Uni Eropa Mulai Jor-joran Masuk ke Ranah Industri Semikonduktor, Apa Sebab?

Tujuan utama langkah ini adalah untuk menggandakan pangsa Uni Eropa dari output chip global.

Cesar Uji Tawakal
Jum'at, 07 April 2023 | 20:02 WIB
Ilustrasi chip kamera. (Qualcomm)

Ilustrasi chip kamera. (Qualcomm)

Hitekno.com - Uni Eropa mengambil langkah signifikan untuk memperkuat industri semikonduktornya, yang bertujuan untuk mengurangi ketergantungan pada pemasok AS dan Asia di tengah gangguan rantai pasokan global. Dengan Undang-Undang Chip Uni Eropa, rencana 43 miliar euro (US $ 47 miliar), blok tersebut bermaksud untuk menggandakan pangsa output chip globalnya menjadi 20% dalam satu dekade. Ketika negara-negara Uni Eropa dan anggota parlemen bersiap untuk bertemu pada 18 April untuk menyelesaikan rincian pendanaan, persetujuan Undang-Undang Chips tampaknya sudah dekat.

Dilansir dari Gizmcohina, rencana berani Uni Eropa 43 miliar euro (US $ 47 miliar), yang dikenal sebagai Undang-Undang Chip Uni Eropa, berada di jalur untuk mendapatkan persetujuan dari negara-negara Uni Eropa dan anggota parlemen pada 18 April. Undang-undang ini bertujuan untuk memperkuat industri semikonduktor Eropa dan mengurangi ketergantungan pada chip AS dan Asia, menyusul masalah rantai pasokan global yang melanda bisnis Eropa di berbagai sektor.

Tujuan utama undang-undang ini adalah untuk menggandakan pangsa Uni Eropa dari output chip global menjadi 20% dalam satu dekade. Pengumuman itu menyusul AS memperkenalkan Chips for America Act sendiri untuk bersaing dengan sektor teknologi China. Negara-negara Uni Eropa dan anggota parlemen akan bertemu di sesi Parlemen Eropa di Strasbourg pada 18 April, di mana mereka diharapkan untuk menyetujui rincian pendanaan untuk Undang-Undang tersebut.

Baca Juga: Naruto: Underrated, Ini 5 Bukti Ampuhnya Klan Aburame

Ilustrasi semikonduktor. (Pexels)
Ilustrasi semikonduktor. (Pexels)

Awalnya, Komisi Eropa menyarankan pendanaan hanya untuk pabrik chip canggih. Namun, pemerintah dan anggota parlemen Uni Eropa kini telah memperluas ruang lingkup untuk mencakup seluruh rantai nilai, seperti chip yang lebih tua dan fasilitas penelitian dan desain. Salah satu pendorong utama untuk ekspansi ini adalah IMEC yang berbasis di Belgia, pusat inovasi terkemuka dalam nanoelektronika dan teknologi digital, dengan lebih dari 600 pemain industri utama. Anggota parlemen melihat IMEC sebagai alasan penting untuk berinvestasi lebih banyak dalam penelitian dan pengembangan UE.

Keputusan untuk mendukung seluruh rantai nilai juga meredakan kekhawatiran dari negara-negara Uni Eropa yang lebih kecil tentang ditinggalkan. Misalnya, Intel tertarik dengan Undang-Undang Chip dan memilih Jerman untuk kompleks manufaktur mega chip barunya. Demikian pula, perusahaan Prancis-Italia STMicroelectronics telah bermitra dengan GlobalFoundries untuk membangun pabrik chip 6,7 miliar euro di Prancis, yang didukung oleh pemerintah Prancis.

Ketika Undang-Undang Keripik UE semakin mendekati persetujuan, Uni Eropa mengambil langkah signifikan untuk meningkatkan industri semikonduktornya dan mengurangi ketergantungan pada pemasok eksternal. Keberhasilan inisiatif ini akan sangat penting dalam mengamankan posisi UE dalam lanskap teknologi global dan mengatasi krisis rantai pasokan semikonduktor yang sedang berlangsung.

Baca Juga: Hasil RRQ vs EVOS: Macan Putih Comeback, Sang Raja Angkat Koper di Playoff MPL S11

Berita Terkait
TERKINI

Western Digita menghadirkan solusi penyimpanan untuk industri media dan hiburan dengan kecepatan tinggi dan kapasitas be...

gadget | 10:59 WIB

Samsung Galaxy A15 dibekali fitur Smart Switch, memudahkan pindah data....

gadget | 11:06 WIB

Manfaatkan fitur AI di Samsung Galaxy Tab S9 series untuk memenuhi kebutuhan profesionalmu sehari-hari...

gadget | 10:21 WIB

Vivo V30 Series diklaim memiliki berbagai fitur yang mendukung perjalanan mudik lebih seru....

gadget | 10:20 WIB

Cek apa saja fitur andalan Realme 12 5G ini....

gadget | 10:11 WIB

Kamera FUJIFILM INSTAX mini 99TM ini merupakan seri premium terbaru dari kamera instan analog INSTAX sekaligus evolusi d...

gadget | 15:32 WIB

Cek berapa harga resmi dan spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi 14....

gadget | 14:28 WIB

Ya, dengan HP Rp 1 jutaan sudah bisa jadi teman mudik dengan asyik....

gadget | 10:11 WIB

Jajaran Xiaomi 14, Xiaomi Watch 2, Xiaomi Watch S3, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro ini telah resmi tersedia di pasaran....

gadget | 10:03 WIB

Xiaomi Indonesia resmi membawa jajaran produk terbarunya ini, cek apa saja....

gadget | 14:41 WIB

Xiaomi 14 dirancang dengan lensa optik Leica Summilux, desain compact dan performa handal....

gadget | 14:32 WIB

Pengguna Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 bisa menikmatik kecanggihan Galaxy AI segera....

gadget | 17:08 WIB

Momen Lebaran yang sudah dekat bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk bersama-sama mengarsipkan foto, video, hingga dok...

gadget | 15:46 WIB

PayDay Sale Maret 2024 menawarkan harga spesial HP POCO....

gadget | 11:29 WIB

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB
Tampilkan lebih banyak