Games

Baru Dua Minggu, Genshin Impact Diperkirakan Raup Rp 1,4 Triliun

Baru dua minggu rilis, Genshin Impact hampir balik modal.

Agung Pratnyawan

Genshin Impact. (miHoyo)
Genshin Impact. (miHoyo)

Hitekno.com - Genshin Impact langsung fenomenal saat resmi diluncurkan. Game Action RPG open world dari miHoYo ini sukses mendapatkan jutaan download dalam waktu singkat.

Sebagai informasi, miHoYo resmi meluncurkan Genshin Impact pada 28 September 2020 kemarin untuk PC, PlayStation 4, dan mobile baik Android maupun iOS.

Menariknya, game ini dihadirkan secara gratis. Namun memberikan kualitas yang tinggi. Bahkan terkesan berada di kelas AAA.

Namun kabar paling barunya, Daniel Ahmad, analis Niko Partners menyampaikan kalau game baru ini telah mendapatkan 100 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,4 triliun dalam waktu dua minggu saja.

Pendapatan sebesar ini didapatkan dari sistem microtransaction dengan menjual item kepada player. Sedangkan gamenya sendiri bisa dimainkan secara gratis.

Daniel Ahmad juga menyampaikan kalau Genshin Impact juga menduduki peringkat atas dalam kategori free to play atau game gratis di sejumlah negara.

Tidak hanya di China, asal developer miHoYo, namun game action RPG open world ini menduduki peringkat atas untuk Jepang, Korea Selatan, dan Amerika Serikat.

Genshin Impact. (miHoYo)
Genshin Impact. (miHoYo)

 

Analis senior ini juga membawa data dari SensorTower yang menyebut Genshin Impact telah menduduki peringkat 2 top grossing game iOS secara global.

Dari popularitas yang sangat tinggi ini, diperkirakan kalau game gratis ini telah mencapai pendapatan sampai Rp 1,4 triliun dalam waktu dua minggu.

Menariknya, miHoYo sempat menyebutkan kalau mereka menggelontorkan 1 miliar yuan atau sekitar 150 juta dolar AS (Rp 2,2 triliun) dalam pengembangan Genshin Impact.

Dengan terus meningkatnya popularitas game baru ini, tidak menutup kemungkinan kalau developer dari China ini segera balik modal dalam waktu dekat.

Terlebih miHoYo juga merencanakan akan meluncurkan game baru ini akan segera meluncur ke Nintendo Switch. Yang tentunya akan meningkatkan jumlah pemain.

Baru meluncur di PlayStation 4, PC, Android dan iOS saja sudah bisa mencapai angka pendapatan yang sangatlah tinggi. Terlebih nanti jika hadir ke platform lain.

Pendapatan Genshin Impact capai Rp 1,4 triliun dalam dua minggu. (Twitter/ ZhugeEX)
Pendapatan Genshin Impact capai Rp 1,4 triliun dalam dua minggu. (Twitter/ ZhugeEX)

 

Genshin Impact sendiri mendapatkan respon positif saat diluncurkan, bahkan saat masih menjalani close beta testing karena apa yang diberikan.

Game action RPG open world ini mengusung grafis memukau yang mengingatkan dengan The Legend of Zelda: Breath of the Wild. Bahkan beberapa mekanik yang mirip.

Dari stamina, cara memanjat, desain musuh dan penempatannya, eksplorasi, dan banyak kemiripan. Meski begitu, miHoYo memberikan battle yang tak kalah intens.

Dan ciri khas developer game ini, adalah memberikan desain karakter yang beragaya anime. Dengan beragam karakter yang bisa kamu dapatkan.

Kita nantikan saja, Genshin Impact yang disebut-sebut sebagai game gratis dari China tersukses dalam peluncuran global. Sudah menjajalnya?

Berita Terkait