Manfaat Penerapan Teknologi Attendance Management untuk Perusahaan

Mekari Talenta menyediakan aplikasi absensi karyawan dengan keunggulan yang memang dibutuhkan perusahaan.

Agung Pratnyawan
Kamis, 27 Oktober 2022 | 08:41 WIB
Ilustrasi karyawan kantor. (pixabay)

Ilustrasi karyawan kantor. (pixabay)

Hitekno.com - Absensi tidak sekedar data kehadiran karyawan. Sistem ini juga dibuat untuk bisa dikelola yang nantinya berguna untuk manajemen mengambil keputusan atau kebijakan. Untuk itulah ada sistem khusus untuk mengelola absensi yang biasa disebut Attendance Management.

Attendance Management memegang relevansi besar dengan produktivitas di tempat kerja dan profitabilitas organisasi. Melacak kehadiran karyawan dapat membantu perusahaan tumbuh dan berkembang dalam domain bisnisnya masing-masing.

Seiring perkembangan teknologi, maka Attendance Management juga sudah bisa dilakukan melalui software. Ini merupakan sebuah aplikasi yang dirancang khusus untuk mengolah data absensi perusahaan yang pengoperasiannya menjadi lebih optimal karena bisa dilakukan secara otomatis.

Baca Juga: Mampu Mengatur Karyawan Secara Efektif, Ini 7 Keunggulan Aplikasi Absen Online Lainnya

Salah satu penyedia aplikasi absensi karyawan ini adalah Mekari Talenta. Sebagai perusahaan penyedia layanan Human Resource Information System (HRIS), Mekari Talenta menyediakan aplikasi absensi karyawan dengan keunggulan yang memang dibutuhkan perusahaan.

Manfaat Penerapan Teknologi Attendance Management untuk Perusahaan

Adanya teknologi Attendance Management dari Mekari Talenta ini tentu akan memudahkan dan mengefektifkan proses pengelolaan absensi karyawan. Maka dari itu, inilah manfaat yang akan Anda dapatkan jika menggunakan sistem absensi ini:

Baca Juga: Software Attendance Management Bahasa Indonesia Sebagai Solusi Absensi Online

1. Mencatat Waktu Secara Real-time

Sistem absensi dari Mekari Talenta ini mampu mencatat waktu kehadiran serta kepulangan karyawan secara real-time. Dengan catatan yang benar, akan memudahkan manajemen untuk melakukan pengelolaan data untuk proses kerja selanjutnya.

2. Terintegrasi Pada Sistem Kerja Lainnya

Baca Juga: Mengenal Aplikasi Inventaris Barang: Pengertian, Cara Mengelola dan Rekomendasinya

Data absensi ini tentunya akan dimanfaatkan kembali ke beberapa sistem kerja lainnya. Misalnya saja untuk menghitung gaji, penilaian karyawan, memberikan bonus, dan lainnya sebagainya.

Agar memudahkan dalam melakukan seluruh pengerjaan tersebut, Aplikasi absensi karyawan Mekari Talenta akan terintegrasi dengan seluruh sistem kerja secara otomatis. Jadi Anda bisa langsung mengelola data absensi dengan cepat.

3. Mudah Digunakan

Baca Juga: 4 Keuntungan Menggunakan Aplikasi Gajian Online untuk Memudahkan Pekerjaan HRD

Software ini tentunya dirancang untuk memudahkan seluruh penggunanya baik manajemen perusahaan maupun para karyawan. Dengan kemudahan akses ini, tentunya akan meningkatkan produktivitas kerja.

4. Dapat Diakses Di Mana Saja dan Kapan Saja

Karena software ini hanya membutuhkan akses internet yang stabil, Anda bisa mengaksesnya di mana saja dan kapan saja dengan handphone atau komputer pribadi. Selain itu, Anda juga tidak harus datang ke kantor untuk melakukan pengelolaan data.

5. Menghasilkan Laporan Absensi yang Akurat

Kesalahan dalam pembuatan laporan kerja seperti halnya absensi akan mengakibatkan kesalahan yang fatal. Tapi dengan aplikasi absensi karyawan Mekari Talenta, pembuatan laporan akan sesuai dengan data yang ada dan akan menghasilkan laporan yang akurat. Jadi, laporan ini bisa dimanfaatkan secara baik.

Segala kemudahan yang diberikan aplikasi absensi karyawan Mekari Talenta dalam attendance management akan berdampak besar bagi perusahaan.

Hal-hal yang dahulu dilakukan secara manual dan membuang-buang waktu, sekarang bisa dengan efektif dan efisien dilakukan. Baik HRD ataupun karyawan lain bisa memanfaatkan waktunya untuk mengerjakan hal-hal produktif yang lebih menguntungkan.

Fitur Pada Aplikasi absensi karyawan Mekari Talenta

Software Attendance Management Bahasa Indonesia dari Mekari Talenta. (Mekari)
Software Attendance Management Bahasa Indonesia dari Mekari Talenta. (Mekari)

Aplikasi absensi karyawan dari Mekari Talenta memiliki sistem yang terpadu dalam modul Time Management. Sistem ini memiliki ragam fitur yang menjadikannya unggul dibanding sistem absensi lain. Fitur-fitur yang ada juga memiliki fungsi yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan secara umum.

Fitur utama yang ada pada aplikasi absensi karyawan dari Mekari Talenta tersebut adalah sebagai berikut.

1. Time Group

Time Group merupakan fitur yang difungsikan untuk mengelompokkan karyawan yang memiliki jam kerja yang sama. Sehingga, anda dapat mengelola jadwal dan status kehadiran karyawan dengan lebih terstruktur. Melalui jadwal ini nantinya akan dibandingkan dengan data absensi karyawan untuk mendapatkan status kehadirannya.

Menu ini juga memiliki komponen lain seperti:

  • Pengaturan Jam Kerja Fleksibel
  • Toleransi Keterlambatan
  • Cuti Tahunan
  • Upah Lembur
  • Overtime Rounding
  • Flexible Holiday Overtime.

Komponen-komponen ini bisa diatur sesuai dengan kebutuhan masing-masing perusahaan.

2. Calendar

Pada fitur calender akan ditampilkan seluruh libur dan event perusahaan. Melalui calender ini, anda bisa mengatur kriteria karyawan yang bisa mendapat libur atau mengikuti event perusahaan. Tampilan menunya sendiri sederhana sehingga mudah untuk dipahami.

3. Schedule Exception

Pergantian jadwal sangat mungkin dilakukan oleh karyawan karena alasan-alasan tertentu. Jika sebelumnya harus mengurus izin dari HRD dengan prosedur yang seringkali membuang waktu, maka dengan Menu Schedule Exception semua bisa dengan mudah dilakukan.

Menu ini juga sangat memudahkan perusahaan yang menerapkan aturan jam kerja shift bagi sebagian karyawannya.

4. Leaves

Menu Leaves digunakan untuk mengatur konfigurasi cuti perusahaan. Fitur ini juga berfungsi dalam menentukan kuota cuti, periode kuota, dan daftar karyawan yang berhak menerima cuti.

5. Permission Request

Kekeliruan pencatatan ketika karyawan izin datang terlambat untuk urusan tertentu bisa teratasi melalui Menu Permission Request.

Menu ini memungkinkan karyawan mengajukan izin datang terlambat atau pulang cepat dan dapat langsung dikelola secara administratif. Hal ini membuat pelacakan jika catatan kehadiran tidak sesuai dengan jam kerja bisa dilakukan dengan mudah.

6. Leave Request

Agar karyawan bisa dengan mudah mengelola cutinya sendiri, maka mereka bisa menggunakan fitur Leave Request. Fitur ini tidak hanya difungsikan untuk mengajukan cuti, tetapi juga untuk melihat kuota cuti mereka.

7. Overtime Request

Pengajuan lembur oleh karyawan cukup dilakukan melalui fitur Overtime Request. Nantinya, admin atau manajemen HRD bisa langsung memberikan izinnya atau tidak dengan mudah tanpa prosedur yang berbelit-belit.

8. Timesheet

Pada fitur Timesheet, manajemen HRD dapat mengelola catatan kehadiran karyawan dengan mudah. HRD bisa langsung memasukkan data kehadiran dan kemudian dianalisis dan dibandingkan dengan jadwal karyawan. Menu ini sendiri memiliki dua jenis yaitu timesheet yang belum di-analyze dan menu yang telah di-analyzed.

9. Time Definition

Fungsi absensi salah satunya adalah untuk menentukan dalam perhitungan payroll atau kompensasi. Oleh karena data absensi sudah dengan mudah didapat melalui aplikasi absensi karyawan dari Mekari Talenta, maka proses perhitungan payroll juga menjadi lebih efisien dan akurat.

Manfaat Aplikasi absensi karyawan untuk Mendisiplinkan Karyawan

Karyawan yang disiplin dalam waktu pastinya menjadi harapan setiap perusahaan. Untuk menciptakan karyawan yang disiplin dan berkarakter baik tentunya terdapat berbagai usaha yang harus dilakukan.

Tetapi dalam praktiknya, hal tersebut tidak selalu berjalan dengan lancar karena terhalang oleh beberapa kendala. Menggunakan aplikasi absensi karyawan bisa menjadi solusi terbaik untuk mendisiplinkan karyawan perusahaan.

3 Masalah Utama dalam Mendisiplinkan Karyawan

Lalu, apa saja masalah yang dihadapi karyawan saat mendisiplinkan karyawan? Terdapat berbagai kendala yang dihadapi perusahaan saat mendisiplinkan karyawan, antara lain:

1. Karyawan yang Sering Datang Terlambat

Kebanyakan kantor atau perusahaan memiliki waktu datang dan pulang yang sudah ditetapkan. Tetapi, masih banyak karyawan yang datang terlambat tanpa memberikan alasan yang jelas.

Padahal cara agar setiap target perusahaan bisa segera terselesaikan adalah dengan memulai disiplin soal waktu. Pihak HRD atau perusahaan tentunya harus memikirkan solusi yang tepat untuk meminimalisir keterlambatan karyawan.

2. Pulang Sebelum Waktunya

Selain terlambat hadir, karyawan yang sering pulang sebelum waktunya juga termasuk ke dalam hambatan saat mendisiplinkan karyawan. Rata-rata karyawan di Indonesia memiliki jumlah jam kerja antara 6 hingga 8 jam perhari tergantung dengan kebutuhan perusahaan.

Untuk itu, setiap karyawan harus mematuhi aturan waktu kerja yang sudah ditetapkan masing-masing kantor. Karena jumlah jam kerja tersebut sudah diatur sesuai dengan beban tugas yang dikerjakan karyawan.

3. Tidak Hadir ke Kantor Tanpa Pemberitahuan

Setiap karyawan memiliki jatah cuti yang bisa mereka pakai jika terdapat urusan atau kendala yang menyebabkan mereka tidak bisa datang ke kantor. Jika terdapat karyawan ingin mengajukan izin, tentunya mereka harus menginformasikannya kepada HRD terlebih dahulu.

Namun terkadang, masih ada beberapa karyawan yang tiba-tiba tidak hadir tanpa memberitahukan atau mengajukan izin terlebih dahulu. Hal tersebut dapat menyebabkan pekerjaan tugas karyawan tersebut menjadi terhambat dan membebankan tugas itu kepada orang lain.

Ingin Mendisiplinkan Karyawan? Gunakan Aplikasi absensi karyawan Mekari Talenta!

Masalah terbesar dalam mendisiplinkan karyawan adalah pengelolaan manajemen waktu yang tidak rapi. Manajemen waktu yang baik pastinya akan menciptakan produktivitas kerja karyawan sehingga target kerja akan cepat terselesaikan. Agar semua itu bisa terealisasikan, solusinya adalah dengan menggunakan aplikasi absensi karyawan dari Mekari Talenta.

Aplikasi absensi karyawan akan membantu Anda untuk mengelola kehadiran karyawan dan juga mengatur waktu kerja yang lebih efektif. Aplikasi ini memiliki berbagai manfaat yang bisa meningkatkan kualitas dan disiplin karyawan, diantaranya adalah:

1. Mengelola Kehadiran Karyawan

Divisi HR memiliki tugas untuk mengelola kehadiran karyawan setiap hari. Jika masih mengelola data kehadiran secara manual tentu saja akan lebih lama dan menghambat untuk mengerjakan tugas lain. Dengan menggunakan aplikasi absensi karyawan, data kehadiran karyawan akan dikelola secara otomatis.

2. Jadwal Kerja yang Lebih Teratur

Aplikasi absensi karyawan memiliki keunggulan seperti mengatur jadwal kerja karyawan agar yang lebih teratur. Jam kerja yang baik akan membuat karyawan lebih efektif dalam bekerja.

3. Mengganti Jadwal Kerja

Karyawan yang berhalang hadir bisa menukar jadwal kerja di hari lain atau dengan karyawan lain. Jadi proses kerja karyawan bisa tetap berjalan seperti biasanya.

4. Mengajukan Cuti dengan Fitur Leaves

Fitur leaves dalam aplikasi absensi karyawan memiliki kegunaan bagi karyawan yang ingin mengajukan cuti. Fitur ini tentu saja bisa diakses dengan mudah tanpa melalui proses yang panjang.

5. Mengetahui Sisa Kuota Cuti Melalui Aplikasi Absensi Karyawan

Sebelum mengajukan cuti, HRD bisa melihat sisa kuota cuti yang dimiliki karyawan. Dengan begitu, HRD bisa menginformasikan kepada karyawan dan karyawan pun bisa memanfaatkan jadwal cutinya dengan sangat baik.

6. Mengelola Waktu Lembur

Karyawan bisa mengajukan waktu lembur jika terdapat tugas yang menumpuk dan tidak bisa diselesaikan secara tepat waktu. Selanjutnya, admin atau divisi HR akan diberikan tugas untuk mengatur sendiri proses approval lembur.

Demikianlah artikel mengenai masalah apa saja yang biasa dihadapi perusahaan saat mendisiplinkan karyawan terlebih soal manajemen waktu. Agar pengelolaan waktu kerja bisa diatur dengan mudah, Aplikasi absensi karyawan menjadi solusi yang tepat untuk digunakan di perusahaan.

Aplikasi absensi karyawan memiliki beberapa manfaat yang akan membantu perusahaan khususnya divisi sumber daya manusia untuk meningkatkan kedisiplinan karyawan. Anda juga bisa mengatur komponen-komponen tambahan lain ke dalam sistem yang berkaitan dengan peraturan perusahaan dalam hal aturan jam kerja.

Berita Terkait

TERKINI

Ridley Scott ingin bikin film pakai kamera dari ponsel flaghsip Samsung Galaxy S23 Ultra.
gadget | 20:00 WIB
Dengan ukuran sistem operasi sebesar itu, pengguna ponsel bermemori 128 GB tentu bakal cepat kehabisan ruang untuk aplikasi.
gadget | 17:16 WIB
Lebih dekat dengan sederet fitur baru status WhatsApp yang akan dihadirkan. Lebih Seru!
gadget | 15:19 WIB
Seberapa ciamik calon penerus Nothing Phone 1 ini? Berikut bocorannya.
gadget | 14:53 WIB
Chipset jempolan ini sudah ada tapi di Indonesia, dan POCO X5 Pro tentu bakal harus meladeni perlawanan alot dari kompetitor.
gadget | 14:46 WIB
POCO X5 diklaim bisa melibas game populer seperti MLBB, PUBG Mobile, hingga Genshin Impact.
gadget | 11:32 WIB
Realme GT Neo 5 akan membawa fast charging 240 W.
gadget | 09:04 WIB
Spesifikasi POCO X5 Pro sangat menarik di kelas menengah.
gadget | 08:36 WIB
Mirip tapi beda, ini yang perlu kamu tahu tentang perbedaan prosesor dengan chipset.
gadget | 19:07 WIB
Setelah lakukan PHK massal, Meta ingin berforkus untuk kembali meraih keuntungan.
gadget | 18:00 WIB
Anjloknya penjualan smartphone telah berdampak pada banyak produsen dan mitra mereka.
gadget | 17:42 WIB
Pixel kemungkinan bakal menjadi HP pertama dengan Android 14.
gadget | 16:38 WIB
Gempa Turki ini sempat memancing alarm peringatan tsunami di pesisir Eropa.
gadget | 15:10 WIB
Apple mengirimkan 22.5 juta unit pada Q4 2022.
gadget | 14:32 WIB
Vivo Y100 menawarkan konektivitas 5G dan RAM hingga 16 GB.
gadget | 13:41 WIB
Lagi bermasalah dengan monitor kedua di Windows 10? Coba cek beberapa tips dari Hitekno.com berikut ini.
gadget | 13:35 WIB
Berikut adalah langkah-langkah plus syarat yang perlu ditempuh untuk mendaftar GoFood.
gadget | 12:36 WIB
Cek daftar harga HP Advan terbaru per Februari 2023 berikut ini. Daftar ini bisa kamu jadikan rekomendasi sebelum membeli.
gadget | 11:42 WIB
Tampilkan lebih banyak