COMPUTEX 2024: MediaTek Rilis Chipset Chromebook, Smart TV dan Layar dengan Kemampuan Pemrosesan AI

MediaTek memamerkan deretan teknologi baru yang disiapkan untuk Chromebook dan smart TV di COMPUTEX 2024.

Agung Pratnyawan
Selasa, 04 Juni 2024 | 10:24 WIB
Chromebook. [MediaTek]

Chromebook. [MediaTek]

Hitekno.com - Dalam gelaran COMPUTEX 2024MediaTek akan mengenalkan produk-produk baru dan teknologi yang menonjolkan kemampuan pemrosesan AI. Yakni chipset MediaTek yang dihadirkan ke perangkat smart TV, Chromebook, IoT dan banyak lainnya.

Selain itu, Wakil Ketua dan CEO MediaTek Dr. Rick Tsai juga akan menyampaikan bagaimana MediaTek mulai fokus mengoptimalkan teknologi AI yang tersebar luas.

Pada pertunjukan tahun ini, MediaTek akan meluncurkan dua chipset baru yang lebih kuat, termasuk dukungan penyempurnaan AI terkini di berbagai sektor, antara lain SoC Kompanio 838 untuk Chromebook premium dan SoC Pentonic 800 untuk smart TV dan layar premium 4K.

Baca Juga: MediaTek Dimensity 7300 Dorong Performa AI dan Mobile Gaming di Smartphone dan HP Lipat

Rencananya, Wakil Ketua dan CEO MediaTek Dr. Rick Tsai akan menyampaikan pidato utama di COMPUTEX 2024 terkait bagaimana teknologi AI akan terus mentransformasi mobilitas, transportasi, rumah pintar, perusahaan, dan lingkungan industri.

Dr. Tsai akan menyampaikan pidato utamanya pada hari Selasa, 4 Juni pukul 13:30 waktu Taiwan di Taipei Nangang Exhibition Center Hall 2 di Taipei, Taiwan.

Pada COMPUTEX tahun ini, kami menonjolkan kekuatan kami yang semakin berkembang pada produk menarik, seperti AI, otomotif, IoT, TV, Chromebook, konektivitas nirkabel, dan banyak lainnya,” kata Joe Chen, Presiden dan COO MediaTek.

Baca Juga: Deretan Fitur Andalan MediaTek Dimensity 6300, Performa hingga Kamera

Dengan peningkatan pengalaman pengguna pada chipset terbaru kami, ini kesempatan baik untuk menunjukkan pertumbuhan kami di segmen teknologi penting ini.” lanutnya.

MediaTek Kompanio 838: Memperkuat produktivitas, pembelajaran, dan kreativitas

MediaTek Kompanio 838 octa-core menawarkan performa luar biasa dan kemampuan multitasking ke dalam SoC yang didesain untuk memungkinkan masa pakai baterai bertahan sepanjang hari pada Chromebook yang tipis dan ringan.

Baca Juga: MediaTekDimensity 9300+ Resmi Dikenalkan, Tawarkan Peningkatan Performa Pemrosesan AI Generatif

Chipset baru ini mendukung DDR4 dan LPDDR4X untuk memenuhi persyaratan OEM yang lebih luas, dan menggandakan bandwidth memori dibandingkan generasi sebelumnya sehingga menyediakan throughput data yang jauh lebih besar.

Untuk mendukung peningkatan AI terbaru, MediaTek Kompanio 838 mengaktifkan prosesor AI khusus, MediaTek NPU 650, untuk menyediakan fitur multimedia lebih interaktif dan berkualitas lebih tinggi serta hemat daya yang tak tertandingi.

APU MediaTek juga dirancang untuk pemrosesan data gambar lebih bagus dan mampu mengeksekusi komputasi kompleks dengan cepat.

Baca Juga: POCO X6 Pro 5G Ditenagai MediaTek Dimensity 8300 Ultra, Apa Kelebihannya?

MediaTek Imagiq 7 series ISP generasi berikutnya juga dirancang guna menciptakan kualitas gambar HDR profesional, dukungan kamera ganda, dan pengambilan cahaya redup, sehingga kualitas foto dan video semakin bagus.

Di sisi lain, dengan decoding video AV1 perangkat keras, Kompanio 838 memungkinkan pengguna melakukan streaming konten 4K secara mulus, sekaligus meningkatkan kualitas gambar.

Selain itu, chipset ini mendukung hingga dua layar 4K secara bersamaan untuk memberi pengguna lebih banyak tampilan riil. Kompanio 838 juga mendukung teknologi MediaTek Filogic Wi-Fi 6 dan 6E untuk opsi konektivitas dual-band dan tri-band ke Chromebook dengan kecepatan hingga 1,9Gbps, sekaligus menyediakan konektivitas lebih andal berkat antena 2x2 dan keamanan yang ditingkatkan dengan WPA3 mendukung.

Keseimbangan antara kekuatan dan efisiensi yang dihadirkan Kompanio 838 pada Chromebook adalah poin penting dalam inovasi dalam portofolio kami, seiring upaya kami menghadirkan komputasi yang kuat, terjangkau, dan mudah diakses oleh lebih banyak pengguna di seluruh dunia,” kata John Solomon, VP dan GM , ChromeOS, dan Google untuk Pendidikan.

Bersama-sama, kami menghadirkan Chromebook tipis dan ringan dengan fitur AI yang bermanfaat bagi lebih banyak pelanggan.” imbuhnya.

Kebutuhan akan perangkat hemat daya yang mampu multitasking terus meningkat. Kami berkomitmen untuk memberdayakan para siswa dan guru dengan perangkat dan solusi teknologi yang meningkatkan pembelajaran di kelas dan di luar kelas,” kata Benny Zhang, Direktur Eksekutif dan General Manager Chromebook di Grup Pusat Inovasi Global dan Perangkat Cerdas Lenovo.

Lenovo dan MediaTek memiliki kemitraan jangka panjang yang berfokus memberikan kinerja dan nilai, dan kami berharap dapat menghadirkan chip seri Kompanio ke Chromebook Lenovo kami yang akan datang.” imbuhnya.

MediaTek Pentonic 800: Mesin AI Kuat dengan Gambar Berkualitas Terdepan di Industri

Adapun MediaTek Pentonic 800 menghadirkan pengalaman video, audio, dan cloud gaming terbaik di kelasnya. SoC ini ideal untuk berbagai layar 4K, seperti smart TV, monitor pintar, layar komersial, dan layar besar yang tertanam.

Dibandingkan dengan chip generasi sebelumnya, prosesor AI MediaTek ini menawarkan pemrosesan AI 50 persen lebih cepat dan mengurangi pemakaian bandwidth hingga 60 persen.

APU yang kuat ini mendukung beragam teknologi tampilan yang didukung AI MediaTek, seperti AI-Super Resolution 3.0, AI-Contrast 2.0, AI-Picture Quality Scene Recognition 2.0+, dan AI-Picture Quality Object Recognition 2.5+.

Teknologi-teknologi ini secara signifikan telah mengalami peningkatan, seperti peningkatan kualitas gambar, dan menghilangkan noise, serta banyak penyempurnaan lainnya untuk streaming dan bermain game. Untuk lebih mengoptimalkan gaming, Pentonic 800 mendukung variabel refresh rate (VRR) hingga 4K2K 165Hz.

Selain itu, mesin decoding video perangkat keras Pentonic 800 mendukung key codec populer seperti HEVC, AV1, AVS3 High Profile, dan VVC (H.266) untuk pemutaran video 4K berkualitas tinggi.

Chip ini juga mendukung MEMC, TCON, dan audio resolusi tinggi. Oleh karenanya, para OEM produsen memiliki fleksibilitas untuk menambahkan solusi konektivitas Wi-Fi Filogic MediaTek untuk menyediakan konektivitas berkecepatan tinggi andal dengan latensi rendah.

Selain itu, solusi kombo Filogic Wi-Fi/Bluetooth dari MediaTek memberikan konektivitas tanpa batas antara layar dan periferal, seperti pengontrol game dan headset nirkabel.

Selama Computex, MediaTek akan mengadakan pameran di stan pribadi, menunjukkan bagaimana perusahaan menghadirkan kecerdasan di mana saja mulai dari dari Chromebook hingga perangkat IoT, ponsel cerdas, smart TV, router, tablet, kendaraan, dan lainnya.

Berita Terkait
TERKINI

Di COMPUTEX 2024, Asus memperlihatkan keahliannya di bidang server, penyimpanan, dan arsitektur data center....

gadget | 09:34 WIB

Vivo X Fold3 Pro, smartphone lipat yang dinanti-nanti kehadirannya....

gadget | 10:41 WIB

Dell AI Factorydengan NVIDIA mengintegrasikan portofolio AI terdepan Dell denganplatformperangkat lunakNVIDIA AI Enterpr...

gadget | 10:28 WIB

Dukungan MediaTek untuk NVIDIA TAO akan menciptakan sebuah pengalaman mulus bagi para pengembang....

gadget | 10:09 WIB

Berikut ini jajaran monitor baru yang diluncurkan Samsung untuk 2024....

gadget | 10:31 WIB

Bergabung dengan Arm Total Design, MediaTek ingin mendorong pembentukan masa depan komputasi AI....

gadget | 10:21 WIB

Apa saya yang turun harga, cek daftar harga produk Xiaomi Indonesia untuk Juni 2024 ini....

gadget | 10:46 WIB

Cek seperti apa Realme GT 6 yang diklaim sebagai flagship killer ini....

gadget | 10:34 WIB

Vivo Y28 diklaim cocok dalam menunjang berbagai aktivitas mahasiswa dalam perkuliahan....

gadget | 10:12 WIB

Selama update Honkai Impact 3 v7.5, 10 pembukaan pertama Battlesuit Crate Lantern didiskon 50%....

gadget | 10:00 WIB

Melanjutkan kesuksesan HP Xiaomi Indonesia sebelumnya, kini Redmi 13 hadir dengan inovasi terbaru yaitu kamera beresolus...

gadget | 10:25 WIB

MediaTek Dimensity 7300 dan MediaTek Dimensity 7300X, dua chipset baru yang memberikan dorongan performa AI dan mobile g...

gadget | 10:15 WIB

Berbekal kesuksesan Realme GT Series sebelumnya, seri flagship killer dari Realme ini diklaim akan kembali menghadirkan ...

gadget | 10:40 WIB

Samsung menghadirkan Galaxy AI di perangkat smartwatch Galaxy Watch, meningkatkan fitur kesehatan yang dirasakan penggun...

gadget | 10:31 WIB

Samsung bersama RRQ menggelar program RRQ MABAR School Roadshow....

gadget | 10:08 WIB

HDD Portable WD My Passport,WD_BLACK P10 Game Drive, danSanDisk Professional G-DRIVE ArmorATD dari Western Digital kini ...

gadget | 10:33 WIB

Yakni kamera mirrorlessFujifilm X-T50 dan Fujifilm GFX100S II, juga lensa Fujinon XF16-50mmF2.8-4.8 R LM WR, dan Fujinon...

gadget | 09:51 WIB

Cek apa saja yang ditawarkan Huawei Watch Fit 3....

gadget | 11:03 WIB
Tampilkan lebih banyak