Games

3 Alasan Xbox Series X Lebih Layak Dinantikan, Banding PlayStation 5

Menantikan konsol game baru? Ini alasan Xbox Series X layak dilirik.

Agung Pratnyawan

Xbox Series X. (Xbox)
Xbox Series X. (Xbox)

Hitekno.com - Perang konsol game next-gen telah siap dimulai. Microsoft mengandalkan Xbox Series X yang akan melawan PlayStation 5 dari Sony.

Jika di generasi sebelumnya, Xbox One vs PlayStation 4, Microsoft boleh saja kalah dalam penjualan hardware. Namun tidak dengan generasi berikutnya.

Nampak Microsoft benar-benar menyiapkan konsol game baru mereka ini. Bahkan sejak awal sudah langsung berani membagikan seperti apa wujudnya.

Bahkan mengundang media dan influencer untuk membongkar konsol game Xbox Series X tersebut dan mengungkap seperti apa wujudnya.

Microsoft juga telah mengakuisi sejumlah studio game untuk memperkuat library game mereka dalam menghadapi PlayStation 5 mendatang.

Xbox Series X. (Microsoft)
Xbox Series X. (Microsoft)

 

Dengan akuisisi studio game tersebut, membuat daftar game di konsol game Microsoft ini bakal makin kaya dan makin beragam.

Terlepas dari library game itu, apakah Xbox Series X ini memang layak untuk dinantikan kehadirannya pada 2020 ini?

Berikut ini tim HiTekno.com berikan tiga alasan kenapa Xbox Series X layan dinantikan untuk konsol game kamu berikutnya.

1. Xbox Game Pass

Xbox Game Pass. (Microsoft)
Xbox Game Pass. (Microsoft)

 

Xbox Game Pass adalah gebrakan dari Microsoft yang jadi senjata ampuh sejak Xbox One. Layanan berlangganan ini memberikan sederet game buat kamu.

Setiap bulannya, Microsoft akan menambahkan game ke list Xbox Game Pass. Dan selama kamu berlangganan, semua game ini bebas kamu mainkan.

Menariknya, sejumlah game AAA pun masuk dalam daftar ini. Termasuk Red Dead Redemption 2, Minecraft, Halo 2, Sea of Thieves, dan masih banyak lainnya.

Selain itu, beberapa game eksklusif dari Microsoft Games Studio malah langsung masuk di Xbox Game Pass saat diluncurkan.

Untuk berlangganan Xbox Game Pass cukup murah, hanya 10 dolar AS perbulan untuk konsol, dan 15 dolar AS untuk konsol game + PC + Xbox Live Gold.

Yup, game-game Xbox Game Pass ini bisa dimainkan juga dari PC. Cukup berlangganan dengan harga terjangkaui, kamu bisa memainkan ratusan game secara bebas.

2. Powefull

Konsol game Xbox Series X (Microsoft)
Konsol game Xbox Series X (Microsoft)

 

Meski memakai arsitektur yang sama dengan PlayStation 5, yakni CPU AMD ZEN 2 dan GPU RNDA yang baru, Xbox Series X punya spesifikasi teknis lebih tinggi.

Terutama untuk kekuatan murni dalam komputasi, konsol game ini punya GPU 12 TFLOPs dengan 52 CU. Dan CPU ngebut sampai 3,8 GHz dengan SMT masih di 3,6 GHz.

Angka-angka ini lebih tinggi dibandingkan milik PlayStation 5. Dan Microsoft memanfaatkannya untuk lebih banyak hal.

Salah satunya Smart Delivery untuk memainkan game Xbox One dengan memberikan peningkatan grafis. Bahkan developer gamenya tak perlu ikut campur.

Ditambah dukungan Microsoft yang telah punya API DXR untuk dukungan Ray-tracing. Sehingga Ray-tracing bukan hanya dari sisi hardware, namun dari software juga.

3. Backwards Compatibility

Halo Infinite. (Xbox.com).
Halo Infinite. (Xbox.com).

 

Dengan tenaga dari Xbox Series X yang berlimpah, Microsoft memberikan dukungan backwards compatibility yang tak tanggung-tanggun.

Konsol game ini dijanjikan bisa memainkan game dari generasi sebelumnya, dari Xbox One, Xbox 360, bahkan dari Xbox original.

Di beberapa game, Microsoft menjanjikan adanya Smart Delivery yang tidak hanya bisa memainkan game lawas. Namun memberikan peningkatan grafis.

Tidak menutup kemungkinan game lawas bisa tampil dengan grafis yang lebih modern. Microsoft mencontohkan pada game Halo Infinite.

Game dari Xbox One ini akan memiliki grafis yang lebih modern jika dimainkan dengan Xbox Series X. Begitu juga beberapa game lainnya.

Itulah tiga alasan kenapa konsol game Microsoft ini layak dinantikan? Mending Xbox Series X atau PlayStation 5 saja?

Berita Terkait