Games

Beda Call of Duty Mobile vs PUBG Mobile, Mana yang Lebih Seru?

Call of Duty Mobile vs PUBG Mobile, mana yang jadi pilihan kamu?

Agung Pratnyawan

Call of Duty Mobile vs PUBG Mobile. (HiTekno.com)
Call of Duty Mobile vs PUBG Mobile. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Datangnya Call of Duty Mobile pasti langsung jadi pesaing PUBG Mobile. Lalu apa perbedaan antara Call of Duty Mobile vs PUBG Mobile ini?

Call of Duty Mobile hadir dari franchise ternama game FPS besutan Activision. Game ini telah bisa dimainkan sejak Selasa (1/10/2019).

Game mobile ini resmi masuk ke Indonesia dengan menggandeng Garena yang sebelum sudah terkenal menaungi game battle royale Free Fire.

Sedangkan PUBG Mobile adalah versi game mobile dari PlayerUnknown's Battlegrounds. Tencent selaku publisher menghadirkannya langsung ke berbagai negara.

Meski terlihat bersaing, namun ternyata di balik kedua game mobile ini tetaplah Tencent. Activision mempercayakan penggarapan game mobile Call of Duty kepada Tencent.

Tencent Games menggandeng Timi Studio yang sebelumnya terkenal menggarap Age of Valor (AoV) resmi menggarap Call of Duty Mobile.

Padahal Tencent sendiri punya PUBG Mobile yang penggarapannya berkolaborasi dengan Lightspeed & Quantum, Krafton, dan PUBG Corporation.

Call of Duty Mobile vs PUBG Mobile. (HiTekno.com)
Call of Duty Mobile vs PUBG Mobile. (HiTekno.com)

 

Lalu bagaimana perbandingan antara Call of Duty Mobile vs PUBG Mobile ini? Game mobile yang lebih menarik untuk dimainkan saat ini?

Simak berikut ini tim HiTekno.com ramkum perbandingan antara dua game mobile ini. Si pendatang baru lawan game paling populer saat ini.

Mode Permainan

Call of Duty Mobile menawarkan beragam mode. (Google Play Store)
Call of Duty Mobile menawarkan beragam mode. (Google Play Store)

 

PUBG Mobile sudah pasti menawarkan mode gameplay battle royale. Karena game mobile ini memang terkenal sebagai salah satu yang mempopulerkan battle royale.

Mode yang menerjunkan pemain pada sebuah area untuk saling membantai. Di mana area akan semakin menyempit seiring berjalannya waktu.

Sedangkan Call of Duty menawarkan mode permainan yang lebih beragam. Yang pertama langsung bisa dicoba adalah multiplayer (co-op).

Dalam mode multiplayer ini, pemain akan dibagi jadi dua tim yang saling bertempur. Tim mana yang menghasilkan nilai tertinggi maka mereka yang menang.

Call of Duty juga menawarkan mode battle royale, namun baru bisa diakses jika pemain sudah mencapai level 7. Soal mode permainan, game mobile ini menawarkan lebih banyak pilihan.

Game Mekanis

Call of Duty Mobile. (Activision)
Call of Duty Mobile. (Activision)

 

Call of Duty terkenal sebagai game FPS (First-Person Shooter). Begitu juga versi game mobile ini memberikan perspektif orang pertama (FPP).

Sedangkan PUBG Mobile memberikan sudut pandang TPP (Third Person Perspective). Meski kurang terkesan dramatis, namun malah memberikan pandangan yang lebih luas.

Tapi, keduanya memiliki pilihan untuk FPP atau TPP. Call of Duty di battle roya ada tampilan TPP. PUBG Mobile memberikan pilihan untuk FPP juga.

Soal mekanisme menembak, Call of Duty Mobile punya mode simple yang memungkinkan menembak secara otomatis jika senjata mengarah ke tubuh lawan.

Namun disediakan mode advance yang akan menembak secara manual jika kamu menekan tombolnya. Sekali lagi Call of Duty memberikan lebih banyak pilihan.

