Banyak Fitur Menarik, Penggunaan Opera Mini Makin Digemari!

Hingga saat ini, tak kurang dari 131 juta pengguna Opera Mini yang sangat aktif berselancar di internet menggunakan developer browser internet satu ini.

Agung Pratnyawan
Jum'at, 27 Januari 2023 | 10:41 WIB
Opera Mini. (ist)

Opera Mini. (ist)

Hitekno.com - Hingga saat ini, tak kurang dari 131 juta pengguna Opera Mini yang sangat aktif berselancar di internet menggunakan developer browser internet yang satu ini

Sebelum adanya Google Chrome dan Safari, kamu tentu sudah mengenal atau bahkan menggunakan Opera Mini untuk berselancar di internet. Browser Opera memang kalah populer saat ini. Tapi, jumlah penggunanya juga tergolong masih banyak di beberapa negara tertentu.

Hingga saat ini, tak kurang dari 131 juta pengguna Opera Mini yang sangat aktif berselancar di internet menggunakan developer browser internet satu ini.

Baca Juga: Bikin Penasaran, Ini Perbedaan Opera dan Opera Mini

Beberapa negara dengan jumlah pengguna tertinggi, yakni Hungaria dan Rumania. Bersama dengan Spanyol dalam kategori konsumsi data tertinggi.

Fitur dan Kelebihan Opera Mini

Opera Mini. (ist)
Opera Mini. (ist)

Opera Mini pernah meraih kejayaannya di Indonesia. Terbukti hingga tahun 2016 lalu, jumlah penggunanya mencapai 30 juta orang. Tentu saja ini tak terlepas dari fitur-fitur menarik yang tidak bisa kamu dapatkan dari developer web browser
lainnya.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Browser Ringan untuk Laptop yang Aman dan Cepat

Web browser Opera memiliki beberapa fitur yang membedakannya dari Chrome dan Safari. Dilansir dari beritateknologi.com, contohnya adalah teknologi kompresi data yang membuat pengalaman browsing lebih cepat dan hemat kuota.

Tentu saja, ini sangat berguna bagi pengguna di negara-negara dengan akses internet yang terbatas atau kuota data yang mahal.

Browser Opera punya performa sebesar 72% lebih cepat jika dibandingkan Google Chrome dan 64% lebih cepat daripada UC Browser.

Baca Juga: Cara Screenshot Panjang di Browser PC dan Laptop

Dengan menggunakan browser Opera, kamu juga bisa menghemat penggunaan data sampai 90%. Jadi kamu bisa mengunduh data dengan lebih cepat tanpa takut kehabisan paket data dan menghemat biaya pulsa bulanan.

Selain itu, browser Opera juga memiliki fitur seperti mode malam dan blokir iklan. Namun, Chrome dan Safari mungkin memiliki fitur dan kemampuan yang lebih baik dibandingkan browser Opera terutama dalam hal performa, privasi, dan keamanan.

Keuntungan menggunakan Opera Mini lainnya adalah kamu bisa lebih hemat dalam pemakaian baterai. Melalui sebuah penelitian oleh Cigniti, dengan browsing menggunakan browser ini bisa menghemat baterai hingga 14%.

Baca Juga: Cara Menghapus History di Opera Browser, Mudah dan Aman

Secara umum, browser Opera lebih cocok untuk pengguna yang mencari browser yang hemat kuota dan kinerja cepat. Sementara Chrome dan Safari lebih cocok untuk pengguna yang mencari browser dengan fitur yang lebih kompleks dan lebih aman.

Kekurangan Opera Mini

Opera Mini. (ist)
Opera Mini. (ist)

Di balik berbagai kelebihan tersebut, tentu saja Opera Mini tidak lepas dari beberapa kekurangannya. Beberapa kekurangan yang mungkin dapat menyebabkan browser Opera tidak sepopuler Google Chrome dan browser lainnya adalah:

  • Kompatibilitas: Beberapa website mungkin tidak dapat dibuka atau bekerja dengan baik di browser Opera. Karena browser ini mungkin tidak selalu dapat menampilkan teknologi terbaru yang digunakan oleh website tersebut.
  • Fitur: browser Opera memiliki fitur yang lebih terbatas dibandingkan browser lain seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox. Misalnya, Opera Mini tidak memiliki dukungan ekstensi yang sama seperti Google Chrome.
  • Performa: browser Opera dikompresi di server sebelum diteruskan ke perangkat pengguna, yang dapat menyebabkan sedikit penundaan dalam memuat halaman website. Ini juga membuat browser Opera kurang optimal dalam beberapa kasus seperti streaming video.
  • Privacy: browser Opera didesain untuk mengkompresi data sebelum diteruskan ke perangkat pengguna, hal ini membuat data yang diterima
    dan dikirim lebih aman namun dapat menyebabkan data pribadi lebih mudah dikumpulkan dan digunakan untuk tujuan iklan.
  • Standard W3C : Beberapa website yang dibuat mengikuti standar W3C mungkin tidak dapat ditampilkan dengan benar atau tidak bekerja dengan baik di browser opera. Karena browser ini mungkin tidak selalu mendukung semua standar tersebut.

Nah, itu hanya beberapa kelemahan yang mungkin dapat menyebabkan Opera Mini tidak sepopuler Google Chrome dan web browser lainnya. Namun tidak menyatakan Opera tidak baik atau tidak layak untuk kamu gunakan.

Karena browser ini juga memiliki beberapa keunggulan seperti konsumsi data yang lebih rendah dan dapat digunakan di perangkat dengan spesifikasi yang rendah.

Kesimpulan

Nah, buat kamu yang tertarik untuk mulai menggunakan Opera Mini dan memanfaatkan segudang fitur kerennya. Segera download aplikasi Opera Mini di Google Play Store dan App Store, dan rasakan pengalaman browsing internet dengan cepat, hemat baterai dan nyaman tanpa gangguan iklan.

Berita Terkait
TERKINI

Cek berapa harga resmi dan spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi 14....

gadget | 14:28 WIB

Ya, dengan HP Rp 1 jutaan sudah bisa jadi teman mudik dengan asyik....

gadget | 10:11 WIB

Jajaran Xiaomi 14, Xiaomi Watch 2, Xiaomi Watch S3, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro ini telah resmi tersedia di pasaran....

gadget | 10:03 WIB

Xiaomi Indonesia resmi membawa jajaran produk terbarunya ini, cek apa saja....

gadget | 14:41 WIB

Xiaomi 14 dirancang dengan lensa optik Leica Summilux, desain compact dan performa handal....

gadget | 14:32 WIB

Pengguna Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 bisa menikmatik kecanggihan Galaxy AI segera....

gadget | 17:08 WIB

Momen Lebaran yang sudah dekat bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk bersama-sama mengarsipkan foto, video, hingga dok...

gadget | 15:46 WIB

PayDay Sale Maret 2024 menawarkan harga spesial HP POCO....

gadget | 11:29 WIB

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB

Dibekali kamera mumpuni, ini cara membuat konten sinematik dengan SamsungGalaxy S24 Series....

gadget | 12:19 WIB

Ini beberapa fitur unggulanPOCO M6 Pro yang diklaim memberikan pengalaman lebih bagi anak muda....

gadget | 12:00 WIB

Harga Samsung Galaxy A05s masih terjangkau, cek berapa sekarang....

gadget | 10:48 WIB

Jika Anda sedang mencari komputer tanpa CPU, Anda bisa cek 4 komputer dari Acer berikut ini....

gadget | 12:44 WIB
Tampilkan lebih banyak