Games

Siapa Pencipta Game Mobile Legends, FF, dan PUBGM? Ini Penjelasannya

Gamer mobile harus tahu sosok pencipta game Mobile Legends, FF, dan PUBGM.

Rezza Dwi Rachmanta

Logo Mobile Legends yang baru. Pencipta game Mobile Legends adalah Moonton. (Facebook/ Mobile Legends Bang Bang)
Logo Mobile Legends yang baru. Pencipta game Mobile Legends adalah Moonton. (Facebook/ Mobile Legends Bang Bang)

Hitekno.com - Game bergenre MOBA dan Battle Royale tengah digandrungi anak muda zaman sekarang. Siapa pencipta game Mobile Legends, FF, dan PUBGM? Pertanyaan seperti itu kemungkinan pernah terlintas pada sebagian orang.

Tiga game seperti Mobile Legends Bang Bang, Free Fire, dan PUBG Mobile (PUBGM) memiliki basis penggemar yang sangat banyak di Indonesia.

Mobile Legends merupakan game berjenis Multiplayer Online Battle Arena atau MOBA. Pemain akan diminta untuk memilih satu di antara lebih dari 100 hero untuk bertarung dengan player lain. Sistem permainan memungkinkan kita untuk bertarung 5 vs 5.

Misi utamanya selain war adalah setiap tim diminta untuk menghancurkan turret hingga Inhibitor milik lawan. Game ini pertama kali meluncur di Android pada Juli 2016 dan rilis ke iOS pada November 2016.

Pencipta game Mobile Legends adalah Shanghai Moonton Technology atau sering dikenal sebagai Moonton. Mereka adalah developer sekaligus publisher game asal Sanghai, China, yang berdiri pada tahun 2015.

Logo Mobile Legends. (YouTube/ Mobile Legends Bang Bang)
Logo Mobile Legends. (YouTube/ Mobile Legends Bang Bang)

Dikutip dari Wikipedia, Mobile Legends sendiri diluncurkan setelah Moonton mengembangkan game tower defense (TD) berjudul Magic Rush: Heroes.

Pencipta Game Free Fire

Logo Free Fire. (YouTube/ Garena Free Fire Pakistan)
Logo Free Fire. (YouTube/ Garena Free Fire Pakistan)

 

Free Fire merupakan game yang sangat populer di Android. Mereka meraih "Game Vote Populer" dari pengguna pada 2019 dan 2021. Game bergenre Battle Royale ini bahkan telah diunduh lebih dari 1 miliar kali melalui Play Store.

Free Fire atau FF awalnya dikembangkan oleh 111 Dots Studio, sebuah developer asal Vietnam. Kita mengenal nama Garena di bagian depan karena perusahaan itu merupakan publisher Free Fire.

Sejak diperkenalkan pada September 2017, Free Fire meledak di pasaran dan memiliki banyak pemain dari India, Indonesia, hingga China. Garena selaku penerbit memiliki tokoh kunci yaitu Forrest Li. Ia lahir dan besar di China, namun kini menjadi pengusaha kaya raya di Singapura.

Pencipta Game PUBG Mobile

Ilustrasi rumah yang ada di PUBG Mobile. (YouTube/ Derek G)
Ilustrasi rumah yang ada di PUBG Mobile. (YouTube/ Derek G)

 

Selain Free Fire, game Battle Royale populer lain di Indonesia adalah PlayerUnknown's Battlegrounds Mobile (PUBG Mobile). Game ini dikembangkan oleh LightSpeed & Quantum Studio, sebuah divisi dari Tencent Games, dan dilisensikan oleh Krafton. PUBG Mobile meluncur pertama kali pada Maret 2018.

Pencipta game PUBG Mobile adalah Brendan Greene. Dikutip dari Scriling, Brendan tertarik dengan DayZ yang merupakan mod dari simulator militer open world "Arma 2".

Ia mulai bekerja membuat mod sendiri untuk DayZ. Mod oleh Brendan ini terinspirasi oleh 'Battle Royale' yang merupakan film Jepang.

Karakter zombie digantikan oleh manusia di mana orang lain harus diperjuangkan oleh gamer untuk bertahan hidup. Brendan belajar kode saat membuat mod-nya dan saat itulah versi pertama PUBG dibuat. Itulah tadi penjelasan mengenai pencipta game Mobile Legends, FF, dan PUBGM, bagaimana pendapat kalian?

Berita Terkait