Games

Take-Two Berantas Deretan Mod GTA SA dan Vice City, Apa Alasannya?

Komunitas modding mengaku kecewa atas tindakan Take-Two.

Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi GTA Vice City. (GTA Fandom)
Ilustrasi GTA Vice City. (GTA Fandom)

Hitekno.com - Adanya mod atau modifikasi dapat membuat komunitas game tertentu bertahan sangat lama. Penggemar serta komunitas modding dibuat marah serta kecewa setelah Take-Two diketahui menghapus deretan mod pada Grand Theft Auto atau GTA lawas.

Akhir pekan lalu, pemain dan juga pengembang mulai melaporkan adanya penarikan mod GTA PC lawas pada forum di Reddit atau Twitter. Pada 17 Juli 2021, deretan kabar penarikan mod turut membuat geger penggemar di Twitter.

Perusahaan induk Rockstar Games, Take-Two Interactive telah menghabiskan satu minggu terakhir untuk memberantas mod GTA menggunakan peringatan DMCA.

Banyak mod, termasuk mod Vice City dan San Andreas yang populer, telah dihapus dan tak lagi tersedia di ModDB.

Mod yang telah dihapus terhitung berumur tua. GTA: Liberty City, mod Vice City yang mem-porting GTA III ke Vice City, pertama kali dirilis pada tahun 2005, kini telah dihapus dari ModDB.

Beberapa mod GTA diberantas oleh Take Two. (Twitter/ GTAonlineNews)
Beberapa mod GTA diberantas oleh Take Two. (Twitter/ GTAonlineNews)

GTA Underground, mod populer yang mencoba menggabungkan beberapa map GTA menjadi satu game besar, juga telah dihapus pada 17 Juli 2021.

Dilansir dari Kotaku, pengembangnya telah mengonfirmasi melalui pesan Discord bahwa mod tersebut dihapus sebagai akibat langsung peringatan DMCA (Digital Millennium Copyright Act) dari Take-Two.

Perusahaan induk dari Rockstar Games diketahui memperingatkan para modder untuk "melangkah dengan hati-hati" karena lebih banyak pemberitahuan DMCA mungkin akan datang untuk mod GTA lama.

Beberapa mod GTA diberantas oleh Take Two. (Twitter/ GTAonlineNews)
Beberapa mod GTA diberantas oleh Take Two. (Twitter/ GTAonlineNews)

Laporan dari NME, Take-Two turut menghapus port PC dari judul PSP Vice City Stories dan Liberty City Stories. Melalui sebuah postingan di forum GTA, Take-Two Interactive setuju untuk mengizinkan pemain memodifikasi game GTA selama mereka tidak memasukkan konten lama ke dalam game baru atau konten online mod.

Postingan tersebut merinci bagaimana Take-Two seharusnya kembali pada perjanjian ini, mengubah aturan seputar mod untuk tidak memasukkan konten baru.

Take-Two diduga mengubah perjanjian pada 2019 tanpa memberi tahu pemain. Perjanjian baru juga membatasi modder untuk membuat konten pemain tunggal baru, termasuk peta, kendaraan, dan misi.

Wajar jika komunitas frustrasi, mengingat beberapa pembuat konten telah mengerjakan proyek selama lebih dari 15 tahun.

Beberapa netizen nampak mengeluarkan kekesalan mereka di forum Reddit dan Twitter.

"Sangat mengecewakan. F**k y** Take-Two," tulis @M**ha**P***u*t.

"Mengapa? Apakah mereka berencana untuk membuat edisi baru? Jika tidak, itu tampaknya sia-sia. Bukannya mod juga menolong popularitas mereka," pendapat @l*ci**r_f**r.

Beberapa orang di komunitas berteori bahwa itu bisa dihubungkan dengan remake atau remaster GTA yang sudah lama dirumorkan. Penggemar lain berspekulasi bahwa ini kemungkinan ada hubungannya dengan GTA 6 yang masih belum dikonfirmasi secara resmi.

Berita Terkait