Games

Sony Absen di E3 2019, Penyebab Utamanya Kini Terkuak

Kira-kira apa yang dikembangkan Sony sehingga berkorban tak mengikuti E3 2019?

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi konsol game Sony. (Pixabay/ StockSnap)
Ilustrasi konsol game Sony. (Pixabay/ StockSnap)

Hitekno.com - E3 2019 merupakan event konferensi game terbesar di mana pemain besar industri selalu mengikutinya . Namun ada yang janggal di E3 2019, Sony memilih untuk tidak mengikutinya.

Pemain besar seperti Microsoft dan Nintendo serta Square Enix masih mengikuti dan mengambil bagian dalam memperkenalkan game serta teknologi terbarunya.

Namun untuk pertama kalinya dalam sejarah E3 (Electronic Entertainment Expo), Sony lebih memilih untuk tidak mengikutinya.

Meskipun tidak menghadiri E3 2019, Sony merilis kabar gembira dengan trailer Death Stranding baru yang dapat dimainkan pada November 2019.

Sony mengonfirmasi pada akhir 2018 bahwa mereka tidak akan menghadiri E3 2019 karena sedang mencari "peluang inventif" lain.

Itu dilakukan oleh Sony agar lebih terhubung dengan komunitasnya sendiri. E3 2019 bukan satu-satunya acara besar tahun ini yang akan dilewati oleh Sony.

Mereka juga tidak akan menyelenggarakan acara tahunan PlayStation Experience di tahun 2019.

"Kami tidak akan punya cukup uang untuk menyatukan orang-orang di Amerika Utara untuk mengadakan acara itu. Kami tidak ingin memberikan harapan yang sangat tinggi dan kemudian tidak memenuhinya. Itu adalah keputusan yang sulit, tetapi kami telah menetapkan bahwa tahun ini, kami tidak akan mengadakan PlayStation Experience," kata bos PlayStation Shawn Layden.

Dalam keterangan sebelumnya, Sony mengatakan bahwa E3 2019 telah kehilangan efeknya sehingga akan lebih efisien jika mereka mengadakan acara sendiri.

Trailer Death Stranding PS4. (YouTube/ PlayStation)
Trailer Death Stranding PS4. (YouTube/ PlayStation)

 

Dikutip dari GameSpot, sepertinya masalah keuangan bukan menjadi penyebab utama Sony tidak hadir di E3 2019.

Pasalnya, hingga 31 Desember 2018 penjualan PlayStation 4 telah terjual sebesar 91,6 juta konsol. Kuartal kedua 2019, saham Sony juga dianggap masih relatif stabil.

Sepertinya mereka akan mengalihdayakan sumber keuangan mereka untuk menghasilkan "sesuatu yang baru" di tahun depan.

Ilustrasi Sony PS4 (Pixabay/ WikimediaImages)
Ilustrasi Sony PS4 (Pixabay/ WikimediaImages)

 

Sony pernah menjelaskan tentang teknologi konsol PlayStation generasi berikutnya setelah mengumumkan absennya mereka di E3 2019.

Spekulasi liar yang berkembang adalah mereka sedang habis-habisan dalam mengembang PlayStation 5.

Atau kemungkinan mereka mempunyai fitur baru yang menelan banyak biaya sehingga Sony mengorbankan acara sekelas E3 2019.

Terlepas dari hal itu, kita masih menantikan apa kejutan selanjutnya yang disiapkan oleh Sony sehingga mereka merelakan E3 2019.

Berita Terkait