Kerap Dipandang Sebelah Mata, Ini 5 Dampak Positif Smartphone Dalam Dunia Pendidikan

Walau kerap dianggap bikin pelajar jadi malas dan kebanyakan ngegame, namun di sisi lain gadget ini punya manfaat yang besar jika dipergunakan dengan baik.

Cesar Uji Tawakal
Jum'at, 11 November 2022 | 13:23 WIB
Ilustrasi smartphone. (Nokia)

Ilustrasi smartphone. (Nokia)

Hitekno.com - Smartphone kini sudah menjadi hal yang lumrah untuk ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan anak-anak seusia SD atau TK sudah banyak yang memiliki smartphone sendiri. Smartphone merupakan telepon seluler yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih dan berkemampuan tinggi seperti komputer.

Smartphone dapat disebut sebagai komputer mini yang berbentuk telepon genggam. Siapa saja dapat mengakses berbagai aplikasi komunikasi, pendidikan, dan sosial hanya dengan menggunakan smartphone tanpa harus membuka komputer. Tidak dapat dihindari jika penggunaan smartphone terkadang sangat dibutuhkan oleh pelajar atau mahasiswa.

Tak jarang tugas di sekolah membuat mereka mau tidak mau mengakses internet di smartphone mereka karena informasi yang mereka cari tidak ada di buku pelajaran mereka. Namun, tidak sedikit dampak negatif penggunaan smartphone pada siswa dari pengetahuan ini. Hal inilah yang membuat pro dan kontra antara manfaat dan kerugian menggunakan smartphone.

Baca Juga: Video Promosi Realme 10 Pro Plus Beredar, Ini Deretan Fitur Utamanya

Berikut manfaat smartphone yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Ilustrasi smartphone RAM 6 GB. (Hitekno.com)
Ilustrasi smartphone RAM 6 GB. (Hitekno.com)

1. Memudahkan Komunikasi

Tidak bisa dipungkiri bahwa komunikasi saat ini sangat dimudahkan dengan hadirnya smartphone. Hal ini juga berlaku dalam dunia pendidikan, dimana komunikasi antara guru – siswa – orang tua dapat berjalan dengan lebih mudah dan dapat dilakukan secara masal melalui grup-grup yang tersedia pada aplikasi komunikasi, seperti whatsapp, line, atau telegram.

Baca Juga: Lihat King Kobra Jumbo Melintas di Jalan Ini, Netizen: Sekali Gigit, Keluarga Besar Kumpul

Hal ini dapat mengurangi risiko kehilangan informasi, seperti yang sering terjadi sebelum smartphone. Proses berbagi informasi atau melakukan video conference untuk mengerjakan tugas juga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja dengan bantuan smartphone, dan ini bisa sangat membantu dalam proses pembelajaran.

2. Media Hiburan

Smartphone memiliki banyak fitur hiburan dan ini bisa menjadi media untuk membantu siswa atau guru untuk melepas penat dari kebosanan. Banyak aplikasi yang bisa menjadi sarana belajar sekaligus bermain bagi mereka. Misalnya, permainan yang dapat meningkatkan kemampuan siswa yang dapat dipraktikkan dalam kehidupannya, atau permainan yang mengasah daya ingat atau kemampuan berhitung.

Baca Juga: Harga POCO M5 dan POCO M5s, Lengkap dengan Kelebihannya, Apa Saja?

3. Menambah Pengetahuan

Salah satu dampak positif dari smartphone adalah dapat membantu siswa mendapatkan informasi berbagai mata pelajaran dengan sangat mudah. Smartphone dilengkapi dengan berbagai aplikasi termasuk aplikasi edukasi.

Selain itu, dengan bantuan mesin pencari seperti Google, mahasiswa dapat mengakses berbagai informasi dan mengecek keakuratan informasi yang telah dikumpulkannya. Sangat membantu pelajar dalam mengerjakan tugas dan dapat menambah pengetahuan serta membantu untuk meningkatkan prestasi akademiknya.

4. Meningkatkan Kenyamanan dalam Belajar

Banyak siswa atau guru yang merasa lebih nyaman menggunakan smartphone saat belajar daripada harus menghabiskan banyak waktu untuk mencari sumber informasi yang mereka butuhkan dengan pergi ke perpustakaan.

Smartphone membantu mereka menghemat banyak waktu hanya dengan satu klik di kamar mereka dan dapat menggunakan waktu mereka untuk belajar atau berkomunikasi dengan teman, keluarga, atau guru mereka secara bersamaan.

5. Tersedianya Teknologi yang Lebih Canggih

Smartphone menyediakan banyak pilihan aplikasi berguna yang dapat membantu proses pembelajaran, dan mengumpulkan informasi yang dibutuhkan. Selain itu, dengan smartphone, kelas dapat diadakan secara online.

Selain itu, siswa dan guru dapat mempelajari keterampilan dan hobi baru melalui smartphone. Misalnya belajar bahasa baru, teknik menggambar, memasak, atau meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum dengan belajar melalui smartphone mereka.

Itulah dampak positif smartphone khususnya dalam dunia pendidikan. Meskipun memiliki banyak manfaat, namun jika digunakan berlebihan dan tidak bijak smartphone juga dapat memberi dampak negatif. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins
Berita Terkait
TERKINI

Manfaatkan fitur AI di Samsung Galaxy Tab S9 series untuk memenuhi kebutuhan profesionalmu sehari-hari...

gadget | 10:21 WIB

Vivo V30 Series diklaim memiliki berbagai fitur yang mendukung perjalanan mudik lebih seru....

gadget | 10:20 WIB

Cek apa saja fitur andalan Realme 12 5G ini....

gadget | 10:11 WIB

Kamera FUJIFILM INSTAX mini 99TM ini merupakan seri premium terbaru dari kamera instan analog INSTAX sekaligus evolusi d...

gadget | 15:32 WIB

Cek berapa harga resmi dan spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi 14....

gadget | 14:28 WIB

Ya, dengan HP Rp 1 jutaan sudah bisa jadi teman mudik dengan asyik....

gadget | 10:11 WIB

Jajaran Xiaomi 14, Xiaomi Watch 2, Xiaomi Watch S3, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro ini telah resmi tersedia di pasaran....

gadget | 10:03 WIB

Xiaomi Indonesia resmi membawa jajaran produk terbarunya ini, cek apa saja....

gadget | 14:41 WIB

Xiaomi 14 dirancang dengan lensa optik Leica Summilux, desain compact dan performa handal....

gadget | 14:32 WIB

Pengguna Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 bisa menikmatik kecanggihan Galaxy AI segera....

gadget | 17:08 WIB

Momen Lebaran yang sudah dekat bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk bersama-sama mengarsipkan foto, video, hingga dok...

gadget | 15:46 WIB

PayDay Sale Maret 2024 menawarkan harga spesial HP POCO....

gadget | 11:29 WIB

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB
Tampilkan lebih banyak