COMPUTEX 2024: Asus Pamerkan Hardware PC Terbaru dan yang Akan Datang

Berbagai produk terbaru dari Asus telah dipamerkan di COMPUTEX 2024.

Agung Pratnyawan

Posted: Rabu, 12 Juni 2024 | 11:03 WIB
Asus ROG Z22. [Asus]

Asus ROG Z22. [Asus]

Hitekno.com - Melalui gelaran COMPUTEX 2024, Asus mengumumkan berbagai konsep dan inovasi terbaru yang dihadirkan untuk pasar hardware PC. Termasuk PC AI, prototipe AMD dan Intel, hingga pendingin CPU terkini.

Hardware PC AI

Dengan semua aplikasi dan fitur inovatif bertenaga AI yang tersedia saat ini, para enthusiast PC di seluruh dunia masih saja mencari hardware yang dapat menjalankan tool AI di PC AI secara lokal, sebagai alternatif dari mekanisme langganan berbasis cloud.

Baca Juga: COMPUTEX 2024: ASUS Kenalkan Server dan Penyimpanan Data untuk HPC dan AI

Di COMPUTEX 2024, Asus memperlihatkan hardware PC yang dapat digunakan untuk menjelajahi masa depan revolusiner ini. PC AI adalah jawaban atas platform untuk fitur AI canggih tersebut yang secara bersamaan merevolusi cara merakit, menyesuaikan, dan menggunakan perangkat sejenis.

Saat ini, pengguna dapat merakit sebuah PC AI. Dalam tiga generasi kartu grafis sebelumnya, NVIDIA telah menghadirkan kemampuan AI dengan menciptakan tensor core khusus. Di GPU GeForce RTX 40 series terbaru, Asus juga menghadirkan hardware untuk akselerasi AI.

Beberapa produk dengan GPU Geforce RTX 40 series tersebut misalnya Asus Dual GeForce RTX 4060 yang terjangkau hingga ROG Strix GeForce RTX 4090 yang terbaik. Di sisi AMD, Asus juga mengeluarkan kartu grafis Radeon RX 6000 series atau 7000 seri yang siap digunakan untuk AI.

Baca Juga: COMPUTEX 2024: MediaTek Bergabung dengan Arm Total Design,

Asus telah menciptakan fondasi untuk membuat PC AI dengan merilis beragam motherboard generasi terbaru. Motherboard Asus Z790 meningkatkan pengalaman pengguna dengan kontrol cerdas yang akan merespon data pemantauan secara real-time untuk memastikan pengguna mendapatkan hasil maksimal dari PC AI mereka setiap saat.

Di sisi lain, motherboard ROG Maximus Z790 Dark Hero dibekali berbagai fitur seperti AI Overclocking, DIMM Flex, AI Networking, AI Cooling II, dan Two-Way AI Noise Cancelation untuk menghadirkan performa yang optimal, pendinginan kuat sekaligus senyap, serta komunikasi yang sangat jernih tetapi dengan pengaturan yang minimal.

Asus juga membekali beberapa motherborboard dengan dukungan DDR5 dan PCIe 5.0 untuk memastikan pengguna dapat meningkatkan performa PC AI mereka dengan memori, drive penyimpanan, dan kartu grafis tercepat yang tersedia saat ini serta di masa depan.

Baca Juga: COMPUTEX 2024: MediaTek Rilis Chipset Chromebook, Smart TV dan Layar dengan Kemampuan Pemrosesan AI

DIY PC AI 

Saat ini, hardware PC canggih dapat memberikan pengalaman yang memuaskan melalui aplikasi berbasis AI. Selama COMPUTEX 2024, Asus memperlihatkan versi demo dari Asus AI BuildNavigator, sebuah tool berbasis AI untuk memandu proses perakitan

Dengan antarmuka yang mudah, proses perakitan akan dimulai dengan memilih komponen yang pengguna sukai. Pengguna dapat menggunakan bahasa masing-masing untuk meminta bantuan saat memilih komponen atau mencari alternatif komponen.

Baca Juga: Kehadiran Kartu Grafis Asus TUF Gaming dan ASUS Dual AMD Radeon RX 7900 GRE Resmi Diumumkan

Nantinya, Asus AI BuildNavigator akan memberikan saran berdasarkan parameter yang diberikan pengguna. Sepanjang proses ini, Asus AI BuildNavigator akan memeriksa kompatibilitas komponen-komponen ini secara otomatis. Selanjutnya, Asus AI BuildNavigator memberikan masukan jika motherboard pengguna tidak cocok dengan chassis yang dipilih, misalnya. 

Ketika saatnya merakit, Asus AI BuildNavigator akan memandu pengguna dengan menampilkan informasi penting dari dokumen yang relevan, sehingga pengguna tidak perlu membuka buku manual.

