Games

Slot SSD M.2 PS5 Akhirnya Bisa Dipakai, Penyipanan Jadi Lega

Slot M.2 pada PS5 mendukung SSD PCIe Gen4.

Agung Pratnyawan

PlayStation 5 atau PS5. (PlayStation)
PlayStation 5 atau PS5. (PlayStation)

Hitekno.com - Sony akhirnya membuka kunci slot SSD M.2 pada PlayStation 5 atau PS5 untuk tambahan penyimpanan game. Sayangnya baru dibuka untuk para peserta beta testing.

Konsol game PlayStation 5 atau PS5 memiliki slot SSD M.2 untuk ekspansi penyimpanan yang lebih luas. Namun selama ini Sony masih menguncinya, sehingga belum bisa digunakan pada awal peluncuran.

PS5 dikenal dengan penyimpanan internal yang terbatas, setelah dipotong sistem operasi dan lainnya, pengguna hanya mendapatkan ruang kosong di konsol game ini sekitar 667,2 GB saja pada awal peluncuran.

Berbeda dengan Xbox Series X yang memiliki slot ekspansi khusus untuk penambahan penyimpanan, Sony memutuskan memakai slot M.2 di dalam PlayStation 5. Hal ini membuka peluang lebih banyak pilihan SSD M.2 yang digunakan.

Sedangkan Xbox Series X memakai port khusus untuk memori eksternal yang sejak awal diumumkan telah berkolaborasi dengan Seagate.

Hingga akhrinya dalam situs resmi PlayStation memuat halaman khusus bagaimana memasang SSD dalam slot M.2 internal PlayStation 5 ini. Yang juga membuka fitur ekspansi ini bagi peserta beta testing PS5.

Para peserta beta testing memerlukan mengistal system beta dalam konsol mereka lebih dulu baru bisa memanfaatkan slot SSD M.2 dalam PS5. Dan tidak sembarangan SSD M.2 yang bisa dipasangkan.

Dua versi PlayStation 5 atau PS5. (PlayStation)
Dua versi PlayStation 5 atau PS5. (PlayStation)

Dikutip dari The Verge, Sony meminta SSD M.2 yang dipasangkan memenuhi syarat PCIe Gen4 dan minimum kapasitas 250 GB. Juga direkomendasikan SSD yang mampu mencapai kecepatan 5,500 MB/s, namun nantinya PCIe Gen4 yang lebih lambat juga didukung.

Tim dari The Verge sendiri telah menguji dengan memakai Corsair Force MP600 2TB yang memiliki kecepatan 4,950 MB/s dan Sabrent Rocket Gen4 500GB 5,000 MB/s, keduanya berjalan lancar di PlayStation 5.

Di lain sisi, ada juga Seagate yang resmi mengumumkan kehadiran FireCuda 530 yang disebutkan kompatibel dengan PS5. Sejauh ini belum ada brand SSD yang secara resmi mengumumkan memori khusus untuk konsol game Sony ini.

Kita nantikan saja sampai Sony membuka slot SSD M.2 pada PlayStation 5 untuk umum. Sekarang baru peserta beta tersting PS5 yang bisa menjalankannya.

Berita Terkait