CEO Microchip Technology Ungkap Pencapaian dan Kesiapan Menghadapi 2023

CEO Microchip Technology menyampaikan kesiapan mereka dalam menghadapi tren semikonduktor 2023.

Agung Pratnyawan
Rabu, 18 Januari 2023 | 15:04 WIB
Logo Microchip Technology. (Microchip Technology)

Logo Microchip Technology. (Microchip Technology)

Hitekno.com - Presiden dan Chief Executive Officer Microchip ology, Ganesh Moorthy menyampaikan pencapaian perusahaannya selama 2022 dan persiapan menghadapi tren industri semikonduktor 2023.

Keadaan makroekonomi nasional dan global telah mempengaruhi industri semikonduktor, di mana kini terdapat ketidakseimbangan yang drastis antara permintaan dan pasokan chip semikonduktor.

Pemain industri harus mengatur langkahnya dengan cermat untuk tetap bertahan dan bertumbuh di tengah krisis ini yang belum jelas kapan berakhirnya.

Baca Juga: Kolaborasi Microchip dan Acacia, Transisi Optik Koheren 400G untuk Ini

Dalam kesempatan wawancara kali ini, Ganesh Moorthy, Presiden dan Chief Executive Officer Microchip menyampaikan tentang performa Microchip di tahun 2022 dan juga strateginya untuk tetap bersaing di tahun 2023.

Melihat tahun 2022, apa pendapat Anda mengenai performa Microchip dan industri semikonduktor saat ini? Apakah pencapaian utama dan progress yang telah dicapai oleh Microchip?

Microchip terus berkinerja dengan sangat baik meskipun rantai pasokan sangat terbatas. Pendapatan kami selama tiga triwulan pertama tahun ini tumbuh ~25% melebihi periode yang sama di tahun 2021. Pada triwulan September, kami melewati angka penjualan bersih tahunan sebesar $8 miliar untuk pertama kalinya, dan kami telah menegaskan kembali panduan untuk penjualan bersih konsolidasi pada triwulan Desember 2022 yang akan menghasilkan pertumbuhan berkesinambungan sebesar 3,0% dan 5,0%, atau pertumbuhan tahun ke tahun sebesar 22,7%. Kami berharap untuk mencatat rekor pendapatan untuk triwulan ke-9 berturut-turut pada triwulan Desember 2022. Kami berharap momentum ini akan berlanjut di tahun baru dan juga menyerukan pertumbuhan bekesinambungan pada triwulan Maret.

Baca Juga: Microchip Rilis Ethernet PHY 1.6T, Tawarkan Konektivitas Hingga 800 GbE

Bagaimana kilas pandang/rencana bisnis Microchip dan area fokus Microchip di tahun 2023, serta strategi dan pendekatan Anda untuk mendorong pertumbuhan?

Kondisi bisnis terus menguat sebagaimana terlihat melalui indikator internal kami. Kami percaya bahwa fokus kami yang kuat pada peluang pertumbuhan organik melalui solusi sistem total dan megatren utama pasar (infrastruktur 5G, IoT, pusat data, e-Mobilitas, pertumbuhan berkelanjutan, dan Sistem Bantuan Pengemudi Tingkat Lanjut [Advanced Driver Assistance Systems – ADAS]) telah menempatkan kami sebagai salah satu bisnis yang paling terdiversifikasi, dapat dipertahankan, memiliki pertumbuhan tinggi, memiliki margin tinggi dan menghasilkan kas dalam jumlah besar dalam industri semikonduktor. 

Kami juga telah menambahkan peningkatan belanja modal yang terkalibrasi untuk merespon peluang pertumbuhan dalam bisnis kami, melayani pelanggan kami dengan lebih baik, meningkatkan pangsa pasar kami, meningkatkan margin kotor kami, dan memberi kami kendali yang lebih besar, terutama dalam rangka mengisi kesenjangan dalam tingkat investasi yang dilakukan oleh mitra pabrikan eksternal kami dalam kapasitas khusus yang diperlukan untuk produk-produk kami.

Baca Juga: Cara Baru Meningkatkan Keamanan Alat Rumah Tangga dari Microchip Technology

Pasokan chip kini tinggi karena menurunnya permintaan. Menurut Anda, apa yang akan terjadi pada pasokan chip pada tahun 2023? Kapan Anda memperkirakan pasokan akan kembali seimbang? Berapa lama Anda mengantisipasi masalah ketidakseimbangan pasokan/permintaan chip akan terus berlanjut?