Motherboard Asus Berikutnya

Motherboard Asus Next-Gen ROG Maximus Hero BTF. [Asus]
Motherboard Asus Next-Gen ROG Maximus Hero BTF. [Asus]

Di COMPUTEX 2024, Asus memamerkan motherboard BTF ROG Maximus Hero BTF generasi terbaru. Motherboard yang akan kompatibel dengan prosesor Intel generasi terbaru seperti lini Arrow Lake ini akan tersedia di paruh kedua tahun 2024.

Sebagai motherboard BTF, semua konektornya tersembunyi di bagian belakang board untuk memastikan kabel dan kawat tidak terlihat. Motherboard ini dibekali slot kartu grafis berdaya tinggi sehingga pengguna dapat memasang kartu grafis BTF seperti ROG Strix GeForce RTX 4090 BTF.

Motherboard ini juga memiliki fitur Asus terbaru seperti PCIe Slot Q-Release Slim untuk menyederhanakan proses pembuatan PC. Dengan mekanisme ini, pengguna tidak perlu melepaskan kait yang susah dijangkau atau menekan tombol untuk melepaskan kartu grafis dari slot.

Pengguna hanya perlu memiringkan kartu ke arah mekanisme penguncian untuk melepaskannya dari slot PCIe secara otomatis. Metode ini membuat proaea peningkatan dan perawatan kartu grafis menjadi lebih mudah dibandingkan sebelumnya.

Asus juga memperlihatkan next-gen motherboard X870 yang siap digunakan bersama prosesor desktop AMD Ryzen generasi terbaru. Seperti ekspektasi terhadap motherboard Asus kelas atas lainnya, motherboard ini siap untuk overclocking CPU dan memori secara langsung.

Asus juga berencana menyediakan dukungan multi-GPU karena revolusi pada PC AI menyuguhkan peningkatkan performa beberapa kartu grafis sekaligus melalui aplikasi baru berbasis AI. Lebih dari itu, Asus juga akan memaksimalkan motherboard ini dengan konektivitas ultra cepat.

Pengguna akan disuguhkan dengan dukungan PCIe 5.0 x16, port Ethernet 2,5 Gbps, berbagai slot M.2 berkecepatan tinggi, dan dukungan USB4 . Selain itu, pengguna juga akan menemukan port USB Type-C dengan bandwidth tinggi di real I/O panel serta header Type-C pada front panel.

Asus juga sangat senang dapat memperlihatkan compression attached memory module generasi ke dua (CAMM2) hasil kerja sama dengan Kingston ology dan G.Skill. Kedua mitra tersebut memiliki teknologi manufaktur dan pengujian khusus yang dapat menghasilkan produksi dalam jumlah besar dari produk ini. Oleh karena itu, Asus sangat bangga dapat mendukung DDR5 CAMM2 meraka. 

Berbagai analis telah menunjukkan potensi keunggulan CAMM2 bagi laptop, tetapi modul memori ini juga dapat digunakan pada PC desktop. Pertama, modul ini lebih tipis, sehingga dapat menghemat ruang motherboard untuk komponen lain.

Kedua, modul CAMM2 dapat memberikan performa dual-channel yang setara dengan dua DIMM tetapi dalam satu modul. Untuk motherboard small form factor (SFF), hal tersebut dapat menghemat ruang tetapi tidak mengorbankan performa. Terakhir, Asus terkesan dengan kapasitas CAMM2 yang begitu tinggi dibandingkan dengan SO-DIMM.

Dengan chip DRAM 32 Gb generasi terbaru, CAMM2 dapat memiliki kapasitas maksimum sebesar 128 GB per modul. Kini, Asus sedang mengerjakan konsep motherboard ROG Z790 yang dapat mendukung CAMM2 dengan performa stabil hingga 8000 MHz.

Opsi Baru Menjaga Prosesor Tetap Dingin 

Asus ProArt LC 360. [Asus]
Asus ProArt LC 360. [Asus]

Prosesor kelas atas yang tersedia saat ini membutuhkan daya yang cukup besar untuk menyuguhkan performa yang memukau kepada para enthusiast. Para pengguna ini membutuhkan pendinginan yang mumpuni untuk PC mereka.

Cara termudah untuk mendapatkan pendinginan yang mumpuni adalah dengan pendingin CPU cair AIO. Selama COMPUTEX 2024, Asus meluncurkan pendingin AIO terbaru dari lini ProArt dan ROG Strix, Prime LC series terbaru, dan cold plate Asetek terbaru.

