Samsung Hadirkan Maintenance Mode, Ternyata Penting untuk Amankan Informasi Pribadi

Maintenance Mode dapat mengurangi kecemasan pengguna yang timbul ketika memberikan perangkat pribadi kepada orang lain untuk perbaikan.

Cesar Uji Tawakal
Selasa, 29 November 2022 | 21:58 WIB
Samsung One UI 5. (Samsung)

Samsung One UI 5. (Samsung)

Hitekno.com - Samsung Electronics Co., Ltd. telah memulai peluncuran global Maintenance Mode, fitur privasi baru yang hadir untuk perangkat Samsung Galaxy tertentu, mengikuti pilot program yang sukses di Korea dan peluncuran awal di Cina.

Maintenance Mode dapat mengurangi kecemasan pengguna yang timbul ketika memberikan perangkat pribadi kepada orang lain untuk perbaikan, dengan memampukan pengguna memblokir akses ke informasi pribadi mereka, seperti foto, pesan, atau daftar kontak mereka.

“Seluruh hidup kita ada di ponsel kita, dari informasi kartu kredit hingga foto keluarga. Dengan Maintenance Mode, kami memberikan jaminan ekstra bahwa pengguna Galaxy dapat menjaga privasi mereka, bahkan jika mereka menyerahkan ponsel kepada orang lain,” kata Seungwon Shin, VP and Head of Security Team Mobile eXperience Business, Samsung Electronics.

Baca Juga: Bobol Aplikasi Terenkripsi, Penegak Hukum Berhasil Bongkar Sindikat Narkoba, 30 Ton Obat Terlarang Disita

Samsung One UI 5. (Samsung)
Samsung One UI 5. (Samsung)

“Ini hanyalah contoh terbaru dari upaya terus-menerus kami untuk memperkenalkan cara baru yang membuat pengguna merasa aman dan memegang kendali, sehingga mereka dapat menjelajahi pengalaman seluler baru dengan tenang, mengetahui bahwa kami menjaga mereka.”

Maintenance Mode adalah sebuah cara untuk membuat sebuah akun pengguna yang terpisah saat Anda menyerahkan perangkat untuk diperbaiki, sehingga pihak teknisi dapat mengoperasikan fungsi inti tanpa dapat mengakses informasi pribadi Anda.

Yang perlu dilakukan pengguna hanyalah memilih Maintenance Mode di menu ‘Battery and device care’ di dalam 'Settings', dan me-reboot smartphone mereka. Segera setelah proses reboot, semua informasi pribadi mereka termasuk foto, dokumen, dan pesan mereka akan dibatasi .

Baca Juga: Oppo Find X6 Pro Diprediksi Hadir dalam Dua Varian, Fiturnya Premium

Setelah Maintenance Mode diaktifkan, orang yang dipercayakan untuk menangani perangkat juga tidak akan dapat mengambil aplikasi yang diinstal pengguna. Data atau akun yang dihasilkan saat menggunakan Maintenance Mode akan dihapus secara otomatis segera setelah pemilik keluar dari Maintenance Mode.

Mereka akan dapat mengunduh aplikasi di Galaxy Store, tetapi aplikasi tersebut akan dihapus secara otomatis bersama dengan data atau akun apa pun yang dibuat segera setelah pemilik keluar dari Maintenance Mode.

Perangkat Samsung Galaxy dilindungi oleh Knox, platform keamanan tingkat militer Samsung, yang menawarkan perlindungan berlapis-lapis.

Melalui kolaborasi terbuka dengan mitra industri tepercaya, berbagai potensi ancaman dapat ditemukan dan dinetralisir lebih cepat. Perlindungan keamanan perangkat keras dan perangkat lunak terintegrasi di semua area perangkat, dari chip di dalam hingga aplikasi yang diunduh pengguna.

Baca Juga: 5 Manfaat Pakai QRIS dan Terima GoPay Buat Usaha, Apa Saja?

Perlindungan real-time memastikan keamanan terus diterapkan, siang dan malam. Dengan penerapan system keamanan terdepan di industri ini, pengguna dapat yakin akan privasi mereka.