Terdapat sejumlah inventory build di pelanggan kami sebagaimana yang dapat dilihat di neraca mereka. Menurut kami, beberapa di antaranya disebabkan oleh buffer inventory build strategis, dan beberapa di antaranya disebabkan oleh perangkat yang tidak lengkap atau pemahaman bahwa ada “sekrup emas”, atau satu atau dua komponen penting untuk menyelesaikan produksi dan mulai menghasilkan pendapatan (golden screw effect). Meskipun kami telah melihat permintaan sporadis untuk mendorong backlog, permintaan ini adalah sebagian kecil dari backlog besar yang tidak didukung yang kami miliki selama beberapa triwulan (yaitu backlog yang pelanggan inginkan untuk dikirimkan kepada mereka pada triwulan September tetapi tidak dapat kami kirimkan pada triwulan September), dan karenanya tidak memiliki dampak material terhadap bisnis kami. Selain itu, tingkat percepatan dan eskalasi pelanggan yang kami alami tetap tinggi, yang menunjukkan bahwa permintaan dan pasokan tetap tidak seimbang untuk berbagai kondisi pelanggan. Untuk memanfaatkan pasokan yang tersedia sebaik-baiknya dan mengurangi inventory build pelanggan, kami terus mengalokasikan kembali pasokan masa depan dari pelanggan yang mengidentifikasi sendiri posisi persediaan kepada pelanggan yang mengalami kesulitan dengan situasi lines down yang akan segera terjadi. Selain itu, mengingat ketentuan 90 hari kami yang tidak dapat dibatalkan untuk backlog standar dan minimal 12 bulan ketentuan yang tidak dapat dibatalkan untuk backlog Program Pemasok Istimewa (Preferred Supplier Program – PSP), kami percaya ada disinsentif yang signifikan bagi pelanggan kami untuk memesan lebih dari yang mereka butuhkan. Kami memperkirakan pasokan akan tetap terkendala selama sisa tahun 2022 dan hingga tahun 2023.

Tolong jelaskan lebih lanjut mengenai PSP – Microchip meluncurkan Program Pasokan Istimewa (Preferred Supply Program – PSP) tahun lalu untuk menjawab permasalahan ketidakseimbangan pasokan/permintaan. Bagaimana Anda mengevaluasi program ini dan bagaimana hasilnya?

Baca Juga: Microchip FPGA Capai Tinggak Baru dalam Kinerja untuk Sistem Edge Computing

PSP adalah kesepakatan bersama antara Microchip dan para pelanggan kami. Para pelanggan menyetujui 12 bulan berkelanjutan dari backlog yang tidak dapat dibatalkan, dan sebagai gantinya menerima prioritas pasokan dari Microchip. Hal ini memungkinkan kami untuk mengalokasikan sumber daya secara hati-hati dengan berinvestasi dalam bahan baku, pertumbuhan kapasitas dan perluasan tenaga kerja secara disiplin. Para pelanggan menghargai program ini seperti halnya kami karena program ini memberi mereka prioritas pasokan selama adanya kendala yang dialami oleh seluruh industri. Dukungan untuk program ini telah melampaui ekspektasi kami – banyak pelanggan memberikan kami backlog PSP selama 18 - 24 bulan. Sejak peluncuran program ini pada Maret 2021, backlog ini telah berkembang dan tetap lebih dari 50% dari total backlog pada triwulan September.

Untuk memberikan konteks akan besarnya isu ketidakseimbangan permintaan dan pasokan, backlog kami yang tidak didukung (yang mewakili backlog yang diinginkan pelanggan untuk dikirimkan kepada mereka pada triwulan tertentu tetapi tidak dapat kami kirimkan pada triwulan tersebut) kembali meningkat, dan kami meninggalkan triwulan September dengan backlog tidak didukung dengan tingkat tertinggi yang pernah ada. Meskipun kapasitas meningkat secara signifikan, Microchip terus mengalami kendala di semua pabrik internal dan eksternal serta rantai pasokan terkait. 

Inovasi aplikasi pintar akan terus mendorong pertumbuhan yang cepat dan berkelanjutan. Selama tahun 2022, Internet of Things 5G+ pintar menyebar di seluruh dunia. Jenis teknologi canggih apa saja yang dapat diterapkan dan diaplikasikan dalam skala besar?

Kami tidak terlalu mengkhawatirkan tren jangka pendek pada tahun 2023 dan tetap fokus pada enam megatren yang disebutkan di atas. Megatren ini adalah tren pertumbuhan pasar yang akan terus ada dalam lima hingga sepuluh tahun ke depan; meskipun mungkin tidak semuanya akan kuat pada suatu tahun tertentu, tren-tren ini akan memberikan prospek pertumbuhan di atas rata-rata dalam jangka panjang.

Seiring ekonomi global mengalami pelambatan, bagaimana industri semikonduktor akan terpengaruh oleh resesi global dan bagaimana Microchip akan menanggapi masalah ini?