PUBG Mobile hanya memberikan mode manual untuk menembak. Mode manual ini jelas membuat pemain bisa lebih berhemat amunisi, seperti semangat survival di battle royale.

Karakter

Call of Duty Mobile. (Activision)
Call of Duty Mobile. (Activision)

 

PUBG Mobile hadir sebagai game mobile battle royale yang sangat tradisional 'boots on the ground'. Alias kamu terjun ke area dan langsung bertempur.

Sedangkan Call of Duty memberikan pilihan enam classes, dari defender hingga medic dan stealth. Dan kamu bisa upgrade masing-masing class dengan skill.

Namun keduanya sama-sama memberikan pilihan untuk customisasi. Namun Call of Duty memberikan customisasi yang lebih realistis, sedangkan PUBG Mobile ala-ala survival.

Kebutuhan Hardware

Warga main PUBG Mobile melalui smartphone di Jakarta, Kamis (20/6). [Suara.com/Oke Atmaja]
Warga main PUBG Mobile melalui smartphone di Jakarta, Kamis (20/6). [Suara.com/Oke Atmaja]

 

PUBG Mobile memang meminta spesifikasi smartphone yang lebih tinggi dari Call of Duty Mobile. Game mobile battle royale ini meminta setidaknya RAM 3 GB.

Beda dengan Call of Duty Mobile, RAM 2 GB pun cukup untuk bisa memainkan game mobile ini. Namun buat smartphone kentang, tersedia PUBG Mobile Lite yang lebih ringan.

Soal download file pun berbeda, setidaknya Call of Duty Mobile hanya 1 GB saja. Namun setidaknya kamu harus menyediakan free space sampai 2 GB.

Sedangkan PUBG Mobile kamu harus download file instalernya sampai 2 GB. Dan free space yang lebih luas lagi sebelum instal PUBG Mobile.

Lagi-lagi jika punya keterbatasan hardware, ada PUBG Mobile Lite yang ukuran file downloadnya lebih kecil juga. Namun PUBG Mobile Lite tak bisa main bareng PUBG Mobile.

Kualitas Grafis

Kualitas grafis Call of Duty Mobile (atas) dan PUBG Mobile (bawa). (HiTekno.com)
Kualitas grafis Call of Duty Mobile (atas) dan PUBG Mobile (bawa). (HiTekno.com)

 

Soal kualitas grafis, awalnya PUBG Mobile jadi game paling realistis ketika bersaing dengan Fortnite di pasar game mobil battle royale.

Namun kini berubah, Call of Duty Mobile hadir membawa gebrakan. Dengan kualitas grafis yang belum pernah ada di game mobile battle royale saat ini.

Dengan grafis yang lebih unggul dari PUBG Mobile, Call of Duty menawarkan minimum spesifikasi yang lebih rendah. Jelas Call of Duty Mobile jawaranya.

Kesimpulan

Call of Duty Mobile vs PUBG Mobile. (HiTekno.com)
Call of Duty Mobile vs PUBG Mobile. (HiTekno.com)

 

PUBG Mobile boleh jadi game mobile battle royale paling populer saat ini. Namun kehadiran Call of Duty Mobile siap-siap jadi pesaing utamanya.

Call of Duty Mobile memberikan banyak fitur-fitur lebih dari sekadar game battle royale tradisional. Juga memberikan grafis yang lebih memukau untuk smartphone murah.

Di lain sisi, PUBG Mobile memberikan kemudahan pemain dalam beradaptasi berkat battle royale tradisional. Buat yang terbatas di smartphone, diberikan opsi PUBG Mobile Lite.

Namun keduanya sama-sama memberikan permainan yang seru. Tidak akan salah pilih di antara dua game mobile yang sedang populer ini.

Namun pastinya, yang sudah biasa main PUBG Mobile akan mudah beradaptasi dengan Call of Duty Mobile. Juga keduanya ada di bawah naungan Tencent!

Itulah perbandingan antara Call of Duty Mobile vs PUBG Mobile, dua game mobile paling ramai saat ini. Apalagi di kalangan gamer battle royale. Mana yang jadi pilihanmu?

Berita Terkait