Gadget

Update iOS 16, Hadirkan Fitur Hapus Background Foto ala Photoshop

Bagaimana cara hapus background foto di iOS 16 ini?

Agung Pratnyawan

Update iOS 16. (Apple)
Update iOS 16. (Apple)

Hitekno.com - Update iOS 16 telah menghadirkan sederet fitur baru ke iPhone. Termasuk ada kemampuan edit foto, bahkan sampai hapus background foto ala Photoshop.

Fitur baru yang bernama Remove subject from background atau hapus background foto yang dihadirkan dalam update iOS 16 untuk iPhone.

Seperti apa fitur baru untuk hapus background foto ala Photoshop ini? Apple menghadirkan fitur tersebut yang sudah bisa digunakan pengguna iPhone.

Sesuai namanya, baru fitur ini memungkinkan pengguna menghapus objek dari background atau latar belakang, seperti dikutip dari ZDnet, Senin (19/8/2022).

Lalu bagaimana menggunakan fitur Remove subject from background dalam update iOS 16 tersebut.

Berikut cara hapus background foto di iOS 16 atau iPadOS 16:

  • Buka aplikasi Photos
  • Pilih foto yang mau diedit
  • Tekan lama bagian foto
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul garis kilatan yang menandakan objek terdeteksi
  • Klik opsi Copy untuk menyalin foto tanpa background
  • Ketuk 'Paste' di aplikasi untuk membagikan seperti Notes atau WhatsApp

 

Fitur Edit Hapus Background Foto di iOS 16. [Apple]
Fitur Edit Hapus Background Foto di iOS 16. [Apple]

Pengguna juga bisa menyalin foto tersebut dengan menekan lama dan beralih ke aplikasi lain untuk membagikannya. Foto tanpa background itu juga bisa disimpan langsung di galeri. 

Caranya cukup tekan foto hingga ada kilatan, lalu pilih opsi 'Share', dan ketuk 'Save Image'. Memang hasil fotonya tidak terlalu sempurna layaknya editan Photoshop.

Tapi, fitur ini dinilai cukup berguna apabila kalian sedang terburu-buru untuk membagikan hasil foto tanpa latar belakang.

Perlu diketahui kalau fitur ini hanya tersedia untuk iPhone dengan sistem operasi iOS 16. Jadi pengguna perlu memperbaruinya dengan cara klik Settings>General>Software Update.

Itulah fitur baru hapus background foto ala Photoshop yang dihadirkan Apple ke iPhone melalui update iOS 16. (Suara.com/ Dicky Prastya)

Berita Terkait