Perangkat Samsung Galaxy memungkinkan kontrol dan transparansi, dengan fitur seperti Security and Privacy Dashboard dan Permission Manager, sehingga pengguna dapat dengan mudah menentukan apa yang terjadi pada data mereka.

Samsung terus mengevaluasi dan mendorong cara-cara baru untuk menjaga keamanan pengguna. Pada tahun 2021, Samsung memperkenalkan Knox Vault, yang mengisolasi informasi paling penting dari bagian lain perangkat.

Pada Oktober 2022, perusahaan mengungkapkan Knox Matrix, visinya untuk keamanan tingkat berikutnya yang meliputi multiperangkat. Dengan terus berinovasi untuk memberikan pengalaman paling aman dan privat yang dapat dipercaya oleh konsumen, Samsung berkomitmen untuk memimpin industri dalam keamanan seluler.

Ketersediaan

Maintenance Mode berhasil diuji coba pada Galaxy S21 series di Korea pada bulan Juli, dan kemudian diluncurkan di Cina pada bulan September 2022. Fitur ini diluncurkan global secara bertahap selama beberapa bulan ke depan pada model tertentu yang menjalankan One UI 5. Peluncuran akan terus berlanjut sepanjang 2023, dengan ketersediaan yang diperluas ke lebih banyak perangkat Galaxy.

Berita Terkait

TERKINI

Cara membuat kop surat otomatis di Microsoft Word ini akan memudahkan kamu dalam membuat surat.
gadget | 14:21 WIB
Cek apa saja rekomendasi tablet murah di bawah Rp 4 juta ini, apa saja yang meanrik?
gadget | 14:14 WIB
Pembukaan gerai baru iBox ini melanjutkan komitmen ekspansi footprint retail di Indonesia.
gadget | 09:19 WIB
Dell Technologies mengenalkan Concept Nyx dan eksplorasi masa depan konktivitas.
gadget | 08:25 WIB
Cari smart TV murah, ukuran 32 inch jadi salah satu solusinya. Simak rekomendasi smart TV murah 32 inch berikut ini.
gadget | 08:00 WIB
Cek apa saja HP Android 5G termurah yang ada di pasaran, simak dalam rekomendasi HP ini.
gadget | 07:43 WIB
Tidak resmi masuk Indonesia, berapa harga HP bekas Google Pixel 4 ini? Cek keterangan ini.
gadget | 07:33 WIB
Jangan sampai salah, ketahui perbedaan antara QLED vs OLED. Mana yang paling cocok untuk layar TV?
gadget | 11:16 WIB
Hingga saat ini, tak kurang dari 131 juta pengguna Opera Mini yang sangat aktif berselancar di internet menggunakan developer browser internet satu ini.
gadget | 10:41 WIB
Menggandeng Electronics city sebagai official store, Sharp Indonesia tidak hanya menghadirkan produkproduk dengan inovasi dan teknologi baru berkualitas yang mengusung konsep produk ramah lingkungan.
gadget | 10:33 WIB
Makin jelas seperti apa Mobil Listrik Xiaomi nantinya, lihat bocoran terbarunya ini.
gadget | 10:18 WIB
Google Play Store akan melarang aplikasi Android lawas, minimal untuk Android 12 saja.
gadget | 08:29 WIB
Samsung Galaxy A23 5G vs Samsung Galaxy M23 5G, dua HP terbaru yang sama-sama menarik. Pilih mana?
gadget | 07:53 WIB
Berapa harga POCO M5 dan seperti apa yang ditawarkan HP baru dari POCO Indonesia ini?
gadget | 15:58 WIB
Banyak info yang bilang kalau perekonomian 2023 bakal gelap. Siapkah kamu menghadapinya? Yuk tambah penghasilan kamu lewat aplikasi penghasil uang.
gadget | 14:24 WIB
Dua HP baru dari Oppo Indonesia, seperti apa Oppo Reno8 T series ini? Kapan rilisnya?
gadget | 16:13 WIB
Harga Samsung Galaxy Tab A7 Lite Wifi yang cukup ternjangkau, cek apa yang ditawarkannya?
gadget | 13:22 WIB
POCO terus berkomitmen menjadi lifestyle trendsetter technology brand bagi anak muda Indonesia.
gadget | 19:05 WIB
Tampilkan lebih banyak