Games

12 Pro Player DOTA 2 Terbaik dari Asia Tenggara, Ada yang dari Indonesia

Siapa saja pro player DOTA 2 terbaik dari Asia Tenggara ini?

Agung Pratnyawan

Pro player DOTA 2. (HiTekno.com)
Pro player DOTA 2. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Ketahui siapa saja pro player DOTA 2 terbaik dari Asia Tenggara yang menorehkan prestasi tingkat dunia. Menariknya ada beberapa dari Indonesia.

Pada setiap pertandingan pasti akan ada pemain yang memiliki skill terbaik dan mampu memenangkan pertandingan. Bahkan dari setiap tim pasti memiliki salah satu anggota dengan kemampuan paling menonjol.

Bahkan karena kepiawaiannya dalam bermain DOTA 2 sampai-sampai mereka dijuluki sebagai "Pro Player". Tak segan-segan bahkan ada pemain Indonesia yang berhasil masuk ke dalam jajaran Pro Player se-Asia Tenggara.

Game DOTA 2 ini juga termasuk salah satu permainan MOBA yang sangat diminati oleh sebagian masyarakat dunia. Tak heran jika DOTA 2 ini kerap dijadikan sebagai ajang pertandingan dalam skala besar untuk mempertemukan pemain antar negara.

Kira-kira siapa saja ya pro player Dota 2 terbaik dari Asia Tenggara ini? Yuk kita simak:

Xepher 

Kenny Xepher Deo. (Instagram)
Kenny Xepher Deo. (Instagram)

Kenny Deo alias Xepher menjadi nama yang banyak dielu-elukan para penggemar DOTA 2 di Indonesia pada 2021 kemarin. Tidak lain karena kesuksesannya bersama T1 untuk masuk ke trunamen The International.

Meski pejalanannya dengan T1 harus terhenti di turnamen DOTA 2 paling bergensi tersebut, ia sudah menorehkan namanya sebagai salah satu pro player asal Indonesia yang masuk ke sana.

Whitemon 

Matthew Filemon alias Whitemon. (Instagram)
Matthew Filemon alias Whitemon. (Instagram)

Matthew Filemon atau Whitemon, adalah partner Xepher selama bermain untuk T1. Keduanya menjadi pro player DOTA 2 pertama dari Indonesia yang bisa masuk ke The International.

Kombinasi Xepher dan Whitemon sering kali merepotkan lawan-lawan mereka.

JACKBOYS aka JaCkky

Souliya 'JaCkky' Khoomphetsavong. (Instagram)
Souliya 'JaCkky' Khoomphetsavong. (Instagram)

Pemilik nama asli Souliya JaCkky Khoomphetsavong merupakan salah satu pemain yang lahir di Laos namun ketika merintis sebagai seorang pemain Dota dirinya menetap di Thailand. Angka kemenangan dari JACKBOYS ini sampai di angka 72% dengan KDR 7.9.

Pada 6 Juni 2021 JACKBOYS dan tim nya berhasil meraih juara 1 dan mendapatkan total hadiah mencapai $50,000.

AlaCrity

Vincent AlaCrity Hiew Teck Yoong merupakan oemain asal Malaysia. Ia bergabung dalam tim Nigma Galaxy SEA. AlaCrity telah mengikuti pertandingan lebih dari 90 pertandingan dirinya mendapatkan angka kemenangan di titik 56%. AlaCrity merupakan mid player. 

Pada pertandingan Perfect World Dota 2 League Season 3 - Division A, AlaCrity bersama tim Galaxy Racer berhasil menduduki juara 3 dan mendapatkan hadiah sebesar $47.000.

23savage

Nuengnara Teeramahanon alias 23savage. (Instagram)
Nuengnara Teeramahanon alias 23savage. (Instagram)

Nuengnara Teeramahanon merupakan pemain asal Thailand. Kekuatan dan kelincahan dari 23savage ini memang sangat apik, bahan dirinya memiliki rata-rata kemenangan di angka 70%.

Ketika 23savage bergabung dalam tim T1 dirinya mampu memenangkan di pertandingan ESL One Summer 2021 dan mendapatkan juara 1 dengan total hadia sebesar $175.000.

vtFaded

Cheng Jia Hao alias vtFaded. (Instagram)
Cheng Jia Hao alias vtFaded. (Instagram)

Cheng Jia Hao merupakan pemain asal Malaysia dirinya tergantung dalam tim Team SMG dengan posisi bermain safe-lane carry. Kemenangan rata-rata vtFaded ini berada di angka 69%. 

Pada bulan September 2021 dirinya bergabung dalam Team Ragdoll pada pertandingan Perfect Land Gaming Season 2 dirinya berhasil membawa uang hadiah sebesar $5,500.

Lelouch-

Mc Nicholson Villanueva merupakan pemain asal Filipina dan sejak September 2021 dirinya tergabung dalam Polaris Esport. Rata-rata kemenangan dari Lelouch- ini berada di angka 68%.

Pada pertandingan BTS Pro Series Season 9 Southeast Asia dirinya mampu memenangkan dan mendapatkan juara 2 dengan total hadiah mencapai $60,000.

Armel

Armel Paul Tabios merupakan pemain asal Filipina dan tergabung dalam Team Fnatic. Arman memiliki rata-rata kemenangan berada di angka 64% dengan KDR 5, 47.

Pada pertandingan Asia Pasific Predator League - APAC yang diadakan pada 2020/21 berhasil memenangkan juara 1 dan mendapatkan hadiah senilai $85.000.

Fbz

Saieful Ilham merupakan pemain asal Indonesia dan tergabung dalam.tim BOOM Esport. Kini usia Saieful Ilham baru menginjak usia 20 tahunan telah mendapatkan kekayaan dari Dota 2 senilai $80.000. 

Pada pertandingan BTS Pro Series Season 9 SEA Fbz dan BOOM Esport berhasil meraih juara 1 dan mendapatkan hadiah senilai $60.000.

Mikoto

Rafli "Mikoto" Fathurahman. (Instagram)
Rafli "Mikoto" Fathurahman. (Instagram)

Rafli Fathur Rahman merupakan salah satu pemain yang berasal dari Indonesia dan tergabung dalam Tram Talon Esport. Untuk tingkat kemenangan Rafli Fathur Rahman berada di angka 67% dengan KDR 7,25.

Pada pertandingan DOTA Summit 13 Online SEA berhasil menjadi juara 3 dan mendapatkan total hadiah senilai $100.000.

inYOURdreaM

InYourDream. (Instagram/@kikycassa7)
InYourDream. (Instagram/@kikycassa7)

Muhammad Rizky merupakan salah satu pemain asal Indonesia dan tergabung dalam Nigma Galaxy SEA. Pada tahun 2021 dirinya bersama timnya berhasil menjadi pemenang juara 3 pada pertandingan BTS Pro Series Season 6: Southest Asia berhasil mendapatkan hadiah senilai $50.000.

Drew

Andrew Halim. (Instagram)
Andrew Halim. (Instagram)

Andrew Halim merupakan salah satu pemain asal Indonesia dan tergabung dalam Team 496 Gaming. Dirinya memiliki rata-rata kemenangan di angka 59% dengan KDR 5.59. Pada pertandingan BTS Pro Series Season 7 SEA Open Qualifier berada di posisi 1st-2nd.


Nah itulah beberapa deretan pro player Dota 2 terbaik dari Asia Tenggara bahkan beberapa dari mereka datang dari Indonesia. Tentu nama Indonesia semakin dikenal luas oleh dunia. Kira-kira mana nih idola kalian?

Kontributor: Sofia Ainun Nisa

Berita Terkait