Gadget

Microchip Rilis Ethernet PHY 1.6T, Tawarkan Konektivitas Hingga 800 GbE

Dengan bandwidth 1.6T berdensitas tinggi apa kelebihan produk baru Microchip.

Agung Pratnyawan

Microchip Ethernet PHY 1.6T. (Microchip)
Microchip Ethernet PHY 1.6T. (Microchip)

Hitekno.com - Microchip resmi mengumumkan produk barunya yakni Ethernet PHY 1.6T, menawarkan konektivitas 800GbE untuk data center cloud, AI, dan 5G.

Router, pengubah sinyal, dan kartu saluran memerlukan bandwidth yang lebih tinggi, kepadatan port dan konektivitas hingga 800 Gigabit Ethernet (GbE) untuk mengatur peningkatan lalu lintas pusat data yang didorong oleh 5G, layanan cloud, Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence – AI), dan aplikasi Pembelajaran Mesin (Machine Learning – ML).

Untuk memberikan bandwidth yang lebih tinggi, desain ini perlu mengatasi tantangan integritas sinyal yang terkait dengan transisi industri ke konektivitas Serializer/Deserializer (SerDes) 112G (gigabit per detik) PAM4 yang diperlukan untuk mendukung optik yang mudah dipasang, sistem backplane, dan prosesor paket terbaru.

Tantangan ini sekarang dapat diatasi dengan solusi PHY (physical layer – lapisan fisik) 1.6T (terabit per detik) yang berdaya rendah dan terpadat di industri dari Microchip Technology Inc. (Nasdaq: MCHP).

PM6200 META-DX2L mengurangi daya per port sebesar 35 persen dibandingkan dengan pendahulu 56G PAM4-nya, META-DX1, yang merupakan solusi PHY skala terabit pertama di industri.

"Industri sedang bertransisi ke ekosistem 112G PAM4 untuk switching kepadatan tinggi, pemrosesan paket, dan optik," kata Bob Wheeler, analis utama untuk jaringan di The Linley Group.

"META-DX2L dari Microchip menjawab permintaan ini dengan menjembatani kartu saluran untuk mengganti fabric dan optik multi-tingkat untuk konektivitas 100 GbE, 400 GbE, dan 800 GbE." lanjutnya.

Dengan bandwidth 1.6T berdensitas tinggi, footprint hemat-ruang, teknologi SerDes 112G PAM4, dan dukungan untuk kecepatan Ethernet dari 1 hingga 800 GbE, META-DX2L Ethernet PHY Microchip adalah perangkat kelas suhu industri yang menawarkan fleksibilitas konektivitas untuk memaksimalkan penggunaan kembali desain di seluruh aplikasi mulai dari retimer, gearbox, atau gearbox mundur hingga multipleksor (mux) 2:1 tanpa pukulan.

Microchip Ethernet PHY 1.6T. (Microchip)
Microchip Ethernet PHY 1.6T. (Microchip)

Fitur titik silang dan gearbox yang sangat dapat dikonfigurasi memanfaatkan sepenuhnya bandwidth I/O perangkat pengubah sinyal untuk memungkinkan koneksi fleksibel bagi kartu multi-tingkat yang mendukung berbagai optik yang dapat dicolokkan.

SerDes PAM4 berdaya rendah dari PHY memungkinkannya untuk mendukung kecepatan interface infrastruktur generasi berikutnya untuk pusat data cloud, klaster komputasi AI/ML, 5G, dan infrastruktur penyedia layanan telekomunikasi, baik melalui kabel tembaga yang ditempelkan secara langsung (direct attach copper – DAC) untuk jangkauan jauh, backplanes, atau koneksi ke optik yang mudah dipasang.

“Kami memperkenalkan PHY terabit pertama di industri, META-DX1, untuk generasi 56G. Sekarang, kami hadir dengan solusi 112G yang sama-sama transformatif dan memberikan kapabilitas yang dibutuhkan oleh pengembang sistem untuk memecahkan tantangan baru dari pusat data cloud, jaringan 5G, dan scale-out komputasi AI/ML,” ungkap Babak Samimi, wakil presiden unit bisnis komunikasi Microchip.

"Dengan menghadirkan bandwidth hingga 1.6T dalam arsitektur berdaya rendah dan dalam footprint terkecil, META-DX2L PHY menggandakan bandwidth solusisolusi sebelumnya yang terdapat di pasar sambil menetapkan tingkat efisiensi daya baru." lanjutnya.

META-DX2L ditawarkan dalam ukuran paket terkecil di industri, 23 x 30 milimeter (mm), yang menghematkan ruang untuk memberikan kepadatan port kartu saluran yang diminta oleh hyperscaler dan pengembang sistem. Keunggulan produk ini adalah:

  • Dual 800 GbE, Quad 400 GbE dan 16x 100/50/25/10/1 GbE PHY
  • Mendukung kecepatan data Ethernet, OTN, dan Fibre Channel
  • Mendukung kecepatan data eksklusif untuk aplikasi AI/ML
  • Mux 2:1 tanpa pukulan yang terintegrasi memungkinkan arsitektur ketersediaan/perlindungan tinggi
  • Titik silang yang sangat dapat dikonfigurasi yang mendukung layanan multi-tingkat pada port apapun
  • Latensi konstan yang mengaktifkan IEEE 1588 Kelas C/D PTP di tingkat sistem
  • Pengakhiran, pemantauan, dan konversi FEC antara berbagai tarif interface
  • 32 SerDes 112G PAM4 berkemampuan jangkauan jauh (long-reach – LR) dengan kemampuan program untuk mengoptimalkan daya terhadap kinerja
  • Dukungan terhadap kabel DAC yang mencakup negosiasi otomatis dan pelatihan link
  • Dukungan rentang suhu industri yang memungkinkan penggunaan di luar ruangan
  • Perangkat Pengembangan Software (Software Development Kit – SDK) Lengkap dengan upgrade tanpa pukulan dan kemampuan restart hangat, yang cocok dengan META-DX1 SDK yang telah terbukti di lapangan

Microchip menyediakan set lengkap jaminan desain, desain referensi, dan papan evaluasi untuk mendukung pelanggan membangun sistem dengan perangkat META-DX2L.

Selain teknologi Ethernet PHY, Microchip juga memberikan solusi sistem total kepada vendor sistem seperti PolarFire FPGA, PLL kinerja tinggi ZL30632, osilator, pengatur tegangan dan komponen lain yang telah divalidasi sebelumnya sebagai sistem dengan META-DX2L untuk memproduksi desain dengan lebih cepat.

Ketersediaan Produk

Sampel perangkat META-DX2L pertama direncanakan untuk diluncurkan pada kuartal keempat tahun 2021. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi halaman web PM6200 META-DX2L atau hubungi perwakilan penjualan Microchip.

Berita Terkait