.

Karakter Free Fire. (Garena)
Karakter Free Fire. (Garena)

"Data real time yang dikumpulkan ini disalahgunakan dan dikirim ke server yang berlokasi di negara lain," kata pemerintah India.

Mereka juga khawatir karena aplikasi tersebut dituding dapat melakukan aktivitas spionase dan pengawasan lewat kamera/mikrofon, akses lokasi (GPS), hingga terhubung dengan jaringan berbahaya.

"Aplikasi ini diduga terlibat dalam aktivitas yang merugikan terhadap kedaulatan dan integritas negara, juga merupakan ancaman serius bagi keamanan negara dan pertahanan India," jelasnya

Ini bukan pertama kalinya pemerintah India melarang aplikasi dan game asal China.

Sebelumnya pada Juni 2020, pemerintah telah melarang 59 aplikasi asal China seperti TikTok, Shareit, UC Browser, hingga WeChat.

Lalu pada Juli 2020, pemerintah melakukan larangan serupa untuk 47 aplikasi dan game lain.

Pemblokiran terus berlanjut ke 118 aplikasi dan game, yang juga berefek ke PUBG Mobile dan PUBG Mobile Lite.

Hingga kini, pemerintah India telah memblokir hampir 300 aplikasi dan game asal China.

Akankah Free Fire bisa lepas dari pemblokiran pemerintah India, atau bernasib sama dengan aplikasi dan game lainnya? (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait