Qualcomm Meluncurkan Snapdragon AR2, Diklaim Bakal Jadi Kacamata AR Revolusioner

Perusahaan memperkenalkan platform augmented reality pertama di dunia yang dibuat khusus untuk digunakan pada kepala, Snapdragon AR2 Gen 1, sebagai bagian dari portofolio extended reality (XR).

Cesar Uji Tawakal
Kamis, 17 November 2022 | 18:47 WIB
Kacamata Snapdragon AR2 Gen 1. (Qualcomm)

Kacamata Snapdragon AR2 Gen 1. (Qualcomm)

Hitekno.com - Pada Snapdragon Summit 2022, Qualcomm Technologies, Inc. mengumumkan Snapdragon AR2 Gen 1 Platform, yang menghadirkan terobosan teknologi AR yang akan memulai generasi baru kacamata ramping dan berkemampuan tinggi.

Qualcomm menciptakan Snapdragon AR2 untuk merevolusi bentuk kacamata dan mengantarkan era baru pengalaman komputasi spasial untuk perpaduan dunia nyata dan metaverse.

Baca Juga: - Lihat Penyanyi Ini Lewat dari Jarak Dekat, Netizen: Aslinya Cantik Banget - Peneliti Ungkap Bahwa Rata-Rata Lelaki Makin Tak Subur selama 40 Tahun Terakhir, Bikin Resah - Bocoran HP Lipat Oppo Find N Flip, Bawa Chipset Premium Ini

Dalam menciptakan kaca AR tertipis dan berkinerja tinggi, Qualcomm telah membangun arsitektur pemrosesan terdistribusi multi-chip yang dikombinasikan dengan blok IP yang disesuaikan.

Prosesor utama menempati 40% area yang lebih kecil 2 di PCB pada kaca dan platform secara keseluruhan memberikan kinerja AI 2,5x lebih baik sekaligus dengan konsumsi daya 50% lebih sedikit untuk membantu mencapai kacamata AR yang mengonsumsi daya <1W.

Hal ini memungkinkan pengalaman AR yang kaya pada kacamata yang dapat dikenakan dengan nyaman untuk waktu yang lama dan memenuhi permintaan konsumen dan kasus penggunaan perusahaan.

Untuk menyeimbangkan berat dan mengurangi lebar lengan di kedua sisi kacamata, Snapdragon AR2 menggunakan arsitektur multi-chip yang mencakup prosesor AR, co-prosesor AR, dan platform konektivitas.

Snapdragon AR2 secara dinamis bekerja untuk mendistribusikan pemrosesan data persepsi yang sensitif terhadap latensi secara langsung pada kacamata dan membebani persyaratan pemrosesan data yang lebih kompleks ke smartphone, PC, atau perangkat host lain yang kompatibel dengan Snapdragon3.

Kacamata Snapdragon AR2 Gen 1. (Qualcomm)
Kacamata Snapdragon AR2 Gen 1. (Qualcomm)

Di luar teknologi Snapdragon AR2 yang transformatif, sangat penting untuk memberikan solusi secara keseluruhan yang terdiri dari perangkat keras, serangkaian teknologi persepsi, dan alat perangkat lunak untuk membangun pengalaman yang imersif.

Untuk memungkinkan pengembang membangun aplikasi AR yang luar biasa, Snapdragon AR2 dan Platform Snapdragon 8 Gen 2 dioptimalkan untuk menjadi Snapdragon Spaces Ready. Snapdragon Spaces XR Developer Platform dirancang untuk menjadi fondasi yang akan membuka jalan bagi pengembang untuk menata ulang konten AR yang dikenakan di kepala dan membantu mendorong seluruh segmen kaca AR.

"Kami menciptakan Snapdragon AR2 untuk mengatasi tantangan unik AR yang digunakan pada kepala dan menyediakan pemrosesan, AI, dan konektivitas terdepan di industri yang dapat masuk ke dalam faktor bentuk yang bergaya," jelas Hugo Swart, Vice President of XR Product Management, Qualcomm Technologies, Inc dikutip dari press release.

"Dengan persyaratan teknis dan fisik untuk VR/MR dan AR yang berbeda, Snapdragon AR2 mewakili platform pendefinisian metaverse lainnya dalam portofolio XR kami untuk membantu mitra OEM kami merevolusi kacamata AR."

"Microsoft bekerja sama dengan Qualcomm dalam persyaratan platform yang dibutuhkan Snapdragon AR2 untuk membantu mendefinisikan teknologi dasar yang dibangun khusus untuk membuka kemungkinan baru dalam pengalaman AR," ungkap Rubén Caballero, Corporate Vice President of Mixed Reality, Devices & Technology, Microsoft.

"Inovasi platform Snapdragon AR2 akan merevolusi perangkat AR yang digunakan pada kepala yang akan mengubah produktivitas dan kolaborasi yang imersif, dan kami menantikan untuk melihat inovasi yang akan dihadirkan oleh Qualcomm dan mitranya ke pasar."

Berita Terkait

TERKINI

Set Top Box Digital Polytron PDV 620T2 salah satu pilihan untuk membuat televisi lawas menangkap siaran TV digital.
gadget | 14:41 WIB
Xiaomi 12T 5G ditenagai MediaTek Dimensity 8100 Ultra yang memiliki performa tinggi.
gadget | 14:16 WIB
Xiaomi 13 dan Xiaomi 13 Pro membawa spesifikasi serba premium.
gadget | 14:01 WIB
Cek HP POCO kamu masuk dalam daftar penerima update Android 13 ini atau tidak.
gadget | 13:46 WIB
25 kota dan kabupaten akan resmi melakukan migrasisiaran TV analogke siaran TV digital pada 3 Desember 2022.
gadget | 13:11 WIB
Cek berapa saja harga Set Top Box Polytron yang mendukung siaran TV digital DVB-T2.
gadget | 12:57 WIB
Legal dan resmi, gunakan link live streaming Piala Dunia 2022 Argentina vs Australia berikut ini.
gadget | 09:30 WIB
Legal dan resmi, gunakan link live streaming Piala Dunia 2022 Belanda vs Amerika Serikat berikut ini.
gadget | 08:51 WIB
Sebelum belanja, cek daftar harga iPhone terbaru Desember 2022 ini.
gadget | 08:13 WIB
Mudah danlengkap, ikuti langkah-langkah cara mencari ATM BNI terdekat di Google Maps ini.
gadget | 08:06 WIB
Ada banyak sekali sistem operasi mobile yang muncul, namun tak bisa menandingi kedigdayaan Android dan iOS.
gadget | 08:00 WIB
Pei berpikir ini adalah pilihan desain yang cerdas oleh Apple, dia juga percaya fitur tersebut sedikit berlebihan
gadget | 20:49 WIB
Berikut ini adalah pengertian dan ciri-ciri iPhone HDC serta perbedaan dan persamaannya dengan iPhone Original. Patut kamu ketahui agar tidak tertipu.
gadget | 19:25 WIB
Biar nggak ketinggalan, berikut adalah link live streaming Grup G Piala Dunia 2022 yang mempertemukan Serbia vs Swiss dan Kamerun vs Brasil.
gadget | 19:18 WIB
"Ingat kalau pita kasetnya suka ngruwel," kenang netizen.
gadget | 19:08 WIB
Redmi Note 12 Pro 4G diprediksi dapat debut pada awal tahun depan.
gadget | 18:40 WIB
Rupanya tak sedikit orang yang butuh alternatif diluar Android dan Google. Inovasi yang sudah mentok bisa jadi sebab kenapa adanya platform ketiga bakal menarik untuk dinanti.
gadget | 17:41 WIB
Oppo Find N2 Flip siap meluncur dalam waktu dekat.
gadget | 17:17 WIB
Tampilkan lebih banyak