Games

Dikira Murah, Kartu Yu-Gi-Oh Langka Milik Koruptor Tembus Harga Fantastis

Dikira bernilai Rp 200 ribuan, kartu Yu-Gi-Oh ini ditawar miliaran rupiah.

Rezza Dwi Rachmanta

Kartu Yi-Gi-Oh Blue-Eyes White Dragon. Gambar ini hanya ilustrasi bukan, barang lelang sebenarnya. (Amazon)
Kartu Yi-Gi-Oh Blue-Eyes White Dragon. Gambar ini hanya ilustrasi bukan, barang lelang sebenarnya. (Amazon)

Hitekno.com - Sebuah pengadilan di China membatalkan lelang online kartu Yu-Gi-Oh setelah tawaran harganya menembus nilai fantastis. Kartu Yu-Gi-Oh satu ini diperkirakan cukup langka dan hanya ada dalam jumlah terbatas di seluruh dunia.

Penjualan kartu Yu-Gi-Oh diselenggarakan oleh pengadilan Chuzhou di provinsi Anhui, China melalui platform lelang online yang dibuat oleh Grup Alibaba.

Pengadilan memutuskan untuk menghentikan lelang online setelah publik menyodorkan tawaran tertinggi mencapai 87 juta yuan (13,4 juta dolar AS) atau Rp 195 miliar.

Pemilik kartu game Yu-Gi-Oh ini merupakan seorang pria bernama Zhang Yujie. Ia dipenjara pada 2020 setelah dinyatakan bersalah karena menggelapkan hampir 70 juta yuan atau Rp 157 miliar dana milik pemerintah China.

Nampaknya koruptor tersebut memiliki kesukaan bermain game mengingat terdapat beberapa konsol mewah. Selain kartu Yu-Gi-Oh, harta milik Zhang Yujie yang dilelang oleh pengadilan China adalah PlayStation 4 berlapis emas serta berlian, beberapa konsol Nintendo Switch dan gadget elektronik bermerek Sony dan Apple.

Kartu Yu-Gi-Oh. (Konami)
Kartu Yu-Gi-Oh. (Konami)

Dilansir dari South China Morning Post (SCMP), lelang ini langsung mendapatkan perhatian besar karena diikuti oleh 18 ribu peserta dan lebih dari 2 juta penonton online.

Harta milik Zhang awalnya dihargai dengan cukup murah dengan banderol lelang awal senilai 80 yuan atau Rp 180 ribu. Pihak berwenang memperkirakan bahwa barangnya mungkin bernilai 100 yuan atau Rp 224 ribu.

Tak disangka, tawaran langsung melonjak lebih dari 500.000 yuan atau Rp 1,1 miliar hanya dalam beberapa menit setelah lelang dibuka. Dalam setengah jam, harga tawaran tertinggi bahkan menembus 87 juta yuan atau Rp 195 miliar.

Kartu Yu-Gi-Oh dilelang oleh pengadilan China. (Weibo via SCMP)
Kartu Yu-Gi-Oh dilelang oleh pengadilan China. (Weibo via SCMP)

Namun setelah pihak panitia mencurigai perilaku penawaran, maka pengadilan memutuskan untuk menunda lelang online. "Lelang ini telah ditangguhkan. Harganya secara serius tidak konsisten dengan harga penawaran sebenarnya, dan perilaku penawar berbahaya layak dicurigai," tulis platform lelang resmi dari Alibaba.

Laporan SCMP, beberapa orang kolektor memperkirakan bahwa itu adalah kartu Yi-Go-Oh langka bergambar naga putih bermata biru yang dicetak dalam jumlah terbatas. Laporan terpisah dari ComicBook, kartu Yi-Go-Oh langka pernah dirilis oleh Konami pada ulang tahun ke-20 franchise tersebut.

Kartu Blue-Eyes White Dragon ini terbuat dari emas murni, dan hanya ada 500 di dunia. Saat dirilis, kartu Yi-Go-Oh langka tersebut dihargai sekitar 1.800 dolar AS (Rp 26 juta) tetapi sekarang diperkirakan berharga 45.000 dolar AS (Rp 695 juta).

Berita Terkait