Server Dell PowerEdge Generasi Terbaru Tawarkan Peningkatan Kinerja Namun Tetap Hemat Energi

Server DellPowerEdge generasi terbaru diklaim meningkatkan kinerja dan keandalan komputasi yang tangguh.

Agung Pratnyawan
Kamis, 19 Januari 2023 | 16:54 WIB
Dell PowerEdge HS5620. (Dell)

Dell PowerEdge HS5620. (Dell)

Hitekno.com - Dell ologies kembali memperluas potofolio server mereka, yakni dengan menambahkan 13 server Dell PowerEdge generasi terbaru. Tentunya server baru Dell ini diklaim memberikan peningkatan kinerja.

Dalam keterangannya, server Dell PowerEdge generasi terbaru diklaim meningkatkan kinerja dan keandalan komputasi yang tangguh pada data center, cloud publik skala besar, dan lokasi edge. 

Server-server Dell PowerEdge rak, tower, dan multi-node generasi baru, dengan prosesor Intel Xeon Scalable generasi keempat, ini sudah termasuk pembaruan software, seperti desain Smart Flow baru, untuk meningkatkan efisiensi energi dan biaya.  

Baca Juga: Dell Kenalkan Concept Nyx dan Controller Baru

"Pelanggan memilih Dell untuk mendapatkan server yang canggih tapi mudah dikelola dan efisien dengan kemampuan modern untuk mendukung beban kerja yang sangat penting bagi bisnis mereka," ujar Jeff Boudreau, president dan general manager, Infrastructure Solutions Group, Dell ologies.

"Server Dell PowerEdge generasi terbaru kami menawarkan inovasi tak tertandingi yang meningkatkan standar efisiensi daya, kinerja, dan keandalan, sekaligus menyederhanakan cara pelanggan menerapkan pendekatan Zero Trust untuk keamanan yang lebih baik di seluruh lingkungan TI mereka." lanjutnya. 

"Perusahaan di Asia Pasifik dan Jepang harus berhadapan dengan semakin banyak data dan keputusan untuk menumbuhkan bisnis dan mengubah aktivitas operasional mereka. Portofolio server Dell PowerEdge generasi terbaru kami dirancang untuk menjawab kebutuhan beban kerja pelanggan yang terus berkembang dan akan membantu meningkatkan skalabilitas, otomatisasi, ketahanan siber, dan efisiensi energi," ujar Chris Kelly, senior vice president, Data Center Solutions, Asia Pasifik dan Jepang, Dell ologies.

Baca Juga: Dell Perkenalkan Concept Luna, Perbaikan Laptop Bakal Makin Mudah

"Selain itu, pembaruan layanan dan software baru kami akan memungkinkan integrasi yang mulus serta menyederhanakan sistem manajemen TI semaksimal mungkin, namun pelanggan tetap sepenuhnya bisa mengontrol lingkungan TI mereka." imbuhnya. 

Jajaran server Dell PowerEdge baru dirancang untuk memenuhi kebutuhan berbagai tuntutan beban kerja, mulai dari kecerdasan buatan (AI) dan analitik hingga database berskala besar.

Perluasan portofolio server yang diumumkan pada November 2022; termasuk jajaran server PowerEdge XE dengan GPU NVIDIA H100 Tensor Core dan rangkaian softwareNVIDIA AI Enterprise untuk produksi full stack platform AI, dibangun berdasarkan pembaruan teknologi AI dan machine learning.  

Baca Juga: Evolusi Concept Luna dari Dell Tawarkan Inovasi Desain PC berkelanjutan

Server baru untuk penyedia layanan cloud 

Dell PowerEdge HS5610. (Dell)
Dell PowerEdge HS5610. (Dell)

Server baru Dell PowerEdge HS5610 dan HS5620 menghadirkan solusi optimal yang disesuaikan untuk penyedia layanan cloud yang mengelola data center multi-vendor skalabesar.

Tersedia dalam form factor 1U dan 2U, server dua soket baru ini memiliki konfigurasi cold aisle yang dapat diservis dan dilengkapi Dell Open Server Manager, sebuah solusi manajemen sistem berbasis OpenBMC untuk menyederhanakan manajemen armada multi-vendor. 

Baca Juga: Dell Technologies Ungkap Resolusi di Tahun Depan, dari Cloud hingga Keamanan Siber

Kinerja yang lebih baik dan manajemen yang lebih sederhana 

Dell PowerEdge R760. (Dell)
Dell PowerEdge R760. (Dell)

Server PowerEdge generasi terbaru menawarkan peningkatan kinerja. Dell PowerEdge R760 mampu melakukan inferensi AI hingga 2,9 kali lebih baik di prosesor Intel Xeon Scalable generasi keempat dengan Intel Deep Learning Boost dan Intel Advanced Matrix Extensions.

