Games

Marak Penipuan, Niat Beli PlayStation 5 Malah Dapat Tisu Toilet

Aksi penipuan online ini bahkan dilakukan secara terorganisir.

Agung Pratnyawan

PlayStation 5. (PlayStation)
PlayStation 5. (PlayStation)

Hitekno.com - PlayStation 5 atau PS5 sedang hype hingga jadi buruan banyak orang. Tak heran jika konsol game ini sampai langka dan kehabisa stok di berbagai negara.

Bahkan sampai muncul sejumlah penipuan online yang menawarkan PlayStation 5. Yang dipesan konsol game malah datangnya benda lain.

Permasalahan ini juga terjadi di situs belanja online populer seperti Amazon. Tidak hanya terbatasnya stok, namun munculnya aksi penipuan online yang menawarkan PS5.

Amazon mendapat kecaman dari pembeli setelah beberapa pembeli mengaku mendapatkan barang-barang seperti makanan kucing, tisu toilet, mesin kopi, penggorengan, hingga alat pijat kaki alih-alih PS5 yang mereka pesan.

Diduga ada orang yang tidak bertanggung jawab mencuri PS5 yang dipesan sebelum dikirimkan ke pembeli. Keluhan para pembeli tersebut pun beredar di Twitter.

Bahkan seorang jurnalis MTV, Bex May, juga menjadi korban penipuan. Ia mendapatkan alat memasak elektrik yang tidak ia pesan.

"Selamat hari #PS5 semuanya. Mencoba mendokumentasikan satu paket yang belum terbuka, tetapi Amazon telah menipu kami dengan alat memasak elektrik yang tidak diminta sebagai gantinya (setelah memberikan kata sandi pengiriman). Adakah orang lain yang mengalami masalah yang sama hari ini?" cuit May pada 20 November.

Aksesoris PlayStation 5. (PlayStation)
Aksesoris PlayStation 5. (PlayStation)

 

Beberapa pembeli lain membalas cuitan May dan mengatakan hal yang sama juga dialaminya. Pembeli bernama Laura Therese mengatakan telah melaporkan kejadian ini ke Amazon dan perusahaan itu akan melakukan penyelidikan. Seorang pembeli lainnya pun marah setelah merasa ditipu karena mendapatkan makanan kucing.

Seorang pembeli bernama Adam Hassan bahkan telah menghabiskan berbulan-bulan menabung untuk membeli PS5 tetapi malah dikirimi tisu toilet.

"Amazon benar-benar harus memanggil polisi. Ada banyak laporan tentang ini. Ini bukan kebetulan. Ini terasa sangat serius. Pasti ada seseorang, di suatu tempat yang mencurinya. Tidak ada cara untuk mendapatkan konsol itu kembali dan itu menghilang begitu saja," kata Adam, seperti dikutip The Sun, Selasa (1/12/2020).

Tak hanya itu, beberapa pembeli yang telah menerima PS5 mereka juga memiliki kekhawatiran. Beberapa pembeli mengunggah video ke Twitter yang menunjukkan bahwa konsol mengeluarkan suara desing yang aneh.

Penyelidikan lebih lanjut masih harus dilakukan untuk mengetahui apakah ini kasus pencurian PS5 atau murni kesalahpahaman pengiriman.  

Meski begitu, para pembeli yang mengeluh takut itu merupakan penjahat yang terorganisir dan bertanggung jawab bekerja di gudang perusahaan atau pengiriman, lalu memanfaatkan hal itu untuk mencuri konsol game yang dipesan.

Itulah laporan maraknya penipuan online yang menawarkan PlayStation 5. Bukannya konsol game yang datang malah barang lain. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait