Games

Kurusetra, Game Strategi Online Pertama Buatan Indonesia

Kalau kamu pernah bermain Kurusetra versi web, brati kamu tua!!

Agung Pratnyawan

Game Kurusetra. (Istimewa)
Game Kurusetra. (Istimewa)

Hitekno.com - Siapa sangka ada game online asli buatan Indonesia, bahakan sudah ada sejak tahun 2000. Yaitu Kurusetra, game strategi online berbasis web.

Kurusetra sudah beroperasi sebelum game-game online Korea Selatan menyerbu Indonesia. Sebut saja Nexia lalu disusul Ragnarok, Gunbound dan masih banyak game lainnya.

Apa Itu Game Kurusetra?

Isi manual game Kurusetra. (Manual Kurusetra)
Isi manual game Kurusetra. (Manual Kurusetra)

 

Game Kurusetra sendiri mengambil latar belakang kisah perang Bharatayuddha pada kisah Mahabharata. Dengan mengambil tokoh-tokoh Hindu-Jawa dalam kisah Ramayana.

Saat itu Kurusetra menyebut dirinya sebagai game strategi multiplayer. Game ini beroperasi atau dimainkan melalui web browser.

Kurusetra saat itu bisa diakses melalui situs www.kurusetra.com baik melalui WEB maupun WAP. Namun sayangnya telah offline sejak 2006.

Karena telah mati lama, tidak banyak informasi yang tertinggal dari Kurusetra. Namun mari kita telusuri dari jejak-jejak Kurusetra.

Sebagai game web di masa itu, jangan harap Kurusetra punya grafis yang istimewa. Semua permainan di game ini ditampilkan dalam wujud teks.

Game-game online strategi saat itu memang kebanyakan berbasis teks. Bahkan game offline bergenre RPG juga masih banyak yang berbasis teks.

Sejarah Game Kurusetra

Halaman login Kurusetra. (Kurusetra)
Halaman login Kurusetra. (Kurusetra)

 

Kurusetra adalah hasil karya mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB). Game ini dikembangkan hanya oleh 4 mahasiswa ITB, salah satunya Aang Arif Wahyudi.

Dilansir dari blog pribadi Aang Arif Wahyudi, ketiga temannya yang ikut mengembangkan Kurusetra antara lain Antok, Zalfany dan Reza.

Awal pembuatannya dimulai pada 1999. Lalu masuk Okta adik angkatan mereka kemudian melakukan migrasi dari Perl + PostgreSQL ke PHP + MySQL.

Setelah itu, pengembangan game Kurusetra mengalami perjalanan panjang. Dari dikenal dalam lingkungan internal ITB hingga akhirnya bisa tersebar luas.

Game Kurusetra sempat ditawarkan ke Boleh.com namun ditolak. Lalu mengembangkan server sendiri dengan kerja sama bareng MWEB.

Server pertama game ini menggunakan komputer milik Aang dengan spesifikasi Prosesor 133 MHz, memori 32 MB EDO RAM. Server ini langsung rontok dalam sehari.

Lalu berganti dengan komputer baru berspesifikasi Pentium III 800 MHz, memori 1 GB SDRAM. Lalu pindah ke server milik MWEB yang lebih canggih.

Server canggih MWEB sendiri sempat beberapa kali ngehang tidak kuat melayani para pemain. Pada akhirnya pindah ke server baru lagi yang lebih canggih.

Game Kurusetra sendiri makin lama makin terkenal. Apalagi sejak mendapatkan penghargaan di Asia Pasific ICT Awards 2002 di Jakarta.

Permainan di Game Kurusetra

Logo Kurusetra. (Wikipedia)
Logo Kurusetra. (Wikipedia)

 

Dalam game ini, pemain mendapatkan tugas untuk membangun kerajaan dengan sumber daya dan waktu yang terbatas.

Pemain harus bisa membuat dan melatih pasukan untuk berperang. Waktu peperangan telah ditentukan dan para pemain bisa berkoordinasi melalui forum.

Para pemain Kurusetra saling bersaing menyusun strategi untuk melawan kerajaan lain dan berusaha menjadi yang terbaik dalam peperangan.

Terlihat seru, namun bagaimana dengan permainannya? Ya, semua disajikan secara teks. Pemain melakukan perintah dan merancang strateginya secara teks.

