Gadget

Update iOS 16 Bikin Baterai iPhone Boros? Cek Ini Cara Mengatasinya

Benarka update iOS 16 membuat baterai iPhone boros dibanding sebelumnya?

Agung Pratnyawan

Update iOS 16. (Apple)
Update iOS 16. (Apple)

Hitekno.com - Update iOS 16 yan diberikan Apple disebut-sebut membuat baterai iPhone boros setelah memberikan pembaruan. Hal ini dikelutkan sejumlah pengguna iPhone yang telah memperbarui sistem operasi iOS 16.

Diwartakan Suara.com, beberapa pengguna mengeluhkan kalau sistem operasi terbaru itu membuat baterai iPhone boros dibandingkan sebelumnya.

Hal itu dinilai normal karena banyak pembaruan untuk memperbarui seluruh sistem operasi, seperti dilaporkan ZDnet, Senin (19/8/2022).

Pembaruan sistem operasi itu mencakup mengunduh dan memverifikasi, memastikan ada cukup ruang, melakukan pembaruan, membersihkan setelah update, dan membuat efektif aplikasi utama usai pembaruan.

Nah, aktivitas itu memang membutuhkan daya baterai jauh lebih banyak ketimbang penggunaan biasa.

Alhasil, baterai iPhone boros alias menjadi anjlok setelah memperbarui sistem operasi iOS 16.

Lebih lagi proses pembersihan yang terjadi usai update software dapat memakan waktu berhari-hari untuk menyelesaikannya.

Kesehatan baterai iPhone. [Apple]
Kesehatan baterai iPhone. [Apple]

Hal itu memberikan kesan kalau baterai lebih cepat boros, padahal sebenarnya tidak.

Jadi disarankan pengguna menggunakan iPhone secara normal selama beberapa hari. Kemungkinan masalah baterai boros bisa selesai sendiri.

Tips lainnya adalah melakukan update teratur untuk aplikasi di App Store. Ada kemungkinan kalau aplikasi itu bermasalah usai diluncurkan iOS 16.

Apple juga dipastikan segera merilis iOS 16.0.1. Jadi pengguna cukup menunggu sistem operasi itu digulirkan karena itu akan memperbaiki berbagai bug, tak terkecuali baterai boros.

Apakah normal apabila Battery Health turun setelah update iOS 16?

Kesehatan baterai iPhone. [Apple]
Kesehatan baterai iPhone. [Apple]

Battery Health adalah salah satu fitur yang paling disorot pengguna iPhone dari update iOS 16.

Battery Health atau Layar Kesehatan Baterai mencakup informasi mengenai kapasitas maksimum dan kemampuan kinerja puncak baterai.

Pengguna bisa melihat status Battery Health itu lewat Settings > Battery > Battery Health.

Melansir halaman Support Apple, Kapasitas baterai maksimum mengukur kapasitas baterai perangkat relatif dibandingkan pada saat baterai tersebut masih baru.

Kapasitas baterai akan menurun seiring bertambahnya umur kimia baterai, yang mengakibatkan waktu penggunaan perangkat sebelum pengisian ulang berikutnya menjadi lebih singkat.

Bergantung dari lama waktu saat waktu pembuatan iPhone sampai diaktifkan, kapasitas baterai akan berkurang sedikit dari 100 persen.

Baterai normal didesain untuk menyimpan hingga 80 persen kapasitas awalnya di 500 siklus pengisian ulang lengkap saat beroperasi dalam keadaan normal.

Namun hal itu dinilai tidak masalah. Baterai iPhone setidaknya harus baik selama tiga tahun. Jika lewat dari itu, maka pengguna disarankan untuk segera menukarnya dengan baterai baru.

Itulah update iOS 16 yang disebut-sebut memuat baterai iPhone boros dibandingkan sebelumnya. (Suara.com/ Dicky Prastya)

Berita Terkait