Games

Nintendo Switch OLED Resmi Dikenalkan, Bukan Pro

Apa perubahan pada Nintendo Switch OLED ini?

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Nintendo Switch OLED. (Nintendo)
Nintendo Switch OLED. (Nintendo)

Hitekno.com - Nintendo Switch OLED akhirnya resmi dikenalkan sebagai varian terbaru dari konsol game handheld tersebut. Namun yang diluncurkan bukan versi Pro seperti yang dirumorkan sebelumnya.

Perusahaan game asal Jepang ini menghadirkan Nintendo Switch OLED dengan sejumlah perubahan. Terutama dalam urusan layar yang lebih besar dan menggunakan panel OLED.

Trailer terbaru sudah diunggah oleh channel YouTube Nintendo pada Selasa (06/07/2021). Kita bisa menyaksikan mengenai Nintendo Switch model OLED yang mengusung layar lebih besar.

Dilihat melalui laman resmi Nintendo, model OLED mempunyai layar berukuran 7 inci. Ini lebih besar jika dibandingkan versi standar yang memiliki layar LCD 6,2 inci.

Nintendo mencantumkan model Nintendo Switch OLED ini hanya mendukung 1080p melalui mode TV.

Padahal rumor Switch Pro sebelumnya mengklaim bahwa perangkat kemungkinan mendukung resolusi 4K, berkat peningkatan chip Nvidia.

Namun sepertinya kita tidak melihat hal tersebut dalam trailer terbaru. Dikutip dari The Verge, Nintendo Switch OLED akan dijual mulai 8 Oktober dengan harga 350 dolar AS atau Rp 5,1 juta.

Nintendo Switch anyar dengan layar OLED. (YouTube/ Nintendo)
Nintendo Switch anyar dengan layar OLED. (YouTube/ Nintendo)

Selain layar baru, model konsol game handheld yang direvisi ini mencakup dudukan yang dapat disesuaikan di atas meja. Nintendo Switch OLED mempunyai memori internal 64 GB, meningkat dari model sebelumnya yang hanya 32 GB.

Perangkat gaming potabel dari Nintendo ini juga sedikit lebih panjang dan lebih berat dengan bobot 0,32 kilogram.

Perusahaan hanya menyebutkan "hingga 1080p melalui HDMI dalam mode TV" untuk dok TV, sehingga mode 4K yang dirumorkan sebelumnya bukan bagian dari Switch OLED.

Joy-Cons asli semuanya akan bekerja dan kompatibel dengan Switch anyar. Semua game yang ada sebelumnya juga dapat berjalan pada model OLED.

Dalam trailer, kita bisa melihat Nintendo Switch anyar bakal tersedia dalam varian warna hitam dan putih. Perangkat ini hadir hampir dua tahun setelah Nintendo Switch Lite diumumkan.

Harga Nintendo Switch Lite memulai debutnya dengan harga 199 dolar AS atau Rp 2,9 juta pada September 2019.

Nintendo Switch telah terjual dengan sangat baik, di mana konsol mendominasi grafik penjualan Amerika Serikat selama hampir dua tahun berturut-turut.

Penjualan seumur hidup Switch bahkan mencapai 84,59 juta unit sejak diluncurkan pada 2017 lalu. Nintendo Switch anyar model OLED ini bisa saja mendongkrak penjualan konsol sehingga mendekati rekor Wii sebesar 101,63 juta unit.

Itulah konsol game handheld Nintendo Switch OLED yang resmi diungkap dengan menghadirkan perubhan utama pada sisi layar. Namun bukan Switch Pro seperti dalam rumor sebelumnya. 

Berita Terkait