Pemain memulai Kurusetra dengan memilih makhluk apa dalam Jagat Raya Kurusetra. Setiap jenis makhluk memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Berikut ini daftar makhluk di Jagat Raya Kurusetra yang bisa dipilih pemain:

  • Ksatriya, atau Ksatria, merupakan makhluk yang paling cerdas dan hidup makmur di dataran rendah. Dengan ketrampilannya tersebut, Ksatriya merupakan makhluk yang paling stabil di Jagat Raya Kurusetra. Kelebihan utama yang dimiliki jika dibandingkan dengan jenis makhluk lain: lebih cepat dan lebih efisien dalam mempelajari dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan di semua bidang.
  • Wanamarta, merupakan makhluk yang hidup di hutan belantara yang sangat lebat dan dipenuhi dengan aura-aura gaib. Mereka memiliki kemampuan gaib yang luar biasa sehingga sangat susah menandingi kemampuan dan kekuatan gaib mereka. Kelebihan utama yang dimiliki jika dibandingkan dengan jenis makhluk lain: lebih cepat dan lebih efisien dalam mempelajari dan mengaplikasikan aji-ajian baik untuk bertahan maupun menyerang.
  • Wirabumi, merupakan makhluk yang hidup di daerah-daerah yang tersembunyi, di gua-gua, dan di dalam tanah. Mereka juga terkenal sebagai makhluk pekerja keras. Kelebihan utama yang dimiliki jika dibandingkan dengan jenis makhluk lain: lebih cepat dan lebih efisien dalam mempelajari dan mengaplikasikan segala jenis pekerjaan seperti pembangunan dan pertambangan.
  • Jatayu, merupakan makhluk yang memiliki kemampuan terbang dan hidup di dataran tinggi. Makhluk ini memiliki tingkat keagresifan menyerang yang sangat hebat. Dalam peperangan, kecepatan mereka sangat susah ditandingi oleh makhluk lain di Jagat Raya Kurusetra. Kelebihan utama yang dimiliki jika dibandingkan dengan jenis makhluk lain: lebih cepat dan lebih efisien dalam menyerang lawan terutama dalam hal menuju ke daerah peperangan (ini disebabkan kemampuan terbangnya yang dapat menghemat waktu).
  • Kurawa, merupakan makhluk dataran rendah yang paling licik di Jagat Raya Kurusetra. Mereka memiliki kemampuan untuk melakukan operasi rahasia dan tindakan-tindakan licik lainnya yang sangat susah ditandingi oleh makhluk lainnya. Kemampuan telik sandi penyerang mereka memang sangat hebat. Kelebihan utama yang dimiliki jika dibandingkan dengan jenis makhluk lain: lebih cepat dan lebih efisien dalam melakukan aksi teror dan aksi-aksi rahasia di wilayah kerajaan lain seperti mencuri dan menghancurkan bangunan lawan.
  • Tibrasara, merupakan makhluk misterius yang hidup di hutan belantara kegelapan dan memiliki keahlian memanah yang paling handal di seluruh Jagat Raya Kurusetra. Tempat hidup mereka benar-benar gelap sampai-sampai sinar matahari-pun sangat susah menjangkau kawasan kediaman mereka. Kekuatan serang dan nafsu membunuh mereka sangat ditakuti oleh makhluk-makhluk di Jagat Raya Kurusetra. Kelebihan utama yang dimiliki jika dibandingkan dengan jenis makhluk lain: lebih kuat dan lebih efisien dalam melakukan aksi pertahanan ketika diserang oleh musuh.
  • Raksasa, merupakan makhluk dengan wujud yang sangat besar dan mengerikan. Mereka memiliki bala tentara dengan kekuatan yang paling hebat dan menghuni daerah perbukitan karang yang terjal. Akan sulit bagi makhluk-makhluk lainnya untuk menandingi kekuatan bala tentara mereka. Kelebihan utama yang dimiliki jika dibandingkan dengan jenis makhluk lain: lebih kuat dan lebih efisien dalam melakukan aksi penyerangan ke daerah musuh.
  • Dedemit, makhluk yang hidup dalam alam gentayangan ini merupakan makhluk yang tidak berpendidikan namun juga tidak membutuhkan makanan untuk tetap hidup. Di dalam setiap pertempuran, baik kalah atau menang, bala tentara mereka tidak akan pernah tewas. Kecuali jika mereka berhadapan dengan karakter Brahmana. Kelebihan utama yang dimiliki jika dibandingkan dengan jenis makhluk lain: tidak membutuhkan makanan sama sekali sehingga dapat mengalokasikan kebutuhan makanan kepada kebutuhan lainnya yang lebih penting.

Setelah memilih makhluk, pemain harus membangun peradaban dan pemerintahan di wilayahnya. Sambil memantau parameter-parameter yang sudah ditentukan.