Kami menyadari kondisi makro yang melemah akibat kenaikan inflasi dan suku bunga dan memantau kondisi ini dengan cermat. Dengan indikator bisnis internal yang kuat dan beberapa ketidakpastian dalam lingkungan makro, kami telah membuat model untuk berbagai skenario serta memantau berbagai indikator dengan cermat yang memungkinkan kami untuk mengambil tindakan yang tepat saat diperlukan. Jika dihadapi dengan kondisi makro yang lebih soft, kami ingin memberikan kondisi soft landing bagi bisnis kami (Catatan: tidak ada penurunan tajam ataupun kenaikan signifikan – pent.) dengan 1) backlog PSP yang kuat;  2) bantalan permintaan yang signifikan dari backlog yang tidak didukung dalam waktu dekat; 3) mengisi kembali pasokan internal dan distribusi yang secara historis rendah; 4) tren pertumbuhan sekuler yang di atas rata-rata; 5) kebutuhan modal yang biasanya jauh lebih rendah; dan 6) kompensasi variabel yang tinggi yang akan menyangga biaya operasional.

Kami juga percaya bahwa bisnis kami menunjukkan ketahanan yang lebih baik di tengah-tengah kelemahan yang dialami oleh beberapa perusahaan semikonduktor lainnya. Pertama, strategi pertumbuhan organik kami yang dijelaskan sebelumnya telah memberi kami momentum keunggulan desain yang meningkat dan menghasilkan pendapatan yang menguntungkan selama beberapa tahun terakhir. Kedua, pasar industri, otomotif, kedirgantaraan dan pertahanan, pusat data dan infrastruktur komunikasi, yang merupakan 86% dari penjualan bersih kami, tetap kuat dan satu-satunya paparan pasar konsumen kami adalah di sektor peralatan rumah tangga yang sangat tangguh. Ketiga, sebagian besar produk kami dibangun di atas teknologi khusus yang membutuhkan jenis kapasitas yang terus menjadi yang paling terkendala dengan peluang paling kecil untuk konsumsi overship.

Itulah wawancara dengan Presiden dan Chief Executive Officer Microchip ology, Ganesh Moorthy soal pencapaian dan kesiapan dalam menghadapi tren industri semikonduktor 2023.

Berita Terkait
TERKINI

POCO Indonesia membekali HP baru ini dengan layanan after sales yang memadai....

gadget | 18:09 WIB

Redmi Note 13 Series dipastikan akan meluncur Februari 2024, cek apa yang ditawarkan....

gadget | 17:59 WIB

Redmi A3, HP murah baru dari Xiaomi Indonesia....

gadget | 18:09 WIB

Apa saja HP baru dari Redmi Note 13 Series ini?...

gadget | 12:05 WIB

Lensa telefoto periskop pada smartphone bekerja dengan prinsip yang mirip dengan teknologi periskop konvensional....

gadget | 18:59 WIB

POCO C65 resmi dipasarkan, kini tersedia di berbagai toko online....

gadget | 16:15 WIB

POCO Indonesia menyiapkan harga spesial untuk POCO M6 Pro....

gadget | 17:22 WIB

Cek apa saja fitur Samsung Galaxy A25 5G yang menunjang untuk main game....

gadget | 18:45 WIB

Hadir dengandesain khusus, cek seperti apa kartu grafis edisi tahun naga ini....

gadget | 11:41 WIB

Cek berapa harga TWS OpenRock Pro dan OpenRock S resmi di Indonesia....

gadget | 20:16 WIB

MediaTekDimensity 8300 Ultra menjadi kunci utama kehandalan POCO X6 Pro 5G....

gadget | 10:12 WIB

Xiaomi Indonesia mengkonfirmasi Redmi Note 13 segera tiba....

gadget | 10:02 WIB

Dengan Private Share, konten-konten yang hendak kamu bagikan akan dienkripsi terlebih dahulu sebelum dikirimkan....

gadget | 14:10 WIB

Pre-order Vivo Y100 5G telah dibuka, seperti apa HP baru ini?...

gadget | 10:47 WIB

Cek apa yang ditawarkan POCO X6 5G dan POCO M6 Pro ini....

gadget | 10:20 WIB

Xiaomi Indonesia mengonfirmasiupdate HyperOS untuk perangkat Redmi Note 12....

gadget | 14:26 WIB

Review POCO X6 5G hadir dengan peningkatan yang signifikan dibanding sebelumnya....

gadget | 22:00 WIB

Dell UltraSharp40 CurvedThunderbolt HubMonitor(U4025QW),monitor5K berukuran 40-inci pertama yang memiliki sertifikat bin...

gadget | 21:10 WIB
Tampilkan lebih banyak