Hasil Studi: Gamer Animal Crossing Lebih Agresif Dibanding GTA V

Didapati pula, player gamer Xbox lebih agresif dibandingkan PlayStation.

Agung Pratnyawan
Kamis, 03 September 2020 | 22:00 WIB
Animal Crossing New Horizons. (Nintendo)

Animal Crossing New Horizons. (Nintendo)

Hitekno.com - Selama ini game Grand Thef Auto V atau GTA V dikenal memiliki banyak adegan kekerasan. Sedangkan Animal Crossing: New Horizons dikenal karena visualnya yang imut.

Namun sebuah studi terbaru mengungkap hal menarik dari para gamer terkait kecenderungan untuk agresif. Baik dari judul game maupun platform tempatnya bermain.

Baca Juga: - Menjiwai, Gamer Gunakan Kontroler Katana untuk Main Ghost of Tsushima - Cara Gamer Rayakan HUT RI ke 75, Gelar Upacara Bendera Virtual Unik - Dipikul, Posisi Keyboard Gamer Cewek Ini Bikin Netizen Salfok - Main Point Blank Tak Ada Mousepad, Gamer Ini Nekat Pakai Ijazah

Hasil studi ini mendapati player Xbox lebih agresif dibandingkan PlayStation. Dan mengejutnkannya, gamer GTA V punya tingkat agresi fisik lebih rendah dari palyer Animal Crossing.

Dialihbahasakan dari Gamerant, dalam penelitian ini, psikolog profesional melibatkan 964 gamer untuk mengisi kuisioner Buss Perry Aggression.

Sebelumnya, mereka diminta memilih tiga game yang paling disukai dalam urutan preferensi dan sistem apa yang digunakan untuk memainkannya.

Tes ini dimaksudkan untuk mengukur tingkat agresi pada individu berdasarkan bagaimana mereka menanggapi setiap pertanyaan.

Agresi Fisik, Agresi Verbal, Kemarahan, dan Permusuhan seseorang semuanya dimaksudkan untuk diukur dengan Kuesioner Agresi Buss Perry.

Ilustrasi gamer PlayStation 4. (Pakutaso)
Ilustrasi gamer PlayStation 4. (Pakutaso)

Lalu bagaimana hasilnya? Menurut peneliti, gamer Xbox didapai punya kecenderungan paling agresif dibandingkan dengan player PlayStation dalam empat kategori survei di atas.

Peneliti juga mendapati gamer pria 20 persen lebih agresif dibandingkan gamer wanita. Juga game tertentu dikaitkan dengan lebih banyak agresi daripada yang lain.

Menariknya, mereka yang main game selama 20-30 jam per minggu terkadang kurang agresif dibanding gamer yang main selama 11-20 jam per minggu.

Namun tingkat agresi lebih rendah ditemukan pada player yang main game kurang dari 11 jam per minggu.

Studi ini juga mendapati gamer Call of Duty paling agresif, diikuti dengan Battlefield dan FIFA. Menurut peneliti, tiga game ini memiliki fokus ekstrem pada multiplayer kompetitif.

Menurut peneliti, manusia cenderung menjadi agresif ketika secara aktif berkompetisi satu sama lainnya, tidak hanya lewat video game namun juga olahraga dan hal lainnya.

Mengejutkannya, studi ini juga mendapati game non-kompetitif yang memiliki beberapa player yang punyakecenderungan lebih agresif.

Grand Theft Auto V (GTA V). (Rockstargames).
Grand Theft Auto V (GTA V). (Rockstargames).

Menurut peneliti, Animal Crossing: New Horizons didapati pemain yang lebih agresif secara fisik daripada mereka yang memainkan Grand Theft Auto 5.

Hal ini tentu saja mengejutkan, Grand Theft Auto 5 punya elemen kekerasan lebih besar. Jauh lebih besar dibanding Animal Crossing: New Horizons yang terlihat lebih imut.

Sayangnya analis tidak merinci apa dan bagaimana yang membuat player Animal Crossing: New Horizons bisa lebih agresif secara fisik dibandingkan player Grand Theft Auto 5.

Tentu saja temuan hasil studi terbaru ini jadi menarik, karena selama ini banyak penelitian tentang agresi dan potensi kekerasan terkait video game.

Sebelumnya ada peletian Oxford Internet Institute yang mendapati tidak selalu ada kaitan antara agresi dan kekerasan dengan video game.

Sedangkan kini hasil studi terbaru mendapati tingkat agresif dari video game lebih banyak berasal dari aspek kompetitif mereka, bukan tingkat kekerasan.

Berita Terkait

TERKINI

Berikut adalah urutan archon terkuat di Genshin Impact, hasilnya kejutan.
games | 18:13 WIB
Game macam apa yang akan dikembangkan Netflix?
games | 16:54 WIB
Luminaire menyebut bahwa ini merupakan transfer besar-besaran yang pernah terjadi di pro scene Mobile Legends.
games | 15:24 WIB
Setelah diunggah, foto Nita Vior dan Shannon Wong pakai jersey timnas Portugal ini langsung saja menuai berbagai reaksi.
games | 14:29 WIB
Usai secara resmi berseragam ONIC, Sanz justru kecewa mengetahui bahwa idolanya, Udil justru memutuskan keluar dari tim.
games | 11:26 WIB
Komentar yang ditinggalkan oleh Jessica Jane ini kemudian menuai berbagai reaksi dari netizen.
games | 17:27 WIB
Memanasnya kesalah pahaman antara Antimage dan pihak EVOS serta coach Zeys ini menjadi buah bibir penggemar Mobile Legends di Tanah Air.
games | 14:28 WIB
Akankah lisensi ini bakal diangkut oleh perusahaan game lain?
games | 13:52 WIB
Berikut adalah lima bos paling sulit di game God of War Ragnarok.
games | 13:33 WIB
EVOS kini menjadi Timnas Mobile Legends Indonesia di World Esports Championship 2022.
games | 10:35 WIB
Menurut Udil, player muda asal Filipina ini memukau dengan permainannya.
games | 20:49 WIB
Aldean Tegar bertanya pada Nita Vior mengenai alasan Rekt begitu rutin melakukan live streaming di YouTube hingga tujuh jam dalam satu hari.
games | 16:12 WIB
Mudah dan praktis, manfaatkan cara edit profil Mobile Legends untuk pamer hero dan skin.
games | 15:55 WIB
Mengusung semangat#FFINDOBERSATU, Free Fire mengajak para penggemar untuk mendukung SES Alfalink dan RRQ Kazu melalui nobar FFWS 2022 Bangkok.
games | 14:55 WIB
Singkirakan 15 tim esports lainnya, ALMGHTY sukses juarai Call of Duty Mobile Fall Invitational 2022.
games | 14:41 WIB
Kedua perusahaan ini dicurigai akibat dugaan praktik duopoli, bikin pasar sulit berkembang.
games | 13:29 WIB
Lengkap cara klaimnya, manfaatkan Kode Redeem FF 24 November 2022 terbaru untuk mendapatkan item gratis.
games | 12:47 WIB
Lengkap cara klaimnya, manfaatkan Kode Redeem ML 24 November 2022 terbaru.
games | 12:41 WIB
Tampilkan lebih banyak