Games

PlayStation 5 Bisa Mainkan Game PS4 dengan Mengagumkan, 60 FPS!

Kini Bloodborne, Knack, dan masih banyak game PS4 lainnya bisa dimainkan 60 FPS.

Agung Pratnyawan

Aksesoris PlayStation 5. (PlayStation)
Aksesoris PlayStation 5. (PlayStation)

Hitekno.com - PlayStation 5 atau PS5 dipastikan memiliki fitur backward compatibility untuk memainkan game PlayStation 4 atau PS4 secara native.

Bagi pemilik blu-ray game PS4 tinggal instal ke mesin PlayStation 5 dan mainkan. Sedangkan versi digital tinggal download jika akun kamu sudah memiliki game tersebut.

Menariknya, performa PS5 yang sangat bertenaga mampu menjalankan game PlayStation 4 dengan lebih baik. Bukan secara grafis, namun secara frame rate.

Konsol game baru ini bisa menjalankan game-game di seri lawasnya dengan frame rate 60 FPS. Secara stambil baik di 1080p maupun 1440p.

Sedangkan di masa PlayStation 4, game-game tersebut dikunci pada 30 FPS. Dan bisa sedikit lebih tinggi jika menggunakan PS4 Pro dalam memainkannya.

Hal ini didapatkan dari hasil pengujian Digital Foundry, yang menjajal fitur backward compatibility PlayStation 5 dalam memainkan game PS4.

Didapati hasil yang mengagumkan, berbagai judul kini dikunci pada 60 FPS pada mesin PS5. Dibanding sebelumnya yang cuma jalan di 30 FPS pada PlayStation 4.

PlayStation 5 atau PS5. (PlayStation)
PlayStation 5 atau PS5. (PlayStation)

 

Meski dikunci pada 60 FPS, tentu saja ini memberikan angin segar bagi para gamer. Terlebih bisa memainkan game PS4 dengan frame rate yang lebih tinggi.

Terutama game-game dari FormSoftware seperti Dark Souls, Bloodborne, dan Sekiro yang memerlukan akurasi timing dalam memainkannya.

Kemampuan backward compatibility ini juga didapatkan pada konsol game pesaingnya, Xbox Series X yang bisa menjalankan game dari platform sebelumnya dalam 60 FPS.

Meski begitu, ada beberapa temuan Digital Foundry pada game-game Ubisoft. Seperti Assassin's Creed Unity PlayStation 5 tidak bisa mengunci di 60 FPS, sedangkan Xbox Series X bisa.

Diguaan awal mengarah pada performa GPU Xbox Series X yang lebih tinggi dalam ukuran Flops yang menjadi kelebihan kenapa bisa terjadi hal ini.

Setelah dilihat lebih jauh, penurunan frame rate PS5 tidak terjadi di semua situasi. Sehingga diduga karena maslah game engine yang membuatnya terjadi penurunan frame rate.

Nantinya developer juga masih bisa memberikan update atau patch yang memungkinkan untuk mendongkrak lagi bagaimana game mereka dimainkan dalam konsol game baru tersebut.

Itulah kemampuan backward compatibility PlayStation 5 dalam memainkan game PS4 yang bisa mengunci di 60 FPS. Dari yang aslinya hanya 30 FPS.

Berita Terkait