Games

5 Alasan PlayStation 5 Layak Dinantikan, Banding Xbox Series X

Lakahkan PlayStation 5 dinantikan? Bagaimana dengan konsol game lainnya?

Agung Pratnyawan

Sony siapkan gelaran PlayStation 5. (PlayStation)
Sony siapkan gelaran PlayStation 5. (PlayStation)

Hitekno.com - Konsol game baru, PlayStation 5 dipastikan akan meluncur tahun 2020 ini. Sony sendiri menyiapkan sejumlah gelaran dalam menyongsong kehadirannya.

Paling dekat 11 Juni 2020 waktu setempat atau 23 Juni dini hari WIB, disiapkan gelaran khusus dari Sony untuk menyongsong konsol game baru ini.

Di lain pihak, Microsoft juga telah menyiapkan Xbox Series X sebagai lawan dari PlayStation 5 mendatang. Yang nantinya juga diluncurkan pada 2020 ini.

Keduanya pasti menjanjikan peningkatan secara hardware dari generasi sebelumnya. Dan akan mengalami peningkatan grafis.

Namun selain grafis lebih bagus dan spesifikasi lebih tinggi, adakah alasan untuk menantikan kehadiran PlayStation 5 ini?

DualSense, Kontroler baru PlayStation 5. (PlayStation)
DualSense, Kontroler baru PlayStation 5. (PlayStation)

 

Apa pula yang menyebabkan konsol game dari Sony lebih menarik untuk dinantikan dibandingkan Xbox Series X dari Microsoft?

Berikut ini tim HiTekno.com berikan alasan kenapa PlayStation 5 layak untuk dinantikan kehadirannya pada 2020 ini.

1. Dukung Backward Compatibility ke PlayStation 4

God of War. (Sony)
God of War. (Sony)

 

Seperti diketahui, PlayStation 4 memiliki ribuan game yang telah dihadirkan ke pasaran. Dan tidak sedikit di antaranya game-game menarik.

Sony memastikan kalau PlayStation 5 akan bisa memainkan banyak game dari PlayStation 4. Mengingat keduanya berbagi arsitektur yang mirip.

Ditambah lagi, untuk game baru yang akan meluncur ke PlayStation 4 telah diminta Sony untuk kompatibel ke konsol game baru ini nantinya.

Di lain sisi, Xbox Series X juga menawarkan backward compatibility lebih luas. Bahkan dari Xbox One, Xbox 360, bahkan Xbox original.

Namun kayanya library game PlayStation 4 jadi andalannya. Banyaknya game menarik di masa konsol game tersebut akan bisa dimainkan di PlayStation 5.

2. Kontroler DualSense Lebih Menjanjikan

Kontroler DualSense PlayStation 5 dan DualShock 4 PlayStation 4. (HiTekno.com)
Kontroler DualSense PlayStation 5 dan DualShock 4 PlayStation 4. (HiTekno.com)

 

Xbox Series X memang memudahkan dengan memberikan kontroler yang sama dari Xbox One. Sehingga player lama bisa lebih mudah beradaptasi.

Namun DualSense yang ditawarkan Sony membuka peluang untuk developer gamer lebih banyak berkreasi dan meningkatkan pengalaman dalam bermain.

Dukungan haptic motor yang diklaim bisa mereka ulang getaran seperti halnya di dunia nyata. Motor serupa telah digunakan oleh Nintendo Switch.

Ada pula dukungan adaptive triggers yang memungkinkan developer memberikan sensasi yang berbeda sehingga gamer lebih immers.

Kontroler DualSense di PlayStation 5 ini memberikan peluang developer game untuk memberikan pengalaman bermain yang lebih dibanding kontroler biasa.

3. Tidak Berfokus Hanya pada Grafis, Namun Pengalaman Bermain

Dari presentasi Mark Cerny, lead arsitek PlayStation 5 diketahui dalam mengembangkan konsol game ini tidak hanya berfokus pada grafis.

Sony mendesainnya untuk memberikan peningkatan pengalaman dalam bermain game. Dimulai dari SSD yang super kencang untuk mengurangi loading.

Pemakaian SSD super kencang ini tidak hanya mempercepat loading. Namun membantu peningkatan performa dan menghilangkan teksture poping.

Konsol game ini juga didesain untuk meringankan kerja dari developer game. Hal yang dipelajari Sony semenjak kegagalan PlayStation 3.

Seperti kontroler DualSense seperti di atas. Juga dari sisi audio yang dijanjikan menghadikan 3D Audio ke berbagai macam model perangkat yang digunakan player.

4. Perwakilan Sony di Indonesia

PlayStation 4 di Indonesia dipasarkan oleh Sony langsung yang telah memiliki perwakilan resmi di Tanah Air.

Apa dampaknya? Tentu saja menjaga harga di toko resmi yang termasuk Playstation Authorized Dealer tidak akan memainkan harga.

Seperti kasus saat kelangkaan Nintendo Switch, membuat harganya melambung di Indonesia. Namun konsol game Sony masih stabil harganya.

Kehadiran perwakilan Sony PlayStation di Indonesia juga diikuti sejumlah promo dan diskon, termasuk promo Ramadhan yang tidak ada di Jepang dan Amerika.

Tidak menutup kemungkinan nantinya program promo dan diskon ini akan dilanjutkan pada PlayStation 5. Dan pastinya ada kepastian garansi dan after sales konsol game mereka.

5 Game Eksklusif

Marvel's Spider-Man. (PlayStation)
Marvel's Spider-Man. (PlayStation)

 

Tidak dipungkiri Sony masih memegang beberapa developer yang sebelumnya telah sukses menghadirkan game menarik dan eksklusif.

Walau beberapa dikabarkan akan meluncur ke PC, namun untuk awalannya dipastikan tetap hadir ke PlayStation terlebih dahulu.

Sebut saja bagaimana kelanjutan Horizon Zero Dawn, Marvel Spider-Man, God of War, Bloodborne yang telah dinantikan seri berikutnya.

Di lain pihak, banyak game Xbox dihadirkan bersamaan di PC. Sehingga tak memiliki konsol game tersebut, masih bisa memainkan asal punya PC dengan Windows 10.

Game eksklusif apa lagi yang akan dihadirkan ke PlayStation 5 pasti akan dinantikan. Game yang hanya ada di konsol game tersebut.

Itulah 5 alasan PlayStation 5 menarik untuk dinantikan dibandingkan konsol game pesaing, Xbox Series X nantinya.

Berita Terkait