Games

Ini Alasan Gemscool Tutup Layanan

Kenapa Gemscool tutup?

Agung Pratnyawan

Gemscool tutup layanannya. (Gemscool)
Gemscool tutup layanannya. (Gemscool)

Hitekno.com - Secara resmi Gemscool tutup layanannya pada akhir bulan Maret 2021 ini. Kenapa publisher game ini sampai melakukannya? 

Gemscool yang sebelumnya terkenal sebagai publisher game online, namun bukan yang pertama menjalankan operasinya di Indonesia. 

Karena sebelumnya LYTO dan sejumlah publisher game online lain yang bergerak di bidang serupa sudah melakukan langkah tersebut.

Mungkin banyak dari Anda yang sudah tak asing mengenai apa itu Gemscool, terlebih untuk Anda yang menghabiskan waktu di game center atau warnet di era tahun 2000-an.

Apa Itu Gemscool?

Gemscool merupakan layanan publisher game online, yang berperan besar membawa banyak game online masuk ke publik Indonesia. Gemscool juga bertugas sebagai distributor resmi dari game tersebut, sehingga di Indonesia mereka juga turut membantu melakukan maintenance.

Tidak hanya itu saja, Gemscool juga berperan dalam perputaran transaksi mikro yang terjadi pada game-game yang berada di bawah benderanya.

Setidaknya beberapa nama besar game pernah turut serta bergabung di bawah nama besar Gemscool. Mulai dari Point Blank, Atlantica Online, Kritika, dan lain sebagainya.

Namun demikian, karena ‘kehidupan’ publisher permainan sangat bergantung pada jumlah pemain aktif yang masih bermain, Gemscool nampaknya menyerah dan memilih untuk menutup semua layanannya.

Portal game Gemscool. (Gemscool)
Portal game Gemscool. (Gemscool)

 

Serangan dari Berbagai Sudut

Tutupnya Gemscool sebagai publisher permainan online di Indonesia diakibatkan oleh serangan dari banyak sisi. Pertama, mulai populernya layanan toko game online terpadu seperti STEAM, yang memberikan lebih banyak genre game di satu tempat sekaligus.

Selain itu, mulai beralihnya pasar pemain game ke mobile game juga jadi salah satu alasan kuat mengapa banyak permainan perlahan kehilangan pemain setianya.

Tidak sedikit orang yang memiliki pengalaman indah dan seru bersama Gemscool. Kendati demikian, keputusan dari publisher ini untuk menutup layanannya nampaknya sudah final dan tidak dapat diganggu gugat.

Per tanggal 31 Maret 2021 nanti, layanan Gemscool akan resmi ditutup. Jika Anda mengunjungi portal resminya, bahkan sudah tak ada lagi game yang bisa diunduh. Hanya ada sedikit kata-kata perpisahan dari tim pengelolanya. Semoga ke depan industri game nasional tetap dapat berkembang sepeninggal Gemscool. 

Itulah sederet informasi mengenai apa itu Gemscool dan mengapa layanannnya ditutup. Apakah kamu termasuk pengguna setia Gemscool?

Itulah kenapa Gemscool tutup layanannya, setelah bertahun-tahun beroperasi dan menghadirkan sederet game ternama. (Suara.com/ I Made Rendika Ardian).

Berita Terkait