Games

Kabar Gembira, Minecraft PlayStation 4 Sudah Mendukung Fitur Cross-Play

Pemain Minecraft PS4 bisa bermain bersama player lain dari Nintendo Switch, Windows, Xbox One, iOS dan Android.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Game Minecraft. (Microsoft)
Game Minecraft. (Microsoft)

Hitekno.com - Mulai 10 Desember 2019, Minecraft PlayStation 4 akan menghadirkan fitur cross-play sehingga pemainnya bisa merasakan sensasi bermain lintas platform. Setelah generasi eksklusifitas, kini fitur cross-play seakan menjadi fitur wajib bagi game-game populer.

Fitur cross-play Minecraft memungkinkan para pemain Minecraft di PlayStation 4 bisa bermain bersama player lain di beberapa platform game seperti Nintendo Switch, Windows, Xbox One, iOS dan Android, serta perangkat Gear VR.

Fitur cross-play mulai populer pada akhir 2018 di mana Epic Games secara sungguh-sungguh meyakinkan produsen konsol utama game bahwa Fortnite akan baik-baik saja ketika semua player di berbagai platform bermain bersama-sama.

Sepanjang 2019, semakin banyak judul game yang menghadirkan fitur cross-play termasuk Destiny 2 dan Call of Duty: Modern Warfare.

Kini, Fortnite ikut bergabung sehingga semakin membuat para penggemarnya ikut senang.

Ilustrasi karakter di Minecraft. (Minecraft)
Ilustrasi karakter di Minecraft. (Minecraft)

 

"Kini pemain PS4 akan memiliki pembelian dan progress mereka di seluruh platform," tulis Kelsey Howard dari Mojang dalam siaran persnya di hari Senin (09/10/2019).

Itu berarti world, skin, min-games, dan mas up pack yang tersedia di Minecraft Marketplace dapat diakses pada setiap platform.

Dikutip dari Polygon, Minecraft masuk sebagai game tunggal terlaris sepanjang masa, mengalahkan Tetris dengan penjualan sebesar 176 juta copy.

Pada Mei 2019 lalu, Minecraft dan Mojang mengumumkan pencapaian 10 tahun mereka dan rasa terima kasih perusahaan kepada para penggemar.

Minecraft telah mencapai kesuksesan sejauh ini karena ia lebih dari sekedar game, melainkan platform.

Ilustrasi Minecraft di PS4. (eBay)
Ilustrasi Minecraft di PS4. (eBay)

 

Player akan diberikan dimensi tersendiri dalam bentuk saku, konsol game, atau smartphone hingga perangkat augmented reality.

Tekan tombol "start", maka Minecraft bisa menghasilkan dunia berkali-kali lipat lebih besar dari Bumi.

Pemain bisa melewatinya bertahun-tahun, tinggal di bawah permukaan, bahkan bisa menggunakan harta untuk membangun benteng di atas gunung.

Minecraft adalah tempat di mana kamu bisa sendirian, atau ketika kita perlu dunia raksasa milik kita sendiri.

Tanpa Minecraft, Twitch mungkin tidak akan pernah bisa meraih kesuksesan sejauh ini dan mungkin PewDiePie juga tak bisa menjadi YouTuber sukses.

Fitur cross-play Minecraft ini bisa menjadi hadiah tersendiri bagi para pemainnya setelah mereka merayakan ulang tahun yang ke-10.

Berita Terkait