Di musim gugur lalu, Asus meluncurkan pendingin AIO ProArt LC pertama: ProArt LC 420. Sekarang, Asus menambahkan pendingin ProArt terbaru dengan radiator 360 mm yang lebih populer. ProArt LC 360 dirancang khusus untuk para kreator konten dengan tampilan yang elegan dan kemampuan pendinginan yang kuat.

Seperti model yang lebih besar, pendingin ini memiliki pump housing dengan indikator pencahayaan minimalis yang menunjukkan beban sistem, temperatur, dan kecepatan kipas secara real time. Motor tiga fasa yang canggih memberikan kemampuan pendinginan yang sangat baik sekaligus pengoperasian yang lebih senyap.

Tiga kipas Alphacool Apex Stealth Metal Power berwarna hitam matte menawarkan performa tinggi hingga 3000 RPM, tingkat kebisingan yang rendah, dan kemampuan pemasangan daisy-chain untuk proses perakitan yang mudah.

Pendingin CPU cair ROG Strix LC III ARGB dan ROG Strix LC III ARGB LCD AIO menaikkan levelnya dengan menghadirkan cold plate terbaru serta pompa Gen7 V2 yang ditenagai motor tangguh untuk menghasilkan performa pendinginan terbaik. Kipas ROG ARGB premium menghadirkan aliran udara yang tinggi, akustik yang optimal, dan teknologi 0dB. 

Pengguna dapat memilih salah satu dari dua pilihan tampilan pendingin AIO ini. Model LCD ROG Strix LC III ARGB memiliki pump housing dengan layar yang dapat disesuaikan melalui aplikasi Armoury crate. Layar tersebut dapat menampilkan informasi tentang suhu, kecepatan kipas, voltase, dan sebagainya.

Di sisi lain, pendingin ROG Strix LC III ARGB memiliki pump housing dengan logo ROG yang menyala di bagian atasnya. Penutup logo tersebut terpasang secara magnetis sehingga pengguna dapat memutar dengan mudah agar dapat mengarahkan logo sesuai dengan keinginan masing-masing.

Asus Prime LC series dirancang untuk memberikan tampilan yang serasi pada beragam produk motherboard, case PC, dan kartu grafis Prime. Prime LC 360 ARGB menawarkan kinerja pembuangan panas yang kuat dengan cold plate khusus dan kipas RGB berkinerja tinggi yang sudah terpasang untuk menyederhanakan proses perakitan. Lensa bergaya cermin pada pump housing dapat diubah-ubah untuk memberikan gaya yang menarik.

Di sisi lain, LCD Prime LC 360 ARGB dibekali layar yang menunjukkan pemantauan CPU dan kartu grafis secara real-time. Selain itu, radiatornya dilengkapi dengan kipas daisy-chainable berkinerja tinggi yang memberikan tekanan dan aliran udara yang sangat baik.

Terakhir dan tidak kalah penting, Asus sangat antusias saat mendemonstrasikan inovasi pendingin terbaru dan menarik di COMPUTEX 2024. Asetek belum lama ini mengembangkan cold plate terbaru yang melampaui model unggulan yang tersedia saat ini. Coldpate tersebut telah dipamerkan secara eksklusif di stan Asus.

Apa yang Bisa Dilakukan BTF di COMPUTEX 2024

Asus FF04 MOD. [Asus]
Asus FF04 MOD. [Asus]

Ekosistem komponen PC BTF membuka berbagai kesempatan baru yang menarik kepada pengguna dalam merakit PC berikutnya. BTF merupakan singkatan dari Back-To-the-Future; sebuah desain konektor tersembunyi yang merepresentasikan perubahan paradigma dalam perakitan PC. Di stan ROG, Asus memamerkan dua konsep baru yang dirancang menggunakan fondasi BTF.

Pertama adalah chassis ROG Z22 ITX. Case dengan konsep unik ini sepenuhnya mengadopsi tampilan ROG Strix GeForce RTX 4090 BTF. Tidak hanya menyuguhkan tampilan rapi sekaligus kemudahan penggantian kartu grafis, Case ini juga didesain dengan kartu grafis dan komponen terpisah yang akan meningkatkan pendinginan. Dengan desain triple-chamber, desain open-frame, dan stand miring, ROG Z22 menawarkan pendinginan yang sangat kuat.

Kedua adalah FF04 Pro MOD, sebuah PC desktop yang dirancang khusus oleh case modder Xikii. Karena kartu grafis BTF tidak memerlukan koneksi terpisah ke power supply, Xikii dapat dapat memasangkan kartu grafis untuk PC ini dengan cara yang berbeda untuk menghasilkan sistem yang ramping.

Meskipun memiliki volume 13 liter yang ringkas, PC ini tetap menghadirkan performa yang kuat. FF04 Pro MOD dibekali CPU dan kartu grafis berkinerja tinggi. Di samping itu, perangkat pendingin cair eksternal berukuran 4,8 liter membuat semuanya beroperasi dengan performa memuaskan.

