Games

Fortnite Sukses Besar, Kekayaan CEO Epic Games Lebih dari Rp 100 Triliun

Fortnite sendiri raup banyak keuntungan, belum lagi ini yang bikin.

Agung Pratnyawan

CEO Epic Games, Tim Sweeney. (Polygon)
CEO Epic Games, Tim Sweeney. (Polygon)

Hitekno.com - Miliarder baru dari industri teknologi kini bertambah lagi. Tim Sweeney, CEO Epic Games yang sukses dengan Fortnite kini memiliki kekayaan lebih dari Rp 100 triliun.

Tim Sweeney kini bertengger bersama para miliarder lainnya seperti Mark Zuckerbergs dan Jeff Bezoses. Kekayaannya di atas miliarder terkenal seperti George Soros dan George Lucas.

Dikutip dari Yahoo Finance, kini kekayaan CEO Epic Games ini mencapai 7,16 miliar dolar AS atau sebesar Rp 103 triliun.

Menurut laporan tahunan Bloomberg, Tim Sweeney kini masuk dalam 500 orang terkaya di dunia. Bahkan peringkatnya ada di 194 orang terkaya.

Kekayaan CEO Epic Games ini berkat kesuksesan Fortnite. Game yang diluncurkan pada 2017 ini makin terkenal semenjak memasukkan battle royale.

Fortnite. (twitter/FortniteGame)
Fortnite. (twitter/FortniteGame)

 

Game Fortnite ini yang awalnya hadir ke PC dan MAC mulai masuk ke platform lain seperti konsol game Xbox One dan PlayStation 4.

Fortnite juga hadir ke perangkat mobile seperti iPhone dan Android. Dan paling baru, game battle royale ini masuk ke Nintendo Switch.

Tak hanya dari Fortnite, kekayaan CEO Epic Games juga berasal dari Unreal Engine. Game engine dari Epic Games ini banyak dipakai oleh developer games lain.

CEO Epic Games, Tim Sweeney. (Wikipedia Commons/GDC)
CEO Epic Games, Tim Sweeney. (Wikipedia Commons/GDC)

 

Developer game memang bebas memakai Unreal Engine, namun Epic Games dapat sebagian dari hasil penjualan game tersebut.

Kekayaan Tim Sweeney diprediksi bakal meningkat lagi setelah ia meluncurkan Epic Games Store. Distribusi game PC ini mulai populer dan dipakai banyak gamer.

Developer games pun mulai memindahkan game mereka dari Steam milik Valve ke Epic Game Store. Hal ini karena pembagian hasil penjualan yang lebih menarik.

Epic Game Store memberikan 88 persen dari hasil penjualan game di tempat mereka ke developer. Sedangkan Steam hanya menawarkan 70 persen saja.

Pembagian pendapatan di Epic Games Store. (Yahoo Finance)
Pembagian pendapatan di Epic Games Store. (Yahoo Finance)

 

Dari sederet langkah bisnisnya yang sukses, tak heran kekayaan CEO Epic Games ini meningkat tajam. Dari Unreal Engine, Fortnite, hingga Epic Games Store.

Berita Terkait