Games

Daftar 10 Game Mobile Paling Banyak Diunduh Secara Global, Apa Saja?

Free Fire memimpin di Play Store, Wild Rift pemuncak di App Store.

Rezza Dwi Rachmanta

Karakter Free Fire. (HiTekno.com)
Karakter Free Fire. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Sensor Tower telah meluncurkan data mengenai game mobile yang paling banyak diunduh sepanjang Oktober 2021. Garena Free Fire menduduki posisi pertama sebagai game yang paling banyak diunduh pada bulan lalu.

Laporan dari Sensor Tower menunjukkan bahwa Free Fire mengalahkan deretan game seperti PUBG Mobile, Roblox, Ludo King, dan Subway Surfers.

Perkiraaan unduhan ini berasal dari platform Store Intelligence Sensor Tower. Free Fire menjadi game seluler yang paling banyak diunduh secara global dengan 34 juta penginstalan pada Oktober 2021.

Angka ini merupakan peningkatan 72 persen dibandingkan periode Oktober 2020. Data riset mencakup pengunduhan di App Store dan Google Play Store. Namun platform tak memasukkan data unduhan dari store pihak ketiga di China atau wilayah lain.

Dikutip dari NDTV, serial TV populer Squid Game dari Netflix membantu game seperti Candy Challenge 3D, Cookie Carver, dan 456 mencapai sepuluh game teratas yang diunduh sepanjang Oktober 2021.

Daftar game paling banyak diunduh Oktober 2021. (Sensor Tower)
Daftar game paling banyak diunduh Oktober 2021. (Sensor Tower)

Negara-negara dengan penginstalan aplikasi terbanyak selama periode ini adalah India (30 persen) dan Brasil (lebih dari 12 persen).

Free Fire kini memiliki lebih dari satu miliar unduhan di Play Store dan berada di puncak daftar "Top Grossing" di India. Namun di App Store, League of Legends: Wild Rift menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh, sedangkan Free Fire berada di posisi terakhir.

Berikut 10 besar game mobile yang paling banyak diunduh secara global sepanjang Oktober 2021:

  1. Free Fire
  2. Candy Challenge 3D
  3. Roblox
  4. Cookie Carver
  5. Subway Surfers
  6. 456
  7. Yes or No
  8. PUBG Mobile
  9. Car Driving School
  10. Candy Crush Saga

Honor of Kings menempati posisi nomor satu sebagai game Top Grossing di pasar global. Game ini meraup pendapatan kotor sebanyak 329 juta dolar AS atau Rp 4,7 triliun.

Sementara PUBG Mobile menjadi game nomor kedua berpendapatan tertinggi dengan angka 197 juta dolar AS atau Rp 2,8 triliun. Dalam hal pendapatan, AS menjadi pasar nomor satu untuk pendapatan global, dengan lebih dari 2,1 miliar dolar AS atau Rp 30 triliun.

Free Fire memiliki banyak penggemar di Android sehingga mereka menjadi game yang paling banyak diunduh pada Google Play Store.

Battle Royale dari Garena tersebut juga menjadi game berpendapatan tertinggi di Google Play Store meski angkanya belum disebutkan secara rinci oleh Sensor Tower. Itulah tadi daftar 10 game mobile yang paling banyak diunduh secara global, mana game favorit kalian?

Berita Terkait