Games

Kontes Film Pendek Dota 2 Resmi Dibuka, Hadiahnya Ratusan Juta Rupiah!

Tak tanggung-tanggung, hadiah kontes film pendek Dota 2 mencapai setengah miliar rupiah!

Rezza Dwi Rachmanta

Kontes film pendek Dota 2. (Dota2)
Kontes film pendek Dota 2. (Dota2)

Hitekno.com - Penggemar eSports Dota 2 bakal bergembira mengingat turnamen akbar The International siap digelar tahun ini. Menjelang ajang eSports bergengsi tingkat dunia, Valve mengumumkan kontes film pendek Dota 2.

Hadiahnya cukup menggiurkan bagi para konten kreator atau pembuat film amatir mengingat total nominalnya mencapai 40 ribu dolar AS atau Rp 569 juta.

Short Film Contest atau Kontes Film Pendek Dota 2 semacam tradisi di turnamen The International. Acara pertama berlangsung pada The International 5 dan sejak itu berulang setiap tahun.

Setelah satu tahun absen karena pandemi Covid-19, Valve telah mengumumkan bahwa Kontes Film Pendek Dota 2 akan kembali pada The International 10 di Stockholm, Swedia.

Dikutip dari Sportskeeda, Valve telah merilis Source Film Maker (SFM), alat pembuatan film yang tersedia untuk umum dalam mesin Source pada 11 Juli 2012.

Kontes film pendek Dota 2. (Dota2)
Kontes film pendek Dota 2. (Dota2)

 

Game seperti Team Fortress 2, Counter-Strike: Global Offensive, dan Dota 2 tersedia di dalam Source Film Maker. Seniman amatir mulai menggunakan SFM untuk membuat konten Dota 2 mereka sendiri dan membagikannya kepada komunitas.

Meskipun SFM merupakan salah satu sumber konten, namun peserta diperbolehkan membuat konten dari kombinasi animasi atau teknik live-action apa pun (menggunakan SFM bukanlah suatu keharusan).

Peserta harus memiliki akun Steam dan mengirimkan film pendeknya paling lambat 25 Juli 2021. Durasi film pendek tidak boleh lebih dari 90 detik di mana kisah harus berkaitan dengan Dota 2.

Persyaratan dan tata cara mengikuti Kontes Film Pendek Dota 2 bisa diakses melalui situs Dota 2 di link ini. Pemenang kontes film pendek tersebut bakal mendapatkan kehormatan mengingat karyanya akan ditampilkan pada The International 10.

Kontes film pendek Dota 2. (Twitter/ Dota2)
Kontes film pendek Dota 2. (Twitter/ Dota2)

 

Juara pertama memperoleh hadiah sebesar 25 ribu dolar AS atau Rp 355 juta. Sementara peringkat kedua dan ketiga mendapatkan hadiah masing-masing 10 ribu dolar AS (Rp 142 juta) dan 5 ribu dolar AS (Rp 71 juta).

Setiap kiriman lainnya yang masuk 10 besar akan mendapatkan hadiah masing-masing sebesar 500 dolar AS atau Rp 7,1 juta. Sebelum ini Valve telah mengumumkan bahwa The International 10 bakal memberikan hadiah fantastis senilai ratusan miliar rupiah dan akan diadakan pada Agustus mendatang.

"Kami dengan senang hati mengumumkan secara resmi bahwa The International 10 akan berlangsung Agustus di Stockholm, Swedia. Semuanya dimulai dari Group Stage, yang berlangsung 5 - 8 Agustus. Kita menunggu untuk merilis detail tambahan tentang opsi 'kehadiran' saat kami mengumpulkan lebih banyak informasi tentang perkembangan menuju musim panas," tulis Valve dalam blog resmi Dota 2.

Secara spesifik, hadiah The International 10 yang berlangsung pada Agustus 2021 senilai 40.018.195 dolar AS (40 juta dolar AS) atau Rp 569 miliar. Selain menyaksikan turnamen akbar, kita juga bisa menonton karya pemenang film pendek Dota 2 yang tentunya akan dipamerkan di ajang bergengsi tersebut.

Berita Terkait