Games

8 Alasan Gamer Masih Bermain Dota 2 daripada Mobile Legends

Jumlah player Dota 2 dari tahun ke tahun mengalami penurunan. Namun masih ada pemain yang masih setia dengan Dota 2 dan tidak ingin memainkan game Mobile Legends.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Sumber: Den of Geek
Sumber: Den of Geek

Hitekno.com - Jumlah pemain Dota 2 dari tahun ke tahun semakin mengalami penurunan. Tidak seperti hype 4-5 tahun sebelumnya yang masih merajai game jenis MOBA (Multiplayer Online Battle Arena), statistik pemain Dota 2 mengalami penurunan.

Kehadiran game MOBA yang bisa dimainkan secara mobile seperti AOV, Mobile Legend, Vainglory, dan Heroes Evolved disinyalir sebagai salah satu faktor yang membuat Dota 2 ditinggalkan. Mobile Legends yang sudah didownload lebih dari 100 juta player diprediksi sebagai faktor terbesar pemain Dota 2 "bermigrasi".

Namun dibalik faktor migrasi tersebut, masih ada pemain dari Dota 2 yang tetap setia dengan game MOBA yang pernah jadi trendsetter. Berikut beberapa alasan pemain Dota 2 tetap bertahan daripada harus bermain Mobile Legends:

1. Punya Banyak Waktu Bermain

Sumber: Pixabay
Sumber foto: Pixabay

Banyak pemain Dota 2 yang pindah bermain ke Mobile Legend karena rata-rata waktu yang dibutuhkan hanya 10-15 menit saja untuk 1 kali permainan.

Pemain Dota 2 yang memilih bertahan karena merasa tidak masalah dengan durasi game Dota 2 yang memakan waktu 30-45 menit dalam satu kali permainan.

2. Nostalgia

Sumber: Pixabay
Sumber foto: Xdoodz

Pemain Dota 2 tidak tertarik dengan game Mobile Legend yang menurut mereka hanya ikut-ikutan. Mereka ingin mengulang masa-masa bolos kuliah atau masa sekolah ketika masih bermain Dota 4-5 tahun yang lalu.

Momen nostalgia membuat para player tetap memainkan Dota 2 untuk bermain dengan teman-teman lama. Kata "Rampage" lebih berkesan di benak mereka daripada kata "Savage" di Mobile Legend.

3. Sudah Terlanjur Jago

Sumber: Pixabay
Sumber: Steam Community

Game Dota 2 termasuk permainan yang mengandalkan strategi tinggi dan tidak sembarang orang dapat memainkannya. Kombinasi item, pemilihan hero, dan timing permainan harus diperhatikan ketika memainkan game ini.

Game Mobile Legends meski membutuhkan strategi juga, namun tidak serumit seperti Dota 2. Player yang sudah jago memainkan game Dota 2 lebih memilih bertahan daripada harus bermain game Mobile Legends.

4. Tidak Banyak Bocah

Sumber: Pixabay
Sumber foto: Mummy Pages

Dota 2 terkenal dimainkan oleh orang yang benar-benar mengerti tentang game ini. Game Dota 2 jarang ditemui player dengan kategori "Bocah" karena biasanya orang-orang dewasa banyak yang memainkan game ini.

Meski terdapat "bocah" juga, namun tidak sebanyak "bocah" yang ada di Mobile Legends. Sebutan bocah diberikan bagi player yang bermain game secara asal-asalan dan biasanya cenderung melibatkan emosi saat bermain game. Bocah juga

5. Lebih Mudah Berkomunikasi

Sumber: Pixabay
Sumber: Kickstarter

Dota 2 dimainkan menggunakan PC atau Laptop sehingga ketika bermain game komunikasi lebih mudah karena tinggal mengetik lewat keyboard saja.

Berbeda dengan Mobile legends yang harus minimize dulu ketika berkomunikasi sehingga bisa mengurangi pengalaman dalam bermain game MOBA.

Meski Mobile Legend juga bisa diakali dengan perangkat tambahan untuk mengetik, namun metode itu membuat situasi yang ada terlalu ribet.

6. Anti Analog atau Mobile Analog

Sumber: Pixabay
Sumber: Line

Game Dota 2 terkenal dengan game dengan kualitas grafis yang tinggi. Player yang bertahan dengan game Dota 2 merasa canggung jika harus bermain dengan Game Mobile Legends yang terkenal dengan kualitas grafis yang "seadanya".

Kebiasaan bermain game dengan menggunakan mouse dan keyboard sudah menjadi tradisi para gamer Dota 2 kelas berat.

7. Terlanjur Cinta

sumber: Steam Community
sumber: Steam Community

Tidak sedikit gamer yang susah move-on dari game yang dicintainya, salah satunya MOBA yang satu ini. Banyak yang jatuh cinta dengan DOTA 2 karena tantangan menyusun strategi, kombinasi antar hero, hingga bagaimana membentuk tim. 

8. Kompetisi Game dengan Hadiah Terbesar

Sumber: Pixabay
Sumber: Esportearnings

Doat 2 terkenal sebagai game yang menjadi pionir game MOBA lainnya. Tak heran, 10 kompetisi dengan hadiah terbesar didominasi oleh game Dota 2.

Player yang sudah jago di Dota 2 lebih memilih mendalami game ini daripada harus bermain Mobile Legends. Total hadiah terbesar kompetisi Dota 2 di tahun 2017 lalu saja mencapai 24 juta dolar AS atau Rp 335 Miliar.

Hitekno.com/Rezza Dwi Rachmanta

Berita Terkait