7 Tips Membuat Kreasi Foto Cerita ala Leica dengan Xiaomi 13T

Beawiharta, salah satu "The Masterminds" dibalik Xiaomi 13T membagikan tujuh hal yang bisa membantu dalam membuat kreasi foto cerita.

Agung Pratnyawan
Selasa, 24 Oktober 2023 | 10:04 WIB
Beawiharta, salah satu 'the masterminds' dibalik Xiaomi 13T yang juga dikenal sebagai visual storyteller. (Xiaomi Indonesia)

Beawiharta, salah satu 'the masterminds' dibalik Xiaomi 13T yang juga dikenal sebagai visual storyteller. (Xiaomi Indonesia)

Hitekno.com - Bagaimana membuat kreasi foto yang bercerita? Fotografi sendiri bukan sekadar mengambil gambar yang bagus dan menarik, tetapi juga merekam memori, cerita, rasa yang secara visual disajikan untuk khalayak luas.

Foto juga menjadi medium berkomunikasi yang kuat, yang mampu menciptakan suatu narasi mendalam dari sebuah peristiwa. Karena itu kreasi foto cerita menjadi salah satu daya tarik fotografi.

Beawiharta, salah satu "The Masterminds" dibalik Xiaomi 13T dan seorang visual storyteller, mengatakan, “Mengambil foto adalah salah satu cara saya untuk bercerita. Ada banyak kisah unik di bagian manapun di atas bumi ini yang bisa dibagikan melalui karya foto. Memotret bisa untuk bersenang-senang, menciptakan karya seni, atau untuk berkomunikasi. Cerita beragam dan unik itulah yang membuat saya terus berjalan, menenteng kamera apapun bentuknya dan kini hadir dalam bentuk wujud sebuah smartphone, yaitu Xiaomi 13T dengan lensa otentik Leica."

Baca Juga: Xiaomi HyperOS: Antarmuka Baru yang Akan Menggantikan MIUI

"Xiaomi 13T berlensa Leica mempunyai warna dengan tone warna khas Leica yang legendaris menjadikannya menyenangkan untuk dibawa kemana-mana. Ketimbang smartphone, saya lebih suka menganggapnya sebagai kamera yang ringkas dan ringan, sehingga mudah dipakai ber-eksperimen, dan menghasilkan warna yang spesial, membuat setiap perjalanan selalu menghasilkan experience fotografi yang menyenangkan,” tambah Bea.

Xiaomi Indonesia mengklaim smartphone barunya ini dapat menghadirkan pengalaman fotografi level profesional berkat konfigurasi tiga kamera yang terdiri dari kamera utama berlensa Leica Summicron wide-angle 50MP setara lensa kamera dengan focal length 24mm, lensa telefoto 50mm yang juga beresolusi 50MP, serta kamera ultra-wide 15mm dengan resolusi 12MP.

Untuk menambah karakternya yang unik, Xiaomi 13T membawa karakter warna Leica yaitu Leica Authentic dan Leica Vibrant, untuk menghasilkan foto dengan warna estetik khas Leica.

Baca Juga: Rilis di Indonesia, Harga Xiaomi 13T cuma Rp 6.499.000

Smartphone baru Xiaomi Indonesia ini juga dilengkapi dengan enam filter Leica, termasuk Leica Sepia dan Leica Blue terbaru yang diadaptasi dari kamera profesional Leica M-Type 240.

Untuk mendukung pengguna mengoptimalkan lensa smartphone mereka untuk membuat foto yang memiliki strong storytelling, Beawiharta menyampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan supaya menghasilkan visual dan narasi yang kuat.

Percaya diri kalau kamera smartphone bisa dikulik

Baca Juga: Xiaomi Hadirkan Redmi Pad SE, Seperti Apa Spesifikasi dan Harganya

Sekarang ini, semua orang bisa menjadi fotografer. Namun, bagaimana kita membuat foto kita berbeda dengan fotografer lainnya? Yang harus dipikirkan sebelumnya dan proses yang paling menarik adalah proses kreatif dibalik pembuatan sebuah karya foto.

Pikirkan kita ingin memotret apa dan bercerita tentang apa dari foto kita, dan tentunya bagaimana kamera smartphone ini bisa dikulik dan dieksplorasi lebih jauh.

Kuasai teknis dan pilih warna yang menginspirasi

Baca Juga: Xiaomi Rilis Redmi 12, HP Murah Memori Besar Mulai dari Rp 1.999.000

Xiaomi 13T menawarkan beragam pilihan warna Leica yang mengesankan, termasuk Leica Authentic, Leica Vibrant, atau juga opsi hitam-putih (BW).

Kreativitas pengguna memegang peran sentral di sini. Penting untuk menguasai aspek teknis fotografi, sambil memilih warna yang sesuai dengan suasana hati yang ingin diungkapkan. Tonal Leica pada Xiaomi 13T membawa dimensi dan karakteristik unik ke dalam setiap foto.

Pilih lensa yang sesuai kegunaan

Xiaomi 13T hadir dengan beragam pilihan lensa, termasuk wide 15mm, 24mm, dan 50mm untuk potret. Setiap lensa memiliki kegunaan dan karakteristik unik. Jadi, ketika ingin mengambil foto landscape yang luas dan memukau atau merakam detail yang halus dengan sempurna, pastikan untuk memilih lensa yang cocok dengan visi yang dimiliki.

Bisa gunakan fitur Auto dengan kompensasi pencahayaan

Untuk fokus sepenuhnya pada momen tanpa khawatir tentang pengaturan teknis, kamu bisa memilih mode Auto pada Xiaomi 13T sebagai solusi cepat. Perangkat ini juga sudah memiliki kompensasi pencahayaan yang cukup baik, sehingga menghasilkan warna-warna yang cukup natural.

Menangkap keceriaan dalam garis vertikal

Menggunakan lensa wide membutuhkan perhatian ekstra terhadap garis vertikal. Optimalkan fitur garis panduan sehingga memudahkan kita dalam menjaga garis vertikal tetap lurus, sehingga setiap menghasilkan komposisi foto yang menarik.

Eksplorasi dengan mode Pro

Jangan takut untuk mengulik kamera smartphone kita. Pilihan mode Pro pada kamera Xiaomi 13T membuka beragam peluang kreatif. Dengan mode Pro, kita bisa mengoptimalkan fungsi dan fitur kamera sesuai dengan mood visual yang ingin kita bangun.

Disinilah ruangan kita untuk merubah setiap momen menjadi karya yang lebih dari sekadar foto.

Berikan sentuhan akhir dengan penyuntingan warna

Jadikan karya visual kamu jadi lebih bercerita dan hidup dengan sentuhan akhir: penyuntingan warna. Disini kita memegang kendali penuh dalam mengedit warna sesuai dengan keinginan kita yaitu karya foto seperti apa yang ingin kita tampilkan dan persepsi apa yang ingin kita bangun melalui karya ini.

Untuk menunjang pengalaman pengguna, Xiaomi 13T ditenagai oleh dapur pacu MediaTek Dimensity 8200-Ultra. Prosesor ini hasil kolaborasi eksklusif antara Xiaomi dan Mediatek untuk Xiaomi 13T.

Kinerja prosesor sudah disesuaikan dengan kebutuhan Xiaomi, mulai dari tingkat akurasi warna, hasil gambar, video, serta performa chipset tersebut agar bisa berjalan optimal di perangkat Xiaomi, terutama Xiaomi 13T.

MediaTek Dimensity 8200-Ultra didesain untuk efisiensi daya luar biasa menggunakan proses TSMC 4nm terbaru yang memungkinkan
peningkatan kinerja CPU dan GPU.

Pembuangan panas pada Xiaomi 13T juga telah ditingkatkan dengan sistem pendingin tahan karat vapor chamber (VC) berukuran 5000 mm2, memastikan performa stabil dan tetap nyaman digunakan dalam jangka panjang.

Berita Terkait
TERKINI

Siklus Data AI sendiri yakni framework enam tahap yang dapat mendefinisikan gabungan kapasitas beban kerja AI berskala b...

gadget | 10:40 WIB

Di COMPUTEX 2024, Asus memperlihatkan keahliannya di bidang server, penyimpanan, dan arsitektur data center....

gadget | 09:34 WIB

Vivo X Fold3 Pro, smartphone lipat yang dinanti-nanti kehadirannya....

gadget | 10:41 WIB

Dell AI Factorydengan NVIDIA mengintegrasikan portofolio AI terdepan Dell denganplatformperangkat lunakNVIDIA AI Enterpr...

gadget | 10:28 WIB

Dukungan MediaTek untuk NVIDIA TAO akan menciptakan sebuah pengalaman mulus bagi para pengembang....

gadget | 10:09 WIB

Berikut ini jajaran monitor baru yang diluncurkan Samsung untuk 2024....

gadget | 10:31 WIB

Bergabung dengan Arm Total Design, MediaTek ingin mendorong pembentukan masa depan komputasi AI....

gadget | 10:21 WIB

MediaTek memamerkan deretan teknologi baru yang disiapkan untuk Chromebook dan smart TV di COMPUTEX 2024....

gadget | 10:24 WIB

Apa saya yang turun harga, cek daftar harga produk Xiaomi Indonesia untuk Juni 2024 ini....

gadget | 10:46 WIB

Cek seperti apa Realme GT 6 yang diklaim sebagai flagship killer ini....

gadget | 10:34 WIB

Vivo Y28 diklaim cocok dalam menunjang berbagai aktivitas mahasiswa dalam perkuliahan....

gadget | 10:12 WIB

Selama update Honkai Impact 3 v7.5, 10 pembukaan pertama Battlesuit Crate Lantern didiskon 50%....

gadget | 10:00 WIB

Melanjutkan kesuksesan HP Xiaomi Indonesia sebelumnya, kini Redmi 13 hadir dengan inovasi terbaru yaitu kamera beresolus...

gadget | 10:25 WIB

MediaTek Dimensity 7300 dan MediaTek Dimensity 7300X, dua chipset baru yang memberikan dorongan performa AI dan mobile g...

gadget | 10:15 WIB

Berbekal kesuksesan Realme GT Series sebelumnya, seri flagship killer dari Realme ini diklaim akan kembali menghadirkan ...

gadget | 10:40 WIB

Samsung menghadirkan Galaxy AI di perangkat smartwatch Galaxy Watch, meningkatkan fitur kesehatan yang dirasakan penggun...

gadget | 10:31 WIB

Samsung bersama RRQ menggelar program RRQ MABAR School Roadshow....

gadget | 10:08 WIB

HDD Portable WD My Passport,WD_BLACK P10 Game Drive, danSanDisk Professional G-DRIVE ArmorATD dari Western Digital kini ...

gadget | 10:33 WIB
Tampilkan lebih banyak