Games

Bocoran Anyar, Valve Siapkan "Konsol Game PC" Mirip Nintendo Switch?

Kira-kira spesifikasi konsol portabel dari Valve ini seperti apa ya?

Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi logo Valve. (Twitter/ @valvesoftware)
Ilustrasi logo Valve. (Twitter/ @valvesoftware)

Hitekno.com - Hybrid dari konsol-PC sepertinya menjadi perangkat yang menarik untuk dibahas. Bocoran terbaru mengklaim bahwa Valve saat ini sedang mengembangkan sebuah konsol untuk game PC yang mirip seperti Nintendo Switch.

Leaker sebelumnya memancing spekulasi setelah beredar petunjuk yang terlihat dalam versi beta dari aplikasi Steam.

Ars Technica rupanya memperkuat rumor tersebut dan mengklaim bahwa Valve benar-benar sedang mengembangkan konsol game PC portabel.

Hal yang membuat menarik adalah pembuat SteamDB, Pavel Djundik, menemukan kode terkait perangkat keras baru di versi terbaru klien desktop Steam beta.

Steam merupakan etalase Valve untuk game PC, Mac, dan Linux. Kode tersebut menyebutkan perangkat keras baru yang disebut "SteamPal" yang terkait dengan pengontrol "Neptune".

Ilustrasi Nintendo Switch. (Pixabay/ joatseu)
Ilustrasi Nintendo Switch. (Pixabay/ joatseu)

 

Djundik juga menemukan menu akses cepat dan menu daya dengan fungsi 'Shutdown', 'Suspend', dan 'Restart'. Penemuan tersebut mengarah pada sebuah konsol game genggam milik Steam yang akan datang.

Meski begitu, spekulasi lain menyebutkan bahwa itu bisa menjadi perangkat PC all-in-one dengan dukungan kontrol sentuh, serta gamepad.

Dikutip dari NDTV, co-founder sekaligus Direktur Pelaksana Valve, Gabe Newell baru-baru ini mengisyaratkan mengenai sebuah konsol yang akan datang.

Lebih lanjut, Gabe Newell telah mengisyaratkan bahwa Valve kemungkinan meluncurkan konsol baru pada akhir tahun ini di Sancta Maria College, Selandia Baru.

Ilustrasi konsol dari Valve. (Future via Tech Radar)
Ilustrasi konsol dari Valve. (Future via Tech Radar)

 

Menanggapi pertanyaan tentang game Steam di konsol, Newell dilaporkan berkata, "Anda akan mendapatkan ide yang lebih baik tentang itu pada akhir tahun ini. Dan itu tidak akan menjadi jawaban yang Anda harapkan."

Jawabannya dibagikan oleh pengguna Reddit tetapi postingan tersebut telah dihapus, meskipun Ars Technica mengklaim telah melihatnya sebelum dihapus.

Adapun skema kontrol, nampaknya akan menggunakan versi touchpads Steam Controller. Ini masih menjadi bocoran dan spekulasi dari leaker sehingga kita perlu menunggu konfirmasi lebih lanjut dari Valve.

Sebelum ini, laporan terpisah dari Bloomberg mengungkapkan bahwa konsol Nintendo Switch generasi terbaru (diyakini sebagai Nintendo Switch Pro) siap dirilis dalam waktu dekat. Apabila benar, dua kabar di atas bisa menjadi berita menarik bagi gamer yang menyukai konsol portabel.

Berita Terkait