Tim Google Play akan Luncurkan Fitur untuk Uji Kelayakan Harga Aplikasi, Apa Imbasnya?

Pengembang dapat mencoba harga yang berbeda untuk item tertentu, harga aplikasi akan fluktiatif?

Cesar Uji Tawakal

Posted: Jum'at, 12 Mei 2023 | 16:44 WIB
Aplikasi Android

Aplikasi Android

Hitekno.com - Harga pembelian dalam aplikasi menjadi faktor penting dalam strategi pengembangan produk, namun tidak selalu mudah untuk menentukan harga yang tepat.

Terkadang, harga yang terlalu tinggi dapat menakutkan calon pelanggan, sedangkan harga yang terlalu rendah dapat menghasilkan laba yang tipis dan tidak berkelanjutan.

Dilansir dari Android Police, Tim Google Play telah memperhatikan tantangan ini dan membangun alat baru untuk memungkinkan para pengembang melakukan A/B testing pada harga pembelian dalam aplikasi.

Baca Juga: Foto Bocah di Surakarta Tahun 1985, Netizen Sebut Orang Kaya Karena Punya Mobil Sedan dan Rumah Megah

Google telah lama menggunakan A/B testing dalam aplikasinya sendiri untuk mengevaluasi seberapa baik respons pengguna terhadap perubahan fitur dan antarmuka.

Ini adalah proses yang cukup sederhana di mana orang-orang berbeda disajikan dengan pengalaman yang sedikit berbeda, dan analisis digunakan untuk menentukan efektivitas setiap versi.

Dengan kemampuan baru untuk melakukan A/B testing untuk pembelian dalam aplikasi, pengembang dapat mencoba harga yang berbeda untuk item tertentu, dan Google Play akan melacak metrik seperti pendapatan yang dihasilkan, rasio pembeli, pesanan, dan rata-rata pendapatan per pengguna yang membayar.

Baca Juga: R7 Jelaskan Alasan Zeys Pilih Mainkan Dreams daripada Kiboy di SEA Games 2023 Nomor Mobile Legends

Ilustrasi aplikasi Instagram. (unsplash/Jaelynn Castillo)
Ilustrasi aplikasi Instagram. (unsplash/Jaelynn Castillo)

Setiap pengujian dapat disesuaikan dengan pasar tertentu, sehingga pengembang dapat secara selektif mengoptimalkan setiap daerah. Semua hal bisa dijalankan langsung dari Play Console, sehingga pengujian dapat dilakukan tanpa melakukan perubahan kode.

Eksperimen harga belum diluncurkan, namun fitur ini direncanakan akan diluncurkan ke Play Console dalam beberapa minggu mendatang. Sementara itu, pengembang diharapkan untuk memeriksa kursus Play Academy untuk panduan tentang menjalankan uji coba harga.

Bagi pengguna, mungkin saat yang tepat untuk membuat catatan mental tentang harga pembelian dalam aplikasi game dan aplikasi favorit Anda, hanya untuk jaga-jaga jika harganya turun di masa depan.

Baca Juga: Jadi Masalah Besar Timnas Indonesia Saat Lawan Kamboja di SEA Games 2023, Hero Ini Bisa Jadi Counter Alami Faramis

Berita Terkait
Berita Terkini

Cek seperti apa Laptop Huawei MateBook X Pro dan Huawei MateBook 14 ini....

gadget | 08:21 WIB

Tak hanya Genshin Impact, ini yang dibawa HoYoverse ke gamescom 2024....

gadget | 08:05 WIB

Karakteristik semikonduktor yang sangat didambakan dalam desain berkelanjutan adalah konsumsi daya yang rendah....

gadget | 13:19 WIB

SamsungGalaxy Z Fold6 dan SamsungGalaxy Z Flip6 hadir dengan Galaxy AI yang telah ditingkatkan....

gadget | 13:43 WIB

Samsung menyebutkan kalau penerimanaan yang baik ini dari pengguna non-Samsung maupun pengguna Samsung Galaxy....

gadget | 13:52 WIB