Mobil Listrik VW akan Disisipi HarmonyOS Buatan Huawei?

Akankah kelak akan muncul mobil VW yang ditenagai OS besutan Huawei tersebut?

Cesar Uji Tawakal
Kamis, 18 Mei 2023 | 19:41 WIB
Ilustrasi HarmonyOS. (Gizmochina)

Ilustrasi HarmonyOS. (Gizmochina)

Hitekno.com - Perangkat lunak dan perangkat keras merupakan dua bagian penting dalam teknologi modern. Sulit untuk menghasilkan produk yang sukses tanpa mengintegrasikan kedua komponen ini secara mulus. Menguasai keduanya memang sulit, dan hanya beberapa perusahaan saja yang bisa mencapainya.

Oleh karena itu, banyak produsen mencari dukungan dari perusahaan lain, baik untuk perangkat keras maupun perangkat lunak. Hal ini juga berlaku dalam industri otomotif.

Bahkan, menurut laporan terbaru, Volkswagen telah melakukan pembicaraan dengan Huawei mengenai penggunaan perangkat lunak dari raksasa teknologi China ini di mobil-mobilnya di China.

Baca Juga: Lenovo Bikin Terobosan di Pasar Smartphone, Pasar Amerika Latin Mulai Dikuasai

Volkswagen merupakan salah satu pemain utama dalam industri otomotif global. Mereka memproduksi kendaraan konvensional maupun kendaraan listrik dan menduduki posisi terkemuka di beberapa pasar, termasuk Eropa.

Namun, saat ini mereka menghadapi tantangan dalam kendaraan listrik (EV) dan teknologi otomotif baru, terutama dalam pengembangan perangkat lunak.

Dilansir dari Gizmochina, laporan terbaru menunjukkan bahwa divisi perangkat lunak Volkswagen, Cariad, mengalami penundaan dan biaya yang melampaui perkiraan. Akibatnya, peluncuran beberapa model EV baru, seperti Audi Q6 e-tron dan Porsche Macan, ditunda.

Baca Juga: Oppo Siap Rilis Seri Reno 10 di Pasar Tiongkok, India Menyusul

Situasi ini tidak hanya memunculkan kesulitan bagi raksasa otomotif Jerman ini, tetapi juga membahayakan operasional masa depannya. Untungnya, Volkswagen telah menemukan solusi dengan bermitra dengan Huawei.

Seperti yang mungkin Anda ketahui, Huawei telah menghadapi masa sulit dalam pasar smartphone dalam beberapa waktu terakhir. Akibat embargo Amerika Serikat, perusahaan ini kehilangan akses ke layanan Google dan saat ini berusaha untuk mendapatkan kekuatan kembali melalui HarmonyOS.

Sementara itu, raksasa teknologi China ini tidak berdiam diri; mereka aktif bekerja untuk mengembangkan HarmonyOS bukan hanya di smartphone, tetapi juga di berbagai sektor.

Baca Juga: Microsoft: 49 Persen Pekerja Khawatir akan Digantikan oleh Kecerdasan Buatan

Salah satunya adalah industri otomotif. Huawei telah menjadi pemimpin dalam pengembangan perangkat lunak otomotif, dan sistem operasinya telah dilisensikan kepada beberapa produsen mobil China.

Pembicaraan antara Volkswagen dan Huawei masih dalam tahap awal, dan belum jelas apakah kedua perusahaan akan mencapai kesepakatan. Namun, fakta bahwa mereka bahkan sedang berbicara merupakan tanda akan pentingnya perangkat lunak dalam industri otomotif.

Berita Terkait
TERKINI

Berbagai produk terbaru dari Asus telah dipamerkan di COMPUTEX 2024....

gadget | 11:03 WIB

Masih berkolaborasi dengan ZEISS, Vivo X100 Series diklaim membawa terobosan baru dalam fitur fotografinya....

gadget | 10:56 WIB

Siklus Data AI sendiri yakni framework enam tahap yang dapat mendefinisikan gabungan kapasitas beban kerja AI berskala b...

gadget | 10:40 WIB

Di COMPUTEX 2024, Asus memperlihatkan keahliannya di bidang server, penyimpanan, dan arsitektur data center....

gadget | 09:34 WIB

Vivo X Fold3 Pro, smartphone lipat yang dinanti-nanti kehadirannya....

gadget | 10:41 WIB

Dell AI Factorydengan NVIDIA mengintegrasikan portofolio AI terdepan Dell denganplatformperangkat lunakNVIDIA AI Enterpr...

gadget | 10:28 WIB

Dukungan MediaTek untuk NVIDIA TAO akan menciptakan sebuah pengalaman mulus bagi para pengembang....

gadget | 10:09 WIB

Berikut ini jajaran monitor baru yang diluncurkan Samsung untuk 2024....

gadget | 10:31 WIB

Bergabung dengan Arm Total Design, MediaTek ingin mendorong pembentukan masa depan komputasi AI....

gadget | 10:21 WIB

MediaTek memamerkan deretan teknologi baru yang disiapkan untuk Chromebook dan smart TV di COMPUTEX 2024....

gadget | 10:24 WIB

Apa saya yang turun harga, cek daftar harga produk Xiaomi Indonesia untuk Juni 2024 ini....

gadget | 10:46 WIB

Cek seperti apa Realme GT 6 yang diklaim sebagai flagship killer ini....

gadget | 10:34 WIB

Vivo Y28 diklaim cocok dalam menunjang berbagai aktivitas mahasiswa dalam perkuliahan....

gadget | 10:12 WIB

Selama update Honkai Impact 3 v7.5, 10 pembukaan pertama Battlesuit Crate Lantern didiskon 50%....

gadget | 10:00 WIB

Melanjutkan kesuksesan HP Xiaomi Indonesia sebelumnya, kini Redmi 13 hadir dengan inovasi terbaru yaitu kamera beresolus...

gadget | 10:25 WIB

MediaTek Dimensity 7300 dan MediaTek Dimensity 7300X, dua chipset baru yang memberikan dorongan performa AI dan mobile g...

gadget | 10:15 WIB

Berbekal kesuksesan Realme GT Series sebelumnya, seri flagship killer dari Realme ini diklaim akan kembali menghadirkan ...

gadget | 10:40 WIB

Samsung menghadirkan Galaxy AI di perangkat smartwatch Galaxy Watch, meningkatkan fitur kesehatan yang dirasakan penggun...

gadget | 10:31 WIB
Tampilkan lebih banyak