Pada perangkat modular ini, radiator 240 mm, pompa air DDC, dan modul flow control beroperasi dengan mulus untuk menghadirkan pembuangan panas yang sangat baik sekaligus pengoperasian yang senyap.

Asus juga sedang mengerjakan konsep pendingin AIO terbaru yang akan memiliki tampilan yang padu dengan PC BTF. Dengan kabel dan konektor PC yang tidak terlihat, pengguna bisa saja mencari desain pendingin CPU cair AIO yang memiliki tampilan pipa yang minimalis.

Modder PC JCustom sebelumnya telah berhasil menggunakan water block CPU Stealth Tubing untuk menyembunyikan pipa pendinginnya. Namun, ada solusi yang lebih praktis untuk pengguna yang lebih luas, yaitu pendingin CPU cair AIO dengan pipa pendek yang langsung menghubungkan pump housing ke radiator di bagian atas.

Di COMPUTEX 2024, Asus telah menyusun sebuah model konsep pendingin CPU cair AIO dengan pipa yang lebih pendek untuk menghadirkan tampilan yang rapi, proses perakitan yang sederhana, dan gaya yang selaras dengan komponen BTF dan rakitan standar.

Asus juga membekali pump housing dengan layar fleksibel berukuran 6,67 inci yang dapat disesuaikan. Terahir, Asus melengkapi radiator dengan kipas ROG daisy-chainable untuk memberikan kinerja aliran udara yang luar biasa dengan manajemen kabel yang mudah.

Rakit PC Lebih Mudah dengan Formfactor Kecil

Asus PRIME RTX4070S. [Asus]
Asus PRIME RTX4070S. [Asus]

Saat ini, banyak perakit menyukai pengalaman merakit PC tangguh dalam chassis SFF yang sangat ringkas. Panduan ukuran dari NVIDIA bernama SFF-Ready Enthusiast GeForce Cards and Compatible Cases mempermudah pemilihan komponen yang sudah kompatibel untuk rakitan SFF. Case dan kartu grafis yang sesuai dengan pedoman SFF-Ready tersebut pasti kompatibel dan menghadirkan pengalaman membangun yang efisien.

Asus menawarkan berbagai macam kartu grafis GeForce RTX 40 Series yang sesuai dengan pedoman SFF-Ready. Beberapa kartu grafis GeForce Enthusiast yang telah SFF-Ready adalah ProArt GeForce RTX 4070, ProArt GeForce RTX 4070 SUPER, ProArt GeForce RTX 4070 Ti SUPER, ProArt GeForce RTX 4080 SUPER, Prime GeForce RTX 4070, dan Prime GeForce RTX 4070 SUPER. Selain menawarkan kinerja yang mumpuni, kartu grafis tersebut juga akan mempertahankan temperatur dan kebisingan kipas tetap rendah.

Di COMPUTEX 2024, Asus memamerkan dua rakitan SFF. Satu berpusat pada kartu grafis Prime GeForce RTX 4070 SUPER yang terpasang di dalam case Asus Prime AP201 Tempered Glass dan satu rakitan lainnya dirancang untuk memaksimalkan motherboard ProArt GeForce RTX 4080 SUPER dalam rakitan Mini-ITX.

Di sisi lain, case ProArt yang dibuat oleh modder casing Xikii bernama FF04 berhasil memadukan performa dan gaya ProArt GeForce RTX 4080 SUPER dengan chassis ramping berukuran 9,8 liter. Desain case tersebut menghasilkan aliran udara khusus ke CPU dan kartu grafis secara pintar untuk memberikan performa pendinginan yang optimal.

Selain itu, proses instalasi kreatif bernama fusion-style menyederhanakan perakitan dan manajemen kabel melalui penggunaan metode sambungan purus dan lubang (mortise and tenon), rel geser (sliding rail), dan magnetik untuk menghasilkan tampilan mulus tanpa baut.

Berita Terkait
Berita Terkini

Samsung menyebutkan kalau penerimanaan yang baik ini dari pengguna non-Samsung maupun pengguna Samsung Galaxy....

gadget | 13:52 WIB

Cek berapa harga POCO Pad ini....

gadget | 11:17 WIB

Dengan harga terjangkau, cek apa yang ditawarkan POCO F6 dan POCO M6....

gadget | 11:08 WIB

Harga POCO Pad di Indonesia cenderung murah meriah....

gadget | 18:35 WIB

POCO memperkenalkan flagship terbarunya, yakni POCO F6 dan HP stylish dengan value terbaik POCO M6....

gadget | 18:25 WIB