Games

Game eFootball 2022 Bikin Penggemar Kecewa, Begini Respons Konami

Konami akhirnya angkat bicara setelah eFootball 2022 dibanjiri review negatif.

Rezza Dwi Rachmanta

Spesifikasi PC eFootball 2022. (Steam)
Spesifikasi PC eFootball 2022. (Steam)

Hitekno.com - Konami akhirnya angkat bicara dalam menanggapi kehebohan dari para fans terkait eFootball 2022. Bukan "kehebohan" positif, namun penggemar sebelumnya membanjiri kolom ulasan eFootball 2022 dengan nada kekecewaan dan marah.

Penyegaran nama dari Pro Evolution Soccer (PES) menjadi eFootball serta ketersediaannya secara gratis tak membuat eFootball 2022 disambut dengan baik.

Tak sedikit netizen yang mengejek kualitas grafis eFootball 2022. Mereka menganggap bahwa grafis game buatan Konami tersebut "sangat mengerikan".

Keluhan penggemar rata-rata membahas grafis buruk, leher pemain nampak aneh, dan perubahan gameplay yang dinilai bertambah jelek

Per 1 Oktober 2021, sudah terdapat 10.778 review yang diberikan oleh para penggemar di Steam. Hingga hari ini (02/10/2021) atau tepatnya dua hari setelah game dirilis, jumlah review di Steam meroket di angka 13.803. Masih sama seperti sebelumnya, 91 persen dari angka tersebut memberikan review negatif.

eFootball 2022 banjir review negatif dari para fans, sehari setelah dirilis. (Steam)
eFootball 2022 banjir review negatif dari para fans, sehari setelah dirilis. (Steam)

Statistik review di Steam juga cukup mencolok sehingga statusnya menjadi "Overwhelmingly Negative" atau "Sangat Negatif".

Game eFootball 2022 masuk ke dalam Hall of Shame di Steam250. Situs itu melacak game yang memiliki ulasan terburuk dengan menghitung perbedaan persentasenya.

Pada menu Bottom 100, eFootball yang baru saja dirilis memuncaki daftar Hall of Shame dengan statistik hampir 10 persen pengguna memberikan review positif di mana belasan ribu lainnya memberikan review negatif.

Menanggapi kemarahan penggemar, Konami akhirnya bersuara dan meminta maaf secara terbuka. Melalui akun Twitter resmi eFootball, Konami mengakui terdapat banyak masalah terkait tampilan game terbarunya.

Pernyataan Konami atas eFootball 2022. (Twitter/ play_eFootball)
Pernyataan Konami atas eFootball 2022. (Twitter/ play_eFootball)

Dikutip dari VGC, Konami turut menjanjikan adanya update baru pada eFootball 2022 di bulan ini. Update tersebut diharapkan dapat menyelesaikan berbagai keluhan dari penggemar.

"Kami mengakui bahwa ada laporan tentang masalah yang dialami pengguna terkait cut-scene, ekspresi wajah, pergerakan pemain, dan pergerakan bola. Kami meminta maaf atas masalah ini dan kami ingin semua orang tahu bahwa orang-orang Konami menanggapi masalah tersebut dengan serius. Kami berusaha untuk memperbaiki situasi saat ini," tulis Konami dalam pernyataan resminya.

Semoga saja komitmen mengenai update dan penyelesaian masalah dapat diwujudkan oleh Konami. Pasalnya hingga saat ini, masih banyak penggemar yang membagikan meme eFootball 2022 setelah banyak "hal aneh" yang ada pada game penerus Pro Evolution Soccer tersebut.

Berita Terkait