Gadget

Kini iOS 16 Bisa Edit Chat iMessage, Begini Caranya

Melalui update iOS 16, Apple telah memperkenalkan fitur ke aplikasi Chat iMessage, yang memungkinkan kamu untuk membatalkan pengiriman dan mengedit pesan terkirim.

Agung Pratnyawan

Update iOS 16. (Apple)
Update iOS 16. (Apple)

Hitekno.com - Update iOS 16 juga memberikan pembaruan pada aplikasi chat iMessage di iPhone. Yakni memungkinkan adanya cara edit chat iMessage menggunakan iOS 16 yang disediakan Apple.

Fitur baru aplikasi chat iMessage dari update iOS 16 ini tentu berguna untuk kamu yang sering typo atau salah kirim chat. 

Kita semua telah melakukan hal yang sama, setelah mengirim pesan dan kemudian menyesalinya. Entah itu pesan salah kirim orang atau kesalahan ejaan saat mengirimkan pesan.

Sementara aplikasi perpesanan seperti Signal dan WhatsApp memiliki beberapa versi "hapus untuk semua orang,". Lalu bagaimana buat pengguna aplikasi chat iMessage jika ingin mengedit pesat atau membatalkan pesan terkiri.

Melalui update iOS 16, Apple telah memperkenalkan fitur ke aplikasi Chat iMessage, yang memungkinkan kamu untuk membatalkan pengiriman dan mengedit pesan terkirim.

iMessage. [Apple]
iMessage. [Apple]

Pertama, kamu harus menyadari bahwa proses edit chat iMessage ini tidak dibuat untuk dirahasiakan.

Jika ingin membatalkan pengiriman atau mengedit pesan, penerima akan diberi tahu tentang perubahan tersebut, jika mereka juga memiliki iOS 16.

Jika mereka memiliki versi iOS yang lebih lama, dan kamu mengedit pesan, mereka hanya akan mendapatkan versi lain dari pesan tersebut dan membatalkan pengiriman tidak akan menghapus pesan dari perangkat mereka.

Cara mengedit pesan di iMessage. [Apple]
Cara mengedit pesan di iMessage. [Apple]

Dilansir laman The Verge, Minggu (18/9/2022), berikut cara menghapus chat iMessage:

  • Tekan lama pada pesan.
  • Pada menu tarik-turun, ketuk Urungkan Pengiriman.
  • Pesan akan segera hilang dan akan berwarna abu-abu di layar iMessage, dengan "Anda belum mengirim pesan" di bawahnya.
  • Dalam beta publik pertama dari fitur ini, kamu diizinkan 15 menit untuk membatalkan pengiriman pesan. Namun, itu telah diubah menjadi dua menit, setelah itu opsi akan hilang dari menu tarik-turun.

Sedangkan berikut cara edit chat iMessage pada iOS 16:

  • Tekan lama pada pesan.
  • Pada menu tarik-turun, ketuk Edit.
  • Edit pesan Anda dan ketuk tanda centang di sebelah kanan pesan untuk mengirim koreksi.
    (Atau ketuk "x" di sebelah kiri pesan jika Anda berubah pikiran tentang mengubah teks.)
  • Jika ingin melihat semua suntingan kamu, ketuk tautan kecil yang Diedit di bawah pesan. Kemudian dapat mengetuk Sembunyikan Pengeditan untuk hanya melihat pesan terakhir.
  • Kamu memiliki sedikit lebih banyak waktu untuk mengedit pesan, yakni 15 menit penuh.

Jika menekan lama pada pesan kamu setelah 15 menit berlalu, maka opsi Edit tidak akan ada lagi di menu. Tetapi ada satu batasan lagi: kamu hanya dapat mengeditnya hingga lima kali; setelah itu, opsi Edit di menu drop-down menghilang.

Itulah bagaimana cara edit chat iMessage pada iOS 16 yang dihadirkan Apple. (Suara.com/ Dythia Novianty).

Berita Terkait