Games

5 Game Simulasi PC Seru yang Wajib Kamu Mainkan

Game Simulasi PC ini layak untuk dicoba, seru lho!

Agung Pratnyawan

Cities: Skylines. (Steam)
Cities: Skylines. (Steam)

Hitekno.com - Berolit omo game simulasi PC terbaik yang layak untuk dicoba. Selain seru, beragam game PC ini juga cocok untuk menemani hari-hari kamu.

Salah satu kegiatan yang menjadi semakin banyak dilakukan dalam situasi ini adalah bermain game untuk mengisi waktu. Tak hanya untuk mengisi waktu luang, bermain game juga disebut dapat menghilangkan rasa stres atau kejenuhan bagi beberapa orang.

Game simulasi PC bisa menjadi salah satu alternatif untuk merealisasikan imajinasi. Bermain jenis game tersebut, kamu bisa bebas berekspresi dalam mewujudkan suatu hal yang diimpikan.

Misalnya kamu dapat menjadi seorang pilot melalui Flight Simulator, menjadi masinis dalam Train Sim, berkeluarga dan memiliki rumah impian dalam The Sims, serta masih banyak lagi. Pemain akan berperan dengan jenis profesinya masing-masing dan harus menyelesaikan pekerjaannya guna melanjutkan ke level selanjutnya.

Game simulasi PC ini tentunya sudah lama menghiasi platform PC dan menjadi jenis permainan yang sering dimainkan.

Bingung memilih game simulasi PC apa yang seru? Berikut 5 game simulasi PC seru yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Cooking Simulator

Cooking Simulator. (Steam)
Cooking Simulator. (Steam)

Game simulasi PC memasak ini mengharuskan para pemain menyiapkan berbagai masakan dengan menggunakan lebih dari 140 bahan makanan. Terdapat beragam mode permainan dalam Cooking Simulator yang terdiri dari Career Mode, Sandbox Mode, Cooking School and Leaderboard Challenge, Winter Holidays, dan SUPERHOT Challenge.

Dalam mode Career, para pemain mengambil kendali atas dapur sambil secara bertahap mendapatkan ketenaran dan tingkat pengalaman dengan menyajikan hidangan sesuai pesanan.

Mode Sandbox menawarkan dapur lengkap tanpa batas waktu. Cooking School adalah tutorial permainan, sedangkan dalam Leaderboard Challenge pemain harus bersaing dengan menyiapkan hidangan sesuai resep.

Sementara itu, mode Winter Holidays menawarkan dapur baru dan pemain harus menyajikan makan malam untuk sejumlah tamu dengan bumbu-bumbu yang spesial. Sedangkan untuk SUPERHOT Challenge, mode tersebut merupakan fitur tambahan dengan memperkenalkan mekanik baru yang memperlambat waktu ketika pemain tidak bergerak.

2. Cities: Skylines

Cities Skylines. (Steam)
Cities Skylines. (Steam)

Cities: Skylines merupakan permainan simulasi pembangunan kota yang dikembangkan Colossal Order dan diterbitkan oleh Paradox Interactive. Pemain terlibat dalam perencanaan kota dengan mengendalikan berbagai aspek, seperti zonasi, penempatan jalan, perpajakan, layanan publik, dan transportasi umum.

Pemain game PC ini diharuskan untuk mempertahankan berbagai elemen kota, termasuk anggaran keuangan, kesehatan, pekerjaan, dan tingkat polusi.

Pemain juga dapat mempertahankan kota dalam mode Sandbox dengan memberikan lebih banyak kebebasan kreatif di sepanjang permainan. Game simulasi PC ini pertama kali dirilis untuk sistem operasi Windows, MacOS, dan Linux pada tahun 2015. Selanjutnya di tahun 2017, Cities: Skylines dikonversi ke dalam konsol Xbox One dan PlayStation 4.

3. Project Cars 2 (2017)

Project CARS 2. (Gamespot)
Project CARS 2. (Gamespot)

Project CARS 2 menawarkan 140 sirkuit balapan di 60 lokasi berbeda serta terdapat 189 mobil yang dapat gunakan. Game simulasi PC ini menghadirkan fitur suhu lintasan dan cuaca yang realistis, sehingga ketika pemain sedang balapan di sirkuit, lingkungan di sekitarnya akan terasa hidup dan dinamis.

Game simulasi PC ini sekarang memiliki fitur berkendara offroad dengan terdapat arena balapannya dan mobil reli. Selain itu, ada jenis mobil baru yang bergabung dalam permainan ini, seperti Porsche, Ferrari, Lamborghini, Jaguar, Honda, Acura dan Nissan. Project Cars 2 dapat dimainkan secara virtual reality (VR) hingga resolusi 12K dengan dukungan tiga layar.

4. Train Sim World (2018)

Train Sim World. (humblebundle)
Train Sim World. (humblebundle)

Train Sim World (TSW) adalah game simulasi kereta api yang dikembangkan oleh Dovetail Games. Game simulasi PC ini merupakan penerus dari Train Simulator yang dirilis sekitar tahun 2009 lalu. Permainan ini sendiri menggunakan mekanisme gameplay lewat sudut pandang orang pertama.

Perspektif orang pertama tersebut akan ditampilkan ketika pemain tengah menyelesaikan tugas-tugas seperti mengisi bahan bakar, mengganti saklar listrik dan yang lainnya. Selain itu, pemain game PC ini juga nantinya dapat menggunakan fitur tutorial di dalam game ini untuk bisa memainkan Train Sim World dengan baik.

5. Two Point Hospital (2018)

Two Point Hospital. (Steam)
Two Point Hospital. (Steam)

Pemain akan berperan sebagai manajer rumah sakit yang bertugas membangun dan memelihara sebuah rumah sakit yang berada di wilayah fiksi bernama Two Point County.

Tugas-tugas yang akan pemain lakukan meliputi membangun fasilitas seperti toilet, ruang staf, meja resepsionis, kafe, mesin penjual otomatis dan lain-lain. Selain tugas seperti itu, pemain dapat merekrut dokter, perawat, petugas kebersihan dan asisten untuk menjaga rumah sakit.

Dengan dokter-dokter handal yang telah dimiliki, maka pemain harus memastikan para pasien yang sakit menjadi sembuh. Hal unik dari game ini adalah saat pasien meninggal, mereka terkadang menjadi hantu yang mengganggu rumah sakit dengan meneror pasien dan staf.

Untuk mengatasinya, pemain dapat memilih petugas kebersihan yang memiliki kemampuan supranatural untuk melenyapkan hantu-hantu tersebut.

Itulah 5 game simulasi PC terbaik yang layak untuk dicoba. Mana yang jadi pilihan game PC kamu?

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

Berita Terkait