Permainan selanjutnya akan seperti memelihara wilayah dengan segenap warganya. Namun tetap saja, semua tampil dalam wujud teks.

Pemain dapat mengakses permainan Kurusetra ini dari mana saja asal bisa terhubung melalui web untuk memantau banyak parameternya.

Parameter hasil perang dalam game Kurusetra. (Kurusetra)
Parameter hasil perang dalam game Kurusetra. (Kurusetra)

 

Sampai pada waktu peperangan tiba. Game Kurusetra telah menentukan peperangan rutin selama 2,5 sampai tiga bulan di real time atau dunia nyata.

Game Kurusetra ini memiliki mekanisme waktu sendiri. 1 hari di Jagat Raya Kurusetra adalah 1 jam di dunia nyata atau real time.

Permainan Kurusetra ini menganut sistem real time, yaitu permainan akan terus berlangsung walau pemain tidak login. Dan dunia game ini akan terus bergerak dinamis setiap detiknya.

Setiap siklus peperangan rutin ini disebut Abad Kurusetra. Selama itu para pemain diminta terus mengembangkan wilayahnya, melatih pasukan, mengatur sumber daya.

Dalam membangun pasukan ini tidak dilakukan secara instan. Setiap perintah akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Misalnya dalam menyerang kerajaan lain, dibutuhkan waktu sekitar 10 hingga 16 jam. Barulah pemain mengetahui hasil dari peperangan tersebut.

Hal ini juga tergantung dari jenis makhluk yang dipilih. Masing-masing jenis makhluk punya tingkat efisiensi berbeda-beda dalam menjalankan perintah.

Teks permainan di game Kurusetra. (Kaskus/bloomchebox)
Teks permainan di game Kurusetra. (Kaskus/bloomchebox)

 

Pemain juga bisa menyusun rencana dengan pemain lain dalam satu Dewan Raja. Komunikasi bisa dilakukan dalam forum di situs Kurusetra.

Dewan Raja sendiri adalah kelompok atau tim yang berisi beberapa pemain. Karena permainan ini bukan individual, melainkan tim.

Setiap pemain akan tergabung dalam Dewan Raja. Pemain yang tergabung dalam satu Dewan Raja bisa saling mengirim sumber daya hingga membantu satu sama lain.

Banyak strategi yang bisa dilakukan pemain. Dari mengirimkan telik sandi atau mata-mata, hingga melakukan operasi rahasia seperti pencurian uang dan makanan.

Di setiap awal Abad Kurusetra ini Jagat Raya Kurusetra akan di-reset. Sehingga setiap pemain akan sama-sama memulai dari awal lagi.

Sayangnya, game Kurusetra versi web ini sudah berhenti beroperasi sejak 2006. Dan hanya menyisakan kenangan bagi para pemainnya.

Muncul Game Kurusetra versi Mobile

Kurusetra versi game mobile. (kurusetra.id)
Kurusetra versi game mobile. (kurusetra.id)

 

Namun tim Kurusetra kembali menghadirkan game ini dalam versi baru. Tepatnya di 2015, Kurusetra hadir dalam bentuk game mobile.

Game Kurusetra hadir ke Android dan iOS sebagai game mobile yang dikerjakan oleh Qajoo. Kurusetra versi mobile ini masih mengandalkan genre strategi.

Namun beda dari versi web sebelumnya, Kurusetra versi mobile ini hadir dengan grafis. Bukan sekadar teks lagi seperti sebelumnya.

Game Kurusetra versi mobile ini nampak seperti Clash of Clan yang saat itu seang naik daun. 

Dengan tampilan grafis yang lebih baik, sayangnya Kurusetra versi mobile kurang begitu bersinar. Kalah pamor dari game-game lainnya.

Kurang populernya Kurusetra mobile ini tidak luput dari banyaknya pemain yang komplain.

Melalui halaman Google Play Store, kita tahu komplain pemain kebanyakan soal kompatibilitas. Dan kurangnya dukungan dari developer.

Dapat terlihat, update terakhir dari game ini pada 4 Oktober 2016. Hingga tahun 2018, belum ada update baru lagi.

Game Kurusetra versi mobile ini nampak kurang mampu membawa nama besar Kurusetra. Kurang mampu mengangkat kembali Kurusetra sebagai game legendaris di masanya.

Sangat disayangkan game Kurusetra versi web tutup. Dan versi mobilenya tidak mampu mengangkat kembali kesuksesannya.

Berita Terkait