Lenovo Bikin Terobosan di Pasar Smartphone, Pasar Amerika Latin Mulai Dikuasai

Lenovo melalui divisi ponselnya, Motorola, mulai jadi pemain dominan di pasar Amerika Latin.

Cesar Uji Tawakal

Posted: Kamis, 18 Mei 2023 | 19:13 WIB
Motorola Razr Lite. (Android Headlines)

Motorola Razr Lite. (Android Headlines)

Hitekno.com - Lenovo telah lama mendominasi pasar PC global. Namun, tidak demikian halnya dalam pasar smartphone. Pada suatu waktu, Lenovo bahkan harus sepenuhnya menghentikan produksi ponsel dengan mereknya sendiri.

Sebagai gantinya, perusahaan tersebut fokus pada merek Motorola yang diakuisisinya pada Oktober 2014. Ternyata, investasi tersebut mulai membuahkan hasil dan merek Lenovo mulai mencuri perhatian di beberapa pasar.

Dilansir dari Gizmochina, sebuah laporan yang dirilis oleh perusahaan riset pasar Canalys menunjukkan bahwa merek ponsel Lenovo, pada kuartal pertama tahun 2023, mencapai pertumbuhan yang bertentangan dengan tren di wilayah-wilayah utama seperti Eropa dan Amerika Latin.

Baca Juga: Oppo Siap Rilis Seri Reno 10 di Pasar Tiongkok, India Menyusul

Perusahaan tersebut mencatat pertumbuhan terbesarnya di Amerika Latin, khususnya di Brasil yang merupakan salah satu pasar terbesar di dunia. Di Brasil, ponsel Lenovo masuk dalam 5 model terlaris untuk pertama kalinya dalam enam tahun terakhir.

Motorola Rizr. (GSM Arena)
Motorola Rizr. (GSM Arena)

Di Eropa, pengiriman ponsel Lenovo pada kuartal pertama meningkat 13% dibandingkan tahun sebelumnya, dan pangsa pasarnya menduduki peringkat kelima, yang merupakan hasil terbaik sejak kuartal ketiga tahun 2017.

Secara khusus di negara-negara Eropa, pertumbuhan ponsel Lenovo di Polandia mendekati angka dua digit. Perusahaan ini juga mencatat pertumbuhan ponsel sebesar 10% di Rumania, Bulgaria, dan Italia di wilayah Eropa Timur.

Baca Juga: Microsoft: 49 Persen Pekerja Khawatir akan Digantikan oleh Kecerdasan Buatan

Di seluruh wilayah Amerika Latin, pengiriman ponsel Lenovo meningkat 7% dengan pangsa pasar mencapai puncaknya sebesar 21%. Perusahaan ini menempati peringkat kedua sebagai merek terlaris di wilayah tersebut.

Lenovo mencatat pertumbuhan sebesar 5% dibandingkan tahun sebelumnya di Brasil dengan pangsa pasar 31%. Perusahaan ini juga menempati peringkat kedua di Brasil setelah Samsung.

Baca Juga: Link Situs Pembanding Tinggi Badan, Ini Cara Hitung Tinggi Badan Orang Lain Online

Berita Terkait
Berita Terkini

Samsung menyebutkan kalau penerimanaan yang baik ini dari pengguna non-Samsung maupun pengguna Samsung Galaxy....

gadget | 13:52 WIB

Cek berapa harga POCO Pad ini....

gadget | 11:17 WIB

Dengan harga terjangkau, cek apa yang ditawarkan POCO F6 dan POCO M6....

gadget | 11:08 WIB

Harga POCO Pad di Indonesia cenderung murah meriah....

gadget | 18:35 WIB

POCO memperkenalkan flagship terbarunya, yakni POCO F6 dan HP stylish dengan value terbaik POCO M6....

gadget | 18:25 WIB