Games

7 Game Survival Horor Bikin Merinding, Rilisan Lawas Hingga Baru

Merasa pemberani? Cobain main game survival horor berikut ini.

Agung Pratnyawan

Outlast 2. (Steam)
Outlast 2. (Steam)

Hitekno.com - Game Survival Horor menjadi salah satu genre game yang sukses mengguncang adrenalin pemain. Genre ini termasuk salah satu game yang cukup rumit. Hal ini karena pemain harus tetap fokus pada permainan namun disisi lain banyak momen menakutkan.

Sesuai dengan genre yaitu survival, ada banyak rintangan yang harus ditempuh oleh pemain untuk mencapai titik akhir permainan. DItambah masih termasuk game horor yang menawarkan kegerian tersendiri. Apa saja rekomendasi game dalam genre ini?

Banyak judul game survival horor dengan berbagai unsur elemen menarik, mulai psychological, trauma, paranormal sampai horror klasik.

Berikut rekomendasi game survival horor yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Silent Hill 3

Silent Hill 3. (Konami)
Silent Hill 3. (Konami)

Hal menarik yang ditawarkan di game ini adalah memiliki tingkat kesulitan di atas rata-rata. Salah satu yang paling menguras pikiran adalah teka-teki Shakespeare, di mana pemain harus memahami materi Shakespeare dengan sangat baik.

Jika itu dirasa kurang, Silent Hill 3 masih memiliki level kesulitan lain yaitu Extreme (dengan 10 tingkatan kesulitan), yang akan terbuka setelah pemain menyelesaikan permainan di level Hard.

Meski game rilisan 2003, Silent Hill 3 masih tergolong menakutkan. Sayangnya kamu harus memiliki PlayStation 2 untuk bisa menikmati game survival horor ini.

2. Resident Evil HD Remaster

Resident Evil HD Remaster. (Capcom)
Resident Evil HD Remaster. (Capcom)

Lewat kontrol yang super sulit dan amunisi yang tidak mudah didapatkan, Resident Evil jadi game survival horor klasik yang butuh waktu lama untuk diselesaikan. Pemain diharuskan menembak sambil berdiam diri dan tidak dapat bergerak, menimbulkan rasa frustrasi tersendiri.

Terlebih dengan adanya manajemen amunisi, pemain jadi tidak bisa sembarangan menembak musuh dan harus menjaga beberapa butir peluru untuk musuh selanjutnya.

3. Resident Evil 7

Resident Evil 7. (Capcom).
Resident Evil 7. (Capcom).

Meski sudah ada Resident Evil Village yang terbaru, seri ketujuh ini masih menjadi yang paling menyeramkan. Terlebih nuansa game horor lebih kental dalam Resident Evil 7 ini.

Pada seri Resident Evil 7 pula, Capcom mengubah sudut pandang kamera menjadi orang pertama dibandingkan seri sebelumnya yang Third Person.

4. Outlast Series

Game PC Outlast. (Steampowered)
Game PC Outlast. (Steampowered)

Game horor ini menggunakan sudut pandang orang pertama (FPS) sebagai basis gameplay, tapi justru di situlah letak kekuatan Outlast. Game ini dihuni oleh banyak musuh dan kita tidak diperkenankan untuk melawan.

Tidak ada cara lain untuk bertahan hidup selain lari dan bersembunyi. Dari segi grafis, Outlast ini terbilang cukup bagus dan solid di masanya.

Namun yang lebih membuatnya menarik adalah konsep game survival horor yang diusungnya. Dalam Outlast pemain dituntut bertahan hidup dengan menghidari musuh-musuhnya.

5. The Last of Us

The Last of Us. (PlayStation)
The Last of Us. (PlayStation)

Pemain dituntut untuk bertahan hidup dari zombie atau manusia lainnya. Tak bisa dipungkiri, kekuatan utama dari game ini adalah ceritanya. Tapi meski demikian, elemen gameplay yang ada di The Last of Us juga sangat solid.

Pemain akan dibuat susah untuk menemukan resource dan harus memilih untuk menghantam lawan secara terang-terangan atau stealth demi menghemat peluru.

Meski sudah ada seri keduanya, The Last of Us ini masih menarik untuk dimainkan sampai sekarang. Kamu bisa memainkannya melalui PlayStation 3 atau PlayStation 4.

6. The Inpatient

The Inpatient. (PlayStation)
The Inpatient. (PlayStation)

Diproduksi oleh Supermassive Games, yang juga membuat game horor berbasis dialog dan pilihan Until Dawn, The Inpatient mengambil setting cerita sebelum Until Dawn.

Dengan latar tempat rumah sakit bernama Blackwood Sanatorium, pemain akan diajak untuk mengungkap ingatan yang hilang dari protagonis dalam game. Dengan mekanik serupa Until Dawn, semua pilihan kamu akan memiliki konsekuensi cerita dan ending.

Kamu bisa memainkan The Inpatient ini di PlayStation 4.

7. The Dark Pictures Anthology

The Dark Pictures Anthology. (Microsoft)
The Dark Pictures Anthology. (Microsoft)

Masih game survival horor dari Supermassive Games, The Dark Pictures Anthology dipasarkan dalam tiga part. Namun kini kamu bisa membelinya dalam bentuk bundle.

Dari masing-masing part, game horor ini menawarkan kisah misteri yang harus kamu pecahkan. Dan pengambilan keputusan di dalamnya akan sangat berpengaruh dalam jalan cerita.

Itulah 7 rekomendasi game survival horor yang bisa kamu mainkan sebagai pengusir bosan. Selamat bermain!

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait