Games

Cerita Giring yang Diminta Jokowi Gelar Piala Presiden Esports

Jokowi minta ke Giring untuk dibuatkan turnamen eSports berskala nasional, jadilah Piala Presiden Esports.

Agung Pratnyawan

Giring Ganesha [paling kanan] bersama para pemenang Final Kualifikasi Regional Barat Piala Presiden Esports 2020. [dokumentasi pribadi]
Giring Ganesha [paling kanan] bersama para pemenang Final Kualifikasi Regional Barat Piala Presiden Esports 2020. [dokumentasi pribadi]

Hitekno.com - Mantan vokalis band Nidji, Giring Ganesha telah didapuk sebagai Presiden Indonesia Esports Premier League (ISPL). Ia juga diminta Joko Widodo (Jokowi) sebagai Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports.

Dikutip dari Suara.com, selepas menghadiri sebuah acara di kawasan Jakarta Pusat, Senin (27/1/2020), Giring menilai bahwa Jokowi begitu jatuh hati dengan dunia e-Sports.

Ia menceritakan kalau Jokowi sampai meminta dirinya untuk dibuatkan turnamen eSports berskala nasional dan jadilah Piala Presiden Esports.

Keinginan Jokowi itu kemudian disampaikam ke Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang saat itu masih dijabat Triawan Munaf. Triawan kemudian meminta IESPL untuk menggelar pertandingan e-Sports tingkat nasional.

Hasilnya, Piala Presiden Esports digelar untuk yang pertama kalinya pada Mei 2019. Saat itu, hanya ada satu game yang dipertandingkan, yakni Mobile Legends.

Tercatat, ada sekitar 18 ribu gamer yang mengikuti kualifikasi. Namun, hanya 16 tim saja yang bersaing di putaran final.

"Begitu sukses saya lapor ke Bekraf, Kepala Staf Presiden (KSP), Kominfo dan Kemenpora. Pak Muldoko malah meminta agar IESPL menggelar kembali Piala Presiden Esports," kenang Giring Ganesha.

Giring Ganesha saat ditemui selepas menghadiri sebuah acara di kawasan Jakarta Pusat, Senin (27/1/2020). [Suara.com/Tivan Rahmat]
Giring Ganesha saat ditemui selepas menghadiri sebuah acara di kawasan Jakarta Pusat, Senin (27/1/2020). [Suara.com/Tivan Rahmat]

 

Muldoko, lanjut Giring, ingin turnamen tersebut digelar sebelum pelantikan Presiden dan Wakil Presiden. Tujuannya agar turnamen tersebut jadi alat pemersatu bangsa setelah Pemilu 2019 digelar.

Hanya saja, keinginan itu belum bisa terlaksana lantaran tidak memungkinkan untuk menggelar turnamen besar dalam waktu berdekatan. Oleh karena itu, kata Giring, Piala Presiden Esports jilid kedua baru bisa digelar pada awal tahun ini.

Lagi-lagi, Giring Ganesha dipercaya untuk menjadi Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports 2020. Kali ini, cakupan pesertanya lebih luas karena melibatkan negara se-Asia Tenggara.

"Selain Indonesia yang jadi tuan rumah, akan ada atlet e-Sports dari Thailand, Vietnam, Filipina, Kamboja, Singapura dan Malaysia," seru eks vokalis band Nidji ini.

Selain itu, jumlah game yang dipertandingkan dalam Piala Presiden Esports 2020 turut bertambah. Kali ini, ada Free Fire, PES 2020, Fruit Dart, dan game lokal yang akan segera diumumkan.

Samsung jadi sponsor resmi Piala Presiden Esports 2020 di Jakarta, Senin (27/1/2020). [Suara.com/Tivan Rahmat]
Samsung jadi sponsor resmi Piala Presiden Esports 2020 di Jakarta, Senin (27/1/2020). [Suara.com/Tivan Rahmat]

 

Sejauh ini, jumlah peserta yang ikut Piala Presiden Esports 2020 meningkat drastis. Menurut catatan IESPL, sudah ada 177 ribu atlet e-Sports yang mengikuti kualifikasi.

Meski sudah menunjukkan hasil positif, namun Giring masih berharap bahwa pemerintah akan terus berinvestasi dalam pengembangan eSports dan industri game Tanah Air karena memiliki potensi ekonomi yang sangat besar.

"Bila terus berinvestasi, eSports dan game lokal akan mendunia. Ini akan memberikan devisa baru untuk Indonesia," tutup lelaki berambut ikal tersebut.

Itulah kisah Giring Ganesha yang didapuk Jokowi sebagai Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

Berita Terkait