Dell: Concept Nyx dan Eksplorasi Masa Depan Konektivitas

Dell Technologies mengenalkan Concept Nyx dan eksplorasi masa depan konektivitas.

Agung Pratnyawan
Minggu, 29 Januari 2023 | 08:25 WIB
Alienware Concept Nyx. (Dell)

Alienware Concept Nyx. (Dell)

Hitekno.com - Dell ologies kembali mengenalkan Concept Nyx dan eksplorasi masa depan konektivitas. Bagaimana teknologi saling terhubung dan makin cerdas seperti yang dikembangkan Dell.

Bayangkan bagaimana cara kita saling terhubung dalam lima atau sepuluh tahun mendatang? Apakah kita akan berinteraksi menggunakan hologram?

Sepenuhnya berada di dalam dunia virtual? Atau dunia nyata di masa depan tidak akan berbeda jauh dari cara kita bekerja saat ini, menggunakan laptop?

Baca Juga: Server Dell PowerEdge Generasi Terbaru Tawarkan Peningkatan Kinerja Namun Tetap Hemat Energi

Dunia virtual dan pengalaman imersif dapat menawarkan cara-cara baru yang seru untuk mengkonsumsi konten dan terhubung dengan orang lain.

Dengan penyebaran manusia yang semakin luas dan pola kerja yang lebih terpersonalisasi dari sebelumnya, cara kita berkolabroasi dan menyelesaikan pekerjaan menjadi semakin penting.

"Peran tim saya adalah untuk menggali tren-tren dan teknologi masa depan, bereksperimen dengan berbagai solusi, dan merancang ulang pengalaman pelanggan. Meski lingkungan imersif akan memiliki peran di masa depan dunia kerja, beberapa hal seperti pertemuan tatap muka, pesan instan, alat kolaborasi, dan panggilan video tidak akan hilang. Karena itulah kami memusatkan perhatian pada pengalaman pengguna dan terus berupaya menyempurnakan momen kecil sehari-hari yang berpotensi mengganggu saat kita "berpindah" antara dunia fisik, digital, dan virtual di masa depan," kata Glenn Robson, chief technology officer, Client Solutions Group, Dell ologies.

Baca Juga: Dell Kenalkan Concept Nyx dan Controller Baru

Untuk itu muncul beberapa pertanyaan: Bagaimana orang akan berinteraksi saat semua "dunia" tersebut saling bersinggungan? Peralatan apa yang akan dibutuhkan manusia untuk dapat berpindah antar lokasi dengan mulus?

Bagaimana jika mereka tidak mau menggunakan headset dan berada di dunia virtual selama delapan jam sehari - apakah mereka akan dikucilkan dari sejumlah proyek atau kesempatan kolaborasi di masa depan?

Peralatan sehari-hari yang cerdas untuk interaksi masa depan

Baca Juga: Dell Perkenalkan Concept Luna, Perbaikan Laptop Bakal Makin Mudah

Kemampuan Concept Nyx untuk menghadirkan komputasi setiap saat, didukung perangkat edge, memungkinkan Dell untuk mengeksplorasi bagaimana cara berbagai perangkat dan periferal yang sudah umum digunakan dapat dihubungkan dengan Artificial Intelligence (AI), untuk bekerja secara bersama-sama sebagai sebuah ekosistem yang menghadirkan kemudahan akses dan pengalaman imersif lebih dari hanya sekedar bermain game.

Laboratorium Dell dilengkapi dengan berbagai demo dan konsep imersif pilihan untuk membantu proses pengujian dan eksplorasi untuk mencari jawaban bagaimana Dell akan bisa membantu manusia bergerak antara berbagai ruang dan tugas yang berbeda secara intuitif di masa depan.

Dari rancangan Virtual Reality (VR) yang sepenuhnya imersif hingga pengalaman Mixed Reality (XR) yang menggunakan layar dan alat-alat lainnya, yang tidak meniadakan penggunaan headset VR, semua lingkungan tersebut membantu perusahaan mengembangkan berbagai konsep seperti Concept Nyx Companion.

Baca Juga: Dell Technologies Ungkap Resolusi di Tahun Depan, dari Cloud hingga Keamanan Siber

Konsep ini, dirancang sebagai perangkat ringan berwujud tablet yang dapat dilihat dan diakses dalam lingkungan VR dan XR, bisa menjadi sebuah alat yang konsisten digunakan di semua lingkungan tersebut dan dapat memastikan semua konten pengguna tetap berada di satu tempat meski mereka berpindah dari satu lingkungan ke lingkungan lainnya atau dari satu tugas ke tugas lainnya.

Pengguna tidak perlu lagi mengambil foto catatan yang ada di papan tulis atau menyalinnya untuk diunggah ke lingkungan yang lain, mereka cukup mengambil screenshot lingkungan proyek tersebut dan/atau menyalin konten untuk dibagikan di beberapa layar sekaligus.

Digunakan bersama dengan Concept Nyx Stylus, seseorang bisa membuat catatan suara atau tulisan, kemudian menarik dan meletakkan (drag + drop) catatan tersebut ke lingkungan kolaborasi digital dan virtual.

Atau bahkan menggunakan fitur aktivasi suara untuk membuat gambar AI - fitur yang sempurna untuk seseorang yang tidak memiliki bakat artistik.

Semua alat tersebut juga bisa digunakan bersama dengan Concept Nyx Spatial Input dalam sebuah lingkungan desktop masa depan, dengan keyboard, dan mouse, serta mungkin layar 3D juga. Dell terus mencari cara-cara kreatif untuk menghubungkan semua alat-alat tradisional ini untuk menciptakan ruangan yang rapi.

Selain itu, Dell juga terus mengupayakan gerakan-gerakan intuitif untuk berinteraksi dengan konten – contohnya, menggunakan ujung Stylus untuk menulis dan bagian atasnya digunakan untuk berinteraksi dengan konten di layar, atau menggunakan Spatial Input sebagai tombol untuk menghadirkan tampilan 360° atau memperbesar detail tertentu.

Dell juga memikirkan bagaimana manusia akan berinteraksi di ruangan digital dan virtual di masa depan. Misalnya, saat tengah berpartisipasi dalam panggilan video, kita tidak perlu lagi menjauh dari kamera untuk membuka pintu, mengurus hewan peliharaan atau anak-anak.

Sebaliknya, alih-alih tampilan layar kosong, kursi kosong, atau bahkan gambar kepala statis versi tahun 2015, bayangkan Anda tetap hadir di depan layar sebagai sebuah avatar pintar, hanya dengan satu lambaian tangan.

Untuk itu, Dell melakukan sejumlah eksperimen isyarat tubuh dan melacak gerakan tubuh, kemudian menggunakan teknologi pencitraan dan keahlian konferensi video, untuk membuat kamera Concept Nyx Spatial, yang ketika dihubungkan dengan software AI, bisa mempelajari ekspresi dan tingkah laku pengguna, untuk menghasilkan representasi pengguna yang lebih otentik untuk interaksi di masa depan.

Mengembangkan Ekosistem Concept Nyx

Dell terus menjadi bagian dari tempat kerja saat ini dan di masa depan, mulai dari infrastruktur hingga perangkat, dan terus fokus mengembangkan berbagai perangkat yang akan dibutuhkan untuk menavigasi berbagai ruangan yang berbeda tersebut.

Saat ini, hal tersebut diwujudkan dengan meluncurkan sejumlah peralatan seperti monitor konferensi UltraSharp generasi baru, webcam cerdas dengan kontrol yang diaktifkan gerakan dan yang bisa mendeteksi keberadaan seseorang, dan membangun berbagai teknologi seperti storage, 5G, multicloud, dan edge yang menghadirkan konektivitas dan infrastruktur canggih untuk membantu perusahaan mewujudkan cara kerja yang tepat bagi mereka.

Di masa depan, alat produktivitas akan saling terhubung dan memiliki kecerdasan untuk berpindah dari pengalaman-ke-pengalaman dan tugas-ke-tugas dengan lancar, membantu menghilangkan berbagai hambatan dan mendefinisi ulang cara para rekan kerja saling terhubung.

"Kami terus mengeksplorasi masa depan pengalaman-pengalaman yang menarik dan imersif, untuk bekerja dan bermain. Konsep-konsep ini memungkinkan para desainer, insinyur, dan ahli strategi Dell untuk menguji dan mengutak-atik berbagai perangkat dan solusi untuk menjadi referensi roadmap pengalaman masa depan. Kami akan terus berbagi informasi terbaru tentang perjalanan konsep kami," tutup Robson.

Berita Terkait
TERKINI

Dibekali kamera mumpuni, ini cara membuat konten sinematik dengan SamsungGalaxy S24 Series....

gadget | 12:19 WIB

Ini beberapa fitur unggulanPOCO M6 Pro yang diklaim memberikan pengalaman lebih bagi anak muda....

gadget | 12:00 WIB

Harga Samsung Galaxy A05s masih terjangkau, cek berapa sekarang....

gadget | 10:48 WIB

Jika Anda sedang mencari komputer tanpa CPU, Anda bisa cek 4 komputer dari Acer berikut ini....

gadget | 12:44 WIB

Mulai 2 Maret 2024, Vivo V30 sudah dapat diperoleh di seluruh gerai resmi dan mitra Vivo Indonesia....

gadget | 09:48 WIB

Cek seperti apa Huawei FreeBuds Pro 3 ini....

gadget | 18:50 WIB

Samsung akan terus mengembangkan Galaxy Buds Series untuk memberikan kualitas audio dengan kecerdasan dan konektivitas t...

gadget | 15:29 WIB

Redmi Note 13 Series resmi rilis, cek apa saja yang masuk....

gadget | 15:22 WIB

Cek dulu daftar harga Redmi Note 13 Series ini, resmi dihadirkan ke Indonesia....

gadget | 16:26 WIB

Laptop gaming bertema kucing, cek seperti apa Colorfire Meow....

gadget | 18:33 WIB

POCO Indonesia membekali HP baru ini dengan layanan after sales yang memadai....

gadget | 18:09 WIB

Redmi Note 13 Series dipastikan akan meluncur Februari 2024, cek apa yang ditawarkan....

gadget | 17:59 WIB

Redmi A3, HP murah baru dari Xiaomi Indonesia....

gadget | 18:09 WIB

Apa saja HP baru dari Redmi Note 13 Series ini?...

gadget | 12:05 WIB

Lensa telefoto periskop pada smartphone bekerja dengan prinsip yang mirip dengan teknologi periskop konvensional....

gadget | 18:59 WIB

POCO C65 resmi dipasarkan, kini tersedia di berbagai toko online....

gadget | 16:15 WIB

POCO Indonesia menyiapkan harga spesial untuk POCO M6 Pro....

gadget | 17:22 WIB

Cek apa saja fitur Samsung Galaxy A25 5G yang menunjang untuk main game....

gadget | 18:45 WIB
Tampilkan lebih banyak