8 Game Catur Offline Terbaik untuk Android dan iOS

Latihan selama di rumah dengan game catur offline.

Dinar Surya Oktarini
Sabtu, 17 Juli 2021 | 17:15 WIB
Game catur Chess.com. (Chess.com)

Game catur Chess.com. (Chess.com)

Hitekno.com - Game catur offline bisa menjadi salah satu permainan menarik untuk kamu yang sedang mencari game asah otak. Dengan semakin canggihnya teknologi, kini bermain catur bisa dilakukan lewat smartphone ataupun laptop.

Catur merupakan sebuah permainan strategi yang menuntut pemainnya untuk melakukan taktik, kecerdasan, keterampilan, maupun hal lainnya. Di zaman yang serba modern seperti saat ini, papan catur mungkin jarang terlihat lagi.

Game catur offline kini bisa kamu nikmati secara gratis. Game catur offline sudah banyak tersedia untuk Android maupun iOS dan bisa diunduh di Play Store/App Store. Berikut 8 game catur offline yang HiTekno.com rangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: Unggah Penampakan Daging Buaya di Supermarket, Wujudnya Bikin Kaget

Ilustrasi catur. (Pixabay/ Steve Buissinne)
Ilustrasi catur. (Pixabay/ Steve Buissinne)

1. Chess Royale
Game catur offline ini dibuat oleh Xten Limited, dan sudah diunduh lebih dari 5 juta kali. Permainannya bisa dilakukan secara online maupun offline. Mode online tentunya dibutuhkan untuk bisa bermain melawan orang lain. Dalam game catur offline ini ada lima mode permainan yang bisa dipilih. Pemain pun bisa mengatur bidak dan papan catur yang akan dipakai bermain. Desain tersebut bisa dibeli lewat in app purchase ataupun menukar poin yang didapat dari bermacam tantangan yang ada dalam game.

2. Chess Free
Game catur offline ini adalah game catur paling lama dibanding game catur lainnya. Game catur offline buatan AI Factory Limited ini sudah diunduh lebih dari 50 juta pengguna, dan punya rating yang tinggi. Game catur offline ini tampaknya populer karena sistem yang dipakainya terbilang simpel, dan memudahkan untuk pemula. Meski begitu, tingkat kesulitannya cukup banyak, ada 12. Dari mulai pemula sampai profesional.

3. Catur Master
Catur Master menyediakan berbagai tingkat kesulitan untuk pemainnya. Kamu dapat berpartisipasi dalam turnamen yang diselenggarakan di permainan untuk mendapatkan hadiah dan menggunakannya untuk membeli papan atau bidak catur baru. Game ini juga bisa dimainkan secara offline dan online. Ada juga mode multiplayer, sehingga cocok buat kamu yang ingin bermain catur dengan teman.

Baca Juga: JOOX Hadirkan Fitur Interaktif Terbaru "ROOMS", Tempat Ngumpul yang Seru

4. Analyze This
Analyze This tidak kalah bagus dari permainan catur lain. Sedikit berbeda dari game catur pada umumnya, Analyze This lebih tepat dikatakan sebagai permainan teka-teki catur. Di sini kamu tidak akan disuguhkan dengan gameplay catur seperti biasanya, melainkan diminta untuk menjawab soal teka-teki seputar catur. Mirip seperti game teka-teki. Salah satu keunggulan dari game ini adalah bisa dimainkan secara offline sehingga kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan kuota internet. Level yang disediakan pun cukup beragam, mulai dari level beginner hingga level master.

5. Lichess
Lichess adalah game catur yang menawarkan basis pemain online lebih dari 150.000. Hal itu seharusnya tidak terlalu sulit untuk menemukan lawan permainan yang sesuai tingkat keahlian pengguna. Kamu juga dapat bermain offline melawan komputer. Game catur offline Lichess juga memiliki beberapa mode permainan, turnamen, dan pengguna dapat melihat statistik permainannya. Game catur offline ini juga tersedia dalam 80 bahasa. Lichess gratis tanpa iklan atau pembelian dalam aplikasi.

6. Hardest Chess – Offline Chess
Game catur offline yang keenam adalah Hardest Chess – Offline Chess. Game catur offline ini memiliki ukuran sekitar 20 MB dan dirancang oleh developer Hihuc.com. Secara tampilan game ini terlihat sangat bagus dan sederhana. Game catur offline ini kamu tidak perlu daftar atau login lagi. Jadi, bisa langsung kamu mainkan. Fitur yang tersedia pada game offline ini antara lain terdapat 10 level mulai dari tingkatan rendah hingga tinggi. Kemudian kamu juga bisa memilih warna catur. Karena game dimainkan secara offline, kamu harus melawan robot dari game ini.

Baca Juga: Telkomsel Gelar DIGIHACKACTION, Perkuat Talenta Periklanan Dgitial

7. Real Chess 3D FREE
Game catur offline ini dirancang oleh EivaaGames dan memiliki ukuran sekitar 40MB. Game catur offline ini menggunakan grafis 3D yang bisa dimainkan secara offline. Kamu juga bisa mengubah suasana permainan saat sedang berlangsungnya permainan. Karena, dimainkan secara offline jadi kamu harus melawan robot atau komputer dari game tersebut. Untuk tingkatan levelnya sendiri pun ada 4 mulai dari yang mudah sampai yang paling sulit. Tapi jika kamu memainkannya secara online, kamu bisa memainkannya bersama teman kamu.

8. Chess Master 3D
Game catur offline Chess Master 3D ini dirancang oleh Free PDA dengan ukuran game sekitar 21MB. Grafis game ini berkualitas tinggi log, kemudian kamu bisa mengatur posisinya sendiri karena grafisnya menggunakan efek 3D. Game catur offline ini bisa kamu secara offline.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Game Catur Online Terbaik, Alternatif selain Chess.com

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha
Berita Terkait
TERKINI

Kota mana saja gelaran Genshin Impact ini berlangsung....

games | 10:16 WIB

Setelah rilis di Xbox Series X/S dan PC, kini Hi-Fi RUSH dihadirkan ke PS5....

games | 14:10 WIB

Tak hanya update, HoYoverse juga perayakan anniversary pertama Honkai Star Rail....

games | 10:29 WIB

Jangan lewatkan tes amplifikasi Zenless Zone Zero....

games | 12:37 WIB

Film dokumenter "Suara Alam" merupakan Genshin Impact dan Discovery Channel bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan ...

games | 15:51 WIB

Garena CODM Indonesia memberikan hadiah spesial untuk para pemain yang bisa didapatkan melalui event spesial Ramadan Ral...

games | 15:16 WIB

Chiori, karakter baru yang dikenalakan HoYoverse untuk Genshin Impact....

games | 16:35 WIB

Serangkaian event waktu terbatas dan bonus dalam game akan hadir untuk menyambut perilisan Honkai Impact 3 Bagian 2....

games | 08:31 WIB

Seperti apa game PC ini? Nightingale adalah game survival-crafting PVE....

games | 18:13 WIB

Early access game Nightingale ini akan segera hadir di PC melalui Steam dan Epic Game Store....

games | 21:19 WIB

Brasil akan menjadi tuan rumah kompetisi Free Fire tertinggi dunia untuk kedua kalinya....

games | 15:54 WIB

Undawn akan mendapatkan petualangan baru dengan hadirnya map Dragon Gate Street....

games | 20:51 WIB

Zenless Zone Zero adalah ARPG fantasi urban terbaru dari HoYoverse....

games | 13:38 WIB

Banyak hadiah menarik dan alur cerita seru yang sayang untuk dilewatkan dari event terbatas Tears of Themis ini....

games | 13:31 WIB

Selama periode 31 Januari 14 Februari, pengguna pertama dapat berlangganan PC Game Pass hanya dengan Rp. 14,999! Penawa...

games | 09:49 WIB

ONIC CAMP Vol. 2 akan memberikan pembekalan tentang Ecosystem dan Opportunity yang ada di klub eSports....

games | 10:19 WIB

Dalam versi baru ini, selain latar tempat, alur cerita, dan rekan-rekan baru, Misi Trailblaze utama di Penacony juga aka...

games | 09:48 WIB

Apa saja yang dihadirkan dalam update baru The Elder Scrolls Online: Gold Road ini....

games | 13:23 WIB
Tampilkan lebih banyak