4 Alasan Kenapa Harus Menggunakan Aplikasi Telegram

Aplikasi chat terus bersaing dalam memenangkan hati pengguna untuk mengunduh layanan mereka. Bagaimana dengan aplikasi Telegram ini?

Agung Pratnyawan
Selasa, 01 November 2022 | 15:04 WIB
Ilustrasi Telegram. (Telegram)

Ilustrasi Telegram. (Telegram)

Hitekno.com - Apakah kamu sudah menggunakan Telegram sebagai aplikasi chatting? Jika belum, ada empat alasan kenapa kamu harus menggunakan aplikasi Telegram sebagai yang bisa diandalkan.

Banyaknya pilihan aplikasi layanan singkat atau chatting yang beredar saat ini terkadang membuat pengguna bingung memilih aplikasi mana untuk digunakan.

Aplikasi chat terus bersaing dalam memenangkan hati pengguna untuk mengunduh layanan mereka. Tersedianya berbagai pilihan aplikasi ini memaksa pengguna untuk bersikap bijak dalam memilih aplikasi yang sesuai dengan preferensi mereka.

Baca Juga: Cara Buka Telegram di PC atau Laptop, Tak Kalah Fitur dari WhatsApp

Tentu kamu pernah dihadapkan pada situasi dimana aplikasi perpesanan mengalami gangguan mati total atau shutdown, termasuk apa yang baru saja terjadi belakangan ini. Pemadaman server, besarnya ukuran aplikasi, proses sinkronisasi antar perangkat yang lamban, dan versi aplikasi yang tua biasanya menjadi alasan dibalik terjadinya gangguan ini.

Hal ini tentu saja dapat menjadi sumber ketidaknyamanan utama para pengguna karena banyak darinya tidak hanya mengandalkan layanan pengiriman pesan untuk pengiriman pesan pribadi tetapi juga untuk kepentingan pekerjaan dan studi mereka.

Inilah mengapa kebutuhan akan sebuah aplikasi perpesanan yang andal, memiliki jaringan terdistribusi tinggi, dan dapat diandalkan pengguna untuk melakukan aktivitas perpesanan online mereka menjadi semakin penting.

Baca Juga: Cara Membuat Grup Telegram dengan Mudah, Alternatif WhatsApp Grup yang Handal

Untuk mengantisipasi dan mencegah masalah ini, Telegram berkomitmen untuk memastikan pengalaman pengiriman pesan yang konsisten bagi penggunanya. Keandalan Telegram telah terbukti melalui berbagai kesempatan, seperti ketika aplikasi perpesanan lain mengalami down untuk waktu yang lama, sebanyak 70 juta pengguna beralih ke Telegram hanya dalam satu hari.

Pada 5 Oktober 2021, CEO Telegram Pavel Durov berbicara mengenai pertumbuhan pesat aplikasinya, "Saya meminta pengguna kami yang ada untuk menyapa teman-teman mereka yang baru tiba, membantu mereka membiasakan diri, dan memberi tahu mereka apa yang kami sediakan. Pastikan mereka bertahan dan melihat bagaimana Telegram lebih unggul dari pesaing."

Lihat beberapa alasan berikut mengapa kamu harus mengunduh aplikasi Telegram:

Baca Juga: Ini Cara Telegram Memberikan Perlindungan Data Pribadi

1. Ukuran Aplikasi yang Ringan

Ukuran aplikasi Telegram yang lebih ringan dibandingkan dengan aplikasi chat lainnya menjadi daya tarik mengapa kamu harus beralih ke Telegram. Sebagai perbandingan, update terbaru Telegram yang dirilis pada 21 September 2022 hanya berukuran 25,36 MB di Google Play Store.

Ini adalah ukuran yang relatif kecil terutama jika dibandingkan dengan aplikasi pesan singkat serupa lainnya yang memakan ruang penyimpanan perangkatmu setidaknya hingga 50 MB.

Baca Juga: Update Terbaru Telegram, Bawa Perubahan Besar di iOS dan Android

Ukuran aplikasi Telegram yang ringan tidak akan membuat perangkatmu menjadi lamban dan bahkan mengurangi kemungkinan aplikasi tersebut mati dengan sendirinya.

Kamu tentu tidak mau aplikasi pesan singkat memakan ruang penyimpanan perangkatmu, bukan? Jika iya, mengunduh Telegram bisa menjadi pilihan yang tepat.

Karena Telegram tidak memakan terlalu banyak ruang penyimpanan, tidak mengherankan apabila perangkat kamu dapat mengakses Telegram dengan lancar!

2. Kapasitas Penyimpanan yang Tak Terbatas

Dengan Telegram, kamu dapat merasakan ukuran aplikasi yang ringan dengan kapasitas penyimpanan maksimum! Meskipun aplikasi Telegram tidak memakan terlalu banyak ruang di ponsel kamu, yang memungkinkan perangkat kamu menjalankan aplikasi dengan optimal, melalui fitur penyimpanan cloud Telegram, kamu bisa menyimpan dan mengakses semua jenis data seperti pesan, gambar, video, dan berbagai file lainnya hingga ukuran maksimal 2 GB dengan mudah dan kapasitas tidak terbatas.

Pengguna Telegram Premium bahkan dapat mengunggah file dengan ukuran hingga 4 GB. Tak hanya itu, kamu dapat menggunakan fitur Saved Messages sebagai penyimpanan cloud pribadi kamu. Dengan basis cloud dan opsi manajemen cache, kamu tidak perlu khawatir ruang penyimpanan perangkat ponsel kamu akan habis karena Telegram!

3. Telegram Tersedia di Lebih Banyak Perangkat dan Sistem Operasi

Sebagai aplikasi pesan singkat berbasis cloud dengan sinkronisasi tanpa batas, Telegram memungkinkan pengguna untuk mengakses pesan mereka dari berapa perangkat sekaligus.

Pengguna dapat mengakses Telegram dari smartphone, tablet, dan komputer secara bersamaan tanpa perlu khawatir pesan mereka tidak tersinkronisasi di berbagai perangkat tersebut.

Telegram memiliki aplikasi desktop yang tersedia pada perangkat dengan sistem operasi Windows, MacOS dan Linux, serta aplikasi independennya sendiri di MacOS. Selain itu, Telegram juga hadir dengan versi web, yang artinya pengguna dapat mengakses Telegram dari perangkat apa pun yang memiliki browser! Nyaman, bukan?

Untuk akses melalui smartphone, Telegram dapat diunduh oleh perangkat dengan sistem operasi iOS 9 ke atas dan Android 6.0 ke atas. Berbeda dengan layanan perpesanan lainnya yang kerap mengehentikan akses bagi perangkat dengan sistem operasi yang relatif tua, Telegram selalu berupaya untuk menyediakan layanannya dapat digunakan oleh perangkat dari semua sistem operasi.

4. Proteksi Data yang Terjamin

Telegram percaya bahwa pengguna harus memegang penuh kendali atas data pribadi mereka. Untuk mewujudkan misi tersebut, Telegram menghadirkan beberapa fitur yang memastikan keamanan penggunanya dapat terjaga dengan maksimal.

Salah satunya adalah Secret Chats, sebuah fitur Telegram yang memungkinkan pengguna untuk saling berkirim pesan rahasia kepada satu sama lain. Sebuah fitur yang tidak ditawarkan oleh banyak pesaingnya. Dengan fitur ini, transisi kamu ke Telegram tidak hanya akan menjadi proses yang nyaman, tetapi kamu juga dapat memastikan bahwa data kamu tetap terlindungi dengan terjaganya kerahasiaan pesan kamu.

Telegram juga memberikan pilihan bagi penggunanya untuk tidak menampilkan nomor telepon pada akun mereka. Pengguna justru diberi kebebasan untuk memilih username sesuai keinginan mereka.

Telegram juga menyediakan cara bagi pengguna untuk membeli dan menjual username Telegram mereka melalui lelang di platform Fragment. @auto, @avia, dan @bank adalah tiga username paling populer yang tengah dilelang dan diperebutkan dengan nilai tawaran masing-masing paling kecil adalah 525.000, 262.000, dan 210.000 Toncoin (USD$1,65/Toncoin). Dengan cara ini, Telegram memastikan kepemilikan penggunanya atas handle media sosial mereka sendiri.

Selain itu, seperti yang dapat dilihat dari FAQ Telegram sendiri, fokus utama mereka bukanlah untuk menghasilkan keuntungan. Ini memastikan bahwa kepentingan komersial tidak akan mengganggu misi Telegram dalam menyediakan sarana komunikasi yang aman dengan memberikan kendali penuh kepada penggunanya atas data apa yang ingin mereka bagikan.

Karena kebutuhan pribadi pengguna yang berbeda-beda, tentu tidak ada jawaban pasti dalam menentukan aplikasi chat mana yang lebih baik. Namun, setelah melihat fitur-fitur yang ditawarkan Telegram, tidak mengherankan apabila Telegram dapat membuat pengalaman chatting pengguna menjadi lebih aman, efisien, dan menyenangkan. Mungkin kini saatnya bagi kamu untuk dapat memulai mempertimbangkan mengunduh Telegram

Berita Terkait
TERKINI

Vivo V30 Series diklaim memiliki berbagai fitur yang mendukung perjalanan mudik lebih seru....

gadget | 10:20 WIB

Cek apa saja fitur andalan Realme 12 5G ini....

gadget | 10:11 WIB

Kamera FUJIFILM INSTAX mini 99TM ini merupakan seri premium terbaru dari kamera instan analog INSTAX sekaligus evolusi d...

gadget | 15:32 WIB

Cek berapa harga resmi dan spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi 14....

gadget | 14:28 WIB

Ya, dengan HP Rp 1 jutaan sudah bisa jadi teman mudik dengan asyik....

gadget | 10:11 WIB

Jajaran Xiaomi 14, Xiaomi Watch 2, Xiaomi Watch S3, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro ini telah resmi tersedia di pasaran....

gadget | 10:03 WIB

Xiaomi Indonesia resmi membawa jajaran produk terbarunya ini, cek apa saja....

gadget | 14:41 WIB

Xiaomi 14 dirancang dengan lensa optik Leica Summilux, desain compact dan performa handal....

gadget | 14:32 WIB

Pengguna Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 bisa menikmatik kecanggihan Galaxy AI segera....

gadget | 17:08 WIB

Momen Lebaran yang sudah dekat bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk bersama-sama mengarsipkan foto, video, hingga dok...

gadget | 15:46 WIB

PayDay Sale Maret 2024 menawarkan harga spesial HP POCO....

gadget | 11:29 WIB

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB

Dibekali kamera mumpuni, ini cara membuat konten sinematik dengan SamsungGalaxy S24 Series....

gadget | 12:19 WIB
Tampilkan lebih banyak