Dell PowerEdge R760 juga menawarkan peningkatan pengguna VDI hingga 20%3 dan peningkatan pengguna SAP Sales & Distribution di satu server lebih dari 50%, dibandingkan generasi sebelumnya.

Sistem PowerEdge bisa dipesan dengan unit pengolahan data NVIDIA Bluefield-2 yang memiliki kemampuan isolasi beban kerja, akselerasi, dan beban kerja tambahan untuk efisiensi daya saat penerapan cloud pribadi, hybrid, dan multicloud.  

Peningkatan software pemantauan Dell dan berbagai layanan baru membuat pengelolaan server jadi lebih mudah: 

  • Dell CloudIQ — Software Dell menggabungkan pemantauan proaktif, machine learning, dan analitik prediktif sekaligus menawarkan tampilan server yang komprehensif di mana pun lokasinya. Pembaruan mencakup peningkatan prediksi kinerja server, aktivitas pemeliharaan operasional tertentu, dan visualisasi virtualisasi baru.  
  • Dell iDRAC9 — Saat pelanggan membutuhkan peningkatan otomatisasi dan kecerdasan server, Dell Remote Access Controller (iDRAC) membuat sistem Dell lebih mudah diterapkan dan didiagnosa, lengkap dengan fitur yang telah diperbarui seperti Certificate Expiry Notice, Telemetri untuk Dell Consoles dan pemantauan GPU. 

"Dengan peningkatan teknologi pengurutan genomik dan metode-metode baru di laboratorium yang mendorong pertumbuhan data, aliran data akan terus berkembang di masa depan. Untuk memastikan inovasi berkelanjutan, kami perlu memproses data dengan cepat dan efisien," kata Dr. Pete Clapham, Informatic Support Group Leader, Wellcome Sanger Institute.

"Server Dell PowerEdge dirancang dengan baik, memiliki keamanan bawaan, dan kinerja yang memungkinkan kami mempercepat penemuan ilmiah dan membawa inovasi ke dunia nyata dengan lebih cepat." lanjutnya.

Rancangan keberlanjutan 

Dirancang dengan mempertimbangkan keberlanjutan, server Dell PowerEdge menawarkan peningkatan kinerja hingga tiga kali lipat, dibandingkan server PowerEdge generasi ke-14 dengan prosesor Intel Xeon Scalable yang diluncurkan tahun 2017.

Artinya, server generasi terbaru ini tidak perlu banyak ruang dan memiliki teknologi yang lebih efisien dan tangguh di semua sistem generasi terbaru.5 Beberapa keunggulan utama: 

  • Desain Dell Smart Flow — Fitur baru dalam rangkaian Dell Smart Cooling yang meningkatkan aliran udara dan mengurangi daya kipas hingga 52% dibandingkan server generasi sebelumnya.6 Desain Smart Flow ini mendukung kinerja server yang lebih baik dengan daya yang lebih kecil untuk mendinginkan sistem guna menghadirkan pusat data yang lebih efisien.  
  • Software Dell OpenManage Enterprise Power Manager 3.0 — Pelanggan dapat mengelola target efisiensi dan pendinginan dengan lebih baik, memantau emisi karbon, dan menetapkan batas daya hingga 82 persen lebih cepat untuk membatasi penggunaan energi total. Dengan alat target keberlanjutan yang lebih baik ini, pelanggan dapat menentukan penggunaan server secara keseluruhan, mesin virtual dan konsumsi energi fasilitas, deteksi kebocoran dalam sistem pendingin cair, dan lainnya. 
  • Electronic Product Environmental Assessment Tool (EPEAT) — Empat server Dell PowerEdge generasi terbaru akan tersedia dengan sertifikasi EPEAT perak, dan 46 sistem akan mendapatkan sertifikasi EPEAT perunggu. Ekolabel EPEAT adalah sertifikasi global terdepan, yang mencakup produk dan layanan dari sektor teknologi yang menunjukkan keputusan pembelian yang bertanggung jawab. 

"Pusat data modern saat ini memerlukan peningkatan kinerja berkelanjutan untuk beban kerja kompleks seperti AI, ML, dan VDI," kata Kuba Stolarski, Research Vice President, IDC Enterprise Infrastructure Practice.

"Saat operator pusat data berusaha memenuhi tuntutan beban kerja yang haus sumber daya ini, mereka juga harus memprioritaskan tujuan lingkungan dan keamanan. Dengan desain Smart Flow baru, berikut peningkatan pada alat manajemen daya dan pendinginannya, Dell menawarkan peningkatan yang signifikan dari sisi pengoperasian server secara efisien, serta peningkatan kinerja mentah dalam server generasi terbarunya." tambahnya. 

Keandalan dan keamanan menjadi dasar utama 

Server Dell PowerEdge generasi terbaru membantu mempercepat adopsi Zero Trust dalam lingkungan TI perusahaan. Perangkat akan terus memverifikasi akses berdasarkan asumsi setiap pengguna dan perangkat merupakan ancaman potensial.

Di sisi hardware, root of trust berbasis silikon, dengan sejumlah elemen termasuk Dell Secured Component Verification (SCV), membantu verifikasi keamanan rantai pasokan, dari desain hingga pengiriman. Selain itu, autentikasi multifaktor dan iDRAC terintegrasi memverifikasi pengguna sebelum memberikan akses. 

Rantai pasokan yang aman juga memungkinkan pelanggan untuk mempercepat pendekatan Zero Trust mereka. Dell SCV menawarkan verifikasi kriptografik komponen yang memperluas keamanan rantai pasokan ke lokasi pelanggan. 

"Prosesor Intel Xeon Scalable generasi keempat memiliki akselerator terintegrasi terbanyak dari semua CPU yang ada di pasaran untuk membantu memaksimalkan efisiensi kinerja aplikasi di dunia nyata, khususnya yang didukung AI," kata Lisa Spelman, Corporate Vice President dan General Manager, Intel Xeon Products.

"Dengan server Dell PowerEdge generasi terbaru, Intel dan Dell terus mempertahankan kolaborasi erat kami dalam menghadirkan inovasi yang menciptakan nilai bisnis nyata, sekaligus menggabungkan skalabilitas dan keamanan terdepan yang dibutuhkan pelanggan." ungkapnya.

Ketersediaan 

  • Dell PowerEdge R760 tersedia di seluruh dunia mulai Februari 2023. 
  • Dell PowerEdge HS5620 dan HS5610 tersedia di seluruh dunia mulai April 2023. 
  • Tambahan server Dell PowerEdge generasi terbaru akan tersedia di seluruh dunia mulai semester pertama 2023. 
Berita Terkait
TERKINI

POCO Indonesia membekali HP baru ini dengan layanan after sales yang memadai....

gadget | 18:09 WIB

Redmi Note 13 Series dipastikan akan meluncur Februari 2024, cek apa yang ditawarkan....

gadget | 17:59 WIB

Redmi A3, HP murah baru dari Xiaomi Indonesia....

gadget | 18:09 WIB

Apa saja HP baru dari Redmi Note 13 Series ini?...

gadget | 12:05 WIB

Lensa telefoto periskop pada smartphone bekerja dengan prinsip yang mirip dengan teknologi periskop konvensional....

gadget | 18:59 WIB

POCO C65 resmi dipasarkan, kini tersedia di berbagai toko online....

gadget | 16:15 WIB

POCO Indonesia menyiapkan harga spesial untuk POCO M6 Pro....

gadget | 17:22 WIB

Cek apa saja fitur Samsung Galaxy A25 5G yang menunjang untuk main game....

gadget | 18:45 WIB

Hadir dengandesain khusus, cek seperti apa kartu grafis edisi tahun naga ini....

gadget | 11:41 WIB

Cek berapa harga TWS OpenRock Pro dan OpenRock S resmi di Indonesia....

gadget | 20:16 WIB

MediaTekDimensity 8300 Ultra menjadi kunci utama kehandalan POCO X6 Pro 5G....

gadget | 10:12 WIB

Xiaomi Indonesia mengkonfirmasi Redmi Note 13 segera tiba....

gadget | 10:02 WIB

Dengan Private Share, konten-konten yang hendak kamu bagikan akan dienkripsi terlebih dahulu sebelum dikirimkan....

gadget | 14:10 WIB

Pre-order Vivo Y100 5G telah dibuka, seperti apa HP baru ini?...

gadget | 10:47 WIB

Cek apa yang ditawarkan POCO X6 5G dan POCO M6 Pro ini....

gadget | 10:20 WIB

Xiaomi Indonesia mengonfirmasiupdate HyperOS untuk perangkat Redmi Note 12....

gadget | 14:26 WIB

Review POCO X6 5G hadir dengan peningkatan yang signifikan dibanding sebelumnya....

gadget | 22:00 WIB

Dell UltraSharp40 CurvedThunderbolt HubMonitor(U4025QW),monitor5K berukuran 40-inci pertama yang memiliki sertifikat bin...

gadget | 21:10 WIB
Tampilkan lebih banyak