Microsoft akan Sajikan Bing Chat ke Browser Selain Edge

Saat pertama diperkenalkan. Bing Chat cuma bisa dipakai di browser Microsoft Edge, namun kelak dukungan browser lain akan tersedia.

Cesar Uji Tawakal
Selasa, 06 Juni 2023 | 14:56 WIB
Microsoft Bing. (Microsoft)

Microsoft Bing. (Microsoft)

Hitekno.com - Microsoft saat ini sedang melakukan perombakan besar dalam aksesibilitas chatbot-nya dengan menguji dukungan Bing Chat di browser pihak ketiga. Sebelumnya, Bing Chat hanya dapat digunakan di Microsoft Edge, browser web milik perusahaan.

Dilansir dari Gizchina, hal ini akan berubah karena Microsoft telah memulai fase pengujian chatbot-nya pada browser selain Edge. Langkah ini dibocorkan oleh beberapa pengguna Reddit yang berhasil menggunakan chatbot Microsoft di browser populer seperti Google Chrome dan Safari. Kabar ini kemudian dibenarkan oleh Mikhail Parakhin, kepala divisi iklan dan layanan web Microsoft, melalui Twitter.

Bing, mesin pencari Microsoft, pertama kali diluncurkan 14 tahun yang lalu pada 3 Juni 2009. Sejak saat itu, Bing telah menghadapi kesulitan dalam bersaing dengan Google dan memperoleh pangsa pasar yang signifikan. Perlu diketahui bahwa Google kini mendominasi sektor pencarian online dengan pangsa pasar lebih dari 85%.

Baca Juga: 3 Hero Mage Paling Cepat Farming, Ampuh Jadi Jungler di Mobile Legends

Integrasi Bing Chat dengan browser lain dapat memberikan keuntungan yang besar bagi mesin pencari Microsoft. Penambahan ChatGPT di Bing pada awal tahun ini telah membantu meningkatkan popularitasnya. Bing Chat telah menjadi sangat populer sehingga aplikasi Bing dan Edge mengalami peningkatan yang signifikan di App Store.

Sebelumnya, penggunaan Bing Chat terbatas pada browser Edge. Microsoft awalnya mewajibkan pengguna menggunakan browser web Microsoft untuk mengakses Chatbot yang didukung oleh ChatGPT. Namun, terdapat cara-cara untuk mengatasi batasan ini dengan menginstal ekstensi pihak ketiga di browser.

Beruntungnya, ketidaknyamanan ini akan segera menjadi hal yang tidak relevan. Meskipun dukungan untuk Bing Chat di browser lain masih dalam tahap pengujian, peluncurannya akan dilakukan dalam beberapa minggu mendatang. Meskipun Microsoft belum secara resmi merilis daftar lengkap browser yang didukung, kemungkinan besar Chrome, Firefox, dan Safari akan menjadi salah satunya.

Baca Juga: Hero Marksman Epic yang Mendadak Jadi OP di Patch Baru, Saingan Beatrix di Tier SS!

Secara keseluruhan, keputusan Microsoft untuk memperluas aksesibilitas Bing Chat diharapkan dapat meningkatkan penggunaan Bing. Dengan memungkinkan pengguna mengakses chatbot dari berbagai browser, Microsoft kemungkinan akan menarik lebih banyak pengguna dan meningkatkan persaingan dalam pasar mesin pencarian.

Berita Terkait
TERKINI

Western Digita menghadirkan solusi penyimpanan untuk industri media dan hiburan dengan kecepatan tinggi dan kapasitas be...

gadget | 10:59 WIB

Samsung Galaxy A15 dibekali fitur Smart Switch, memudahkan pindah data....

gadget | 11:06 WIB

Manfaatkan fitur AI di Samsung Galaxy Tab S9 series untuk memenuhi kebutuhan profesionalmu sehari-hari...

gadget | 10:21 WIB

Vivo V30 Series diklaim memiliki berbagai fitur yang mendukung perjalanan mudik lebih seru....

gadget | 10:20 WIB

Cek apa saja fitur andalan Realme 12 5G ini....

gadget | 10:11 WIB

Kamera FUJIFILM INSTAX mini 99TM ini merupakan seri premium terbaru dari kamera instan analog INSTAX sekaligus evolusi d...

gadget | 15:32 WIB

Cek berapa harga resmi dan spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi 14....

gadget | 14:28 WIB

Ya, dengan HP Rp 1 jutaan sudah bisa jadi teman mudik dengan asyik....

gadget | 10:11 WIB

Jajaran Xiaomi 14, Xiaomi Watch 2, Xiaomi Watch S3, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro ini telah resmi tersedia di pasaran....

gadget | 10:03 WIB

Xiaomi Indonesia resmi membawa jajaran produk terbarunya ini, cek apa saja....

gadget | 14:41 WIB

Xiaomi 14 dirancang dengan lensa optik Leica Summilux, desain compact dan performa handal....

gadget | 14:32 WIB

Pengguna Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 bisa menikmatik kecanggihan Galaxy AI segera....

gadget | 17:08 WIB

Momen Lebaran yang sudah dekat bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk bersama-sama mengarsipkan foto, video, hingga dok...

gadget | 15:46 WIB

PayDay Sale Maret 2024 menawarkan harga spesial HP POCO....

gadget | 11:29 WIB

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB
Tampilkan lebih banyak