Games

Beda Minecraft Bedrock vs Minecraft Java Edition, Mana yang Lebih Baik?

Mana yang lebih baik antara Minecraft Bedrock vs Minecraft Java Edition.

Agung Pratnyawan

Minecraft. (PlayStation)
Minecraft. (PlayStation)

Hitekno.com - Berikut ini perbedaan antara Minecraft Bedrock vs Minecraft Java Edition yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan untuk menginstall game Minecraft versi yang mana. Minecraft merupakan sebuah permainan tentang menyusun, menghancurkan dan menempatkan blok yang saat ini sangat populer dimainkan oleh berbagai kalangan.

Di dalam game Minecraft kamu bebas membuat atau merancang dunia sesuai dengan impian kamu. Minecraft adalah permainan Sandbox yang dibuat oleh pengembang asal Swedia Markus Persson yang mendukung dua versi game yaitu Minecraft Bedrock vs Minecraft Java Edition. Minecraft Bedrock dikembangkan di C ++ dan Minecraft Java Edition dikembangkan di Java.

Secara visual, Minecraft Bedrock dan Minecraft Java Editionterlihat sama. Sehingga mungkin akan membuat kamu terkecoh dengan tampilannya. Gimana masih bingung ingin install game Minecraft Bedrock atau Java Edition?

Berikut ini perbedaan Minecraft Bedrock vs Minecraft Java Edition yang bisa jadi bahan pertimbangan untuk kamu :

1. Dukungan & Server Multiplayer

Minecraft Java Edition dan Minecraft Bedrock keduanya mendukung multiplayer, namun cara melakukannya sedikit berbeda. Dengan Minecraft Bedrock, kamu bisa bermain dengan teman-teman kamu di konsol atau perangkat seluler menggunakan dukungan permainan silang atau cross-play.

Jadi teman kamu tidak harus berada di platform yang sama dengan kamu, mereka bisa berada di konsol Xbox / PS / Switch atau ponsel mereka dan menjelajahi peta bersama. Jika kamu memiliki banyak teman di berbagai platform yang ingin kamu ajak bermain maka Minecraft Bedrock adalah pilihan yang tepat.

Pemain Minecraft Java Edition juga mendapatkan dukungan cross-play, tetapi ini terbatas pada komputer Windows, Linux, dan macOS karena versi Java tidak tersedia untuk konsol dan perangkat seluler. Jika kamu menginginkan peta dan minigame keren, serta banyak pemain online kasual maka Minecraft Java yang harus kamu pilih.

2. Harga Minecraft Bedrock vs Minecraft Java Edition

Harga untuk Minecraft Bedrock sangat bervariasi tergantung pada platform yang akan kamu gunakan. Kamu bisa membayar hanya $6,99 untuk mencoba game ini di iOS / iPadOS dan Fire OS.

Game Minecraft ini dibanderol dengan harga 7,49 dolar AS untuk Android, 20 dolar  untuk konsol PS4 dan Xbox, 26,99 dolar AS untuk PC Windows dan di Nintendo Switch 29,99 dolar AS.

Sedangkan pada Minecraft Java Edition dibanderol dengan harga 26,95 dolar AS untuk semua platform yaitu Mac, Windows, dan Linux.

Ilustrasi karakter di Minecraft. (Minecraft)
Ilustrasi karakter di Minecraft. (Minecraft)

3. Kontrol Orang Tua

Minecraft merupakan game yang berorientasi pada anak-anak, tetapi komunitas terbuka dengan semua jenis mod, konten, dan perburuan dalam game membuat para orang tua merasa khawatir membiarkan anak-anak bermain game.

Dan jika orang tua mengkhawatirkan hal tersebut, maka saat ini hanya Bedrock yang bisa kamu gunakan karena Minecraft Bedrock terikat dengan layanan Xbox, sehingga anak-anak bisa mendapatkan moderasi yang ketat serta kontrol orang tua eksklusif.

Sedangkan Minecraft Java Edition tidak memiliki batasan seperti itu atau kontrol orang tua yang tepat.

4. Marketplace Minecraft

Minecraft Bedrock memiliki marketplace dengan skin dan add-os yang bisa dibeli secara resmi. Jika kamu ingin membeli skin resmi yang dirancang dengan baik dan menginstalnya dengan mudah, maka Minecraft Bedrock harus menjadi pilihan kamu.

Sedangkan Minecraft Java mendukung skin buatan komunitas yang bisa kamu buat, unduh, dan bahkan bagikan dengan pengguna lainnya. Jadi jika kamu bersedia melakukan upaya ekstra biasanya untuk skin komunitas gratis dan lebih banyak add-on, maka kamu bisa gunakan edisi Java.

5. Mode Hardcore

Minecraft Bedrock masih harus menunggu untuk bisa menggunakan mode hardcore karena Java Edition adalah satu-satunya pilihan untuk pemain hardcore yang menyukai jenis permainan ekstrim. Mode Hardcore adalah mode berbasis kelangsungan hidup yang berisiko, dimana kematian dalam game berarti kamu harus memulai ulang alih-alih respawn.

6. Modding Minecraft

Mod adalah perangkat lunak tambahan yang dikembangkan pengguna yang bisa kamu gunakan untuk membuat game apapun benar-benar baru. Namun Mod ini hanya tersedia untuk Game Edisi Java. Untuk lebih mengurangi kompleksitas, Edisi Minecraft Bedrock tidak mengandung mod walaupun ada beberapa alat modding berbayar yang tersedia untuk versi Bedrock.

7. Pembaruan Game Lebih Baik dan Lebih Cepat

Kedua edisi game Minecraft Bedrock maupun Java Edition mendapatkan pembaruan pemeliharaan rutin dari pengembang. Secara keseluruhan, game ini mendapatkan fitur yang sama dan biasanya bug yang sama di hampir setiap pembaruan resmi.

Namun jika pembaruan disertai dengan bug, kamu akan menemukan perbaikan buatan pengguna pada edisi Java lebih awal dari Minecraft Bedrock karena kemampuan penyesuaian yang lebih baik.

8. Performa Minecraft Bedrock vs Java Edition

Minecraft Bedrock adalah pilihan yang lebih baik jika kamu menggunakan PC kelas menengah ke bawah dan juga jika kamu ingin memainkan Minecraft di PC kelas atas dengan Ray Tracing.

Minecraft Java memungkinkan kamu meningkatkan grafis jauh lebih baik dengan berbagai mod-nya. Namun Java tidak akan pernah berjalan di Ray Tracing karena bergantung pada Open GL untuk rendering yang tidak didukung Ray Tracing.

Bahkan di luar grafis, Java Edition membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi untuk menjalankan game dengan lancar, jika kamu memiliki PC kustom yang kuat dengan GPU seperti GeForce RTX 3080 Ti yang baru dirilis, kamu bisa mendorong Minecraft secara ekstrem dalam edisi Java.

9. Platform Minecraft Bedrock vs Minecraft Java Edition

Minecraft Bedrock bisa kamu dapatkan di hampir semua platform seperti Windows Android iOS/iPadOS Nintendo Switch PS4/PS5 Xbox One/Xbox Series X/Series S Kindle Fire OS. Sedangkan untuk Minecraft Java Edition secara resmi tersedia di Windows, Mac, dan Linux.

10. Mana yang Lebih Baik Antara Minecraft Bedrock vs Minecraft Java Edition

Seperti yang sudah kamu ketahui, Minecraft Bedrock adalah satu-satunya pilihan jika kamu tidak menggunakan PC. Versi game ini mendukung permainan silang, kontrol orang tua, dan grafik RTX yang indah.

Namun jika kamu menggunakan PC dan membutuhkan dukungan modding, server berbasis komunitas, skin, dan semua jazz, maka segera instal edisi Java. Perlu diingat ya kalau kamu memerlukan PC kelas atas untuk menjalankan Java Edition dengan nyaman.

Itulah perbedaan Minecraft Bedrock vs Minecraft Java Edition yang perlu kamu ketahui, jadi sekarang kamu bisa pilih game Minecraft dengan versi yang tepat untuk kamu. Selamat